طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

Multi Khasiat Habbatussauda (Nigella Sativa/Jinten Hitam)

with 13 comments


Multi Khasiat Habbatussauda (Nigella Sativa/Jinten Hitam)

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jintan hitam (Habbatussauda’) dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektivitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7%. Dengan demikian, mengkonsumsi habbatussauda’ dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada tahun 1993, DR. Basil Ali dengan koleganya dari College of Medicine, di Universitas King Faisal mempublikasikannya dalam jurnal Pharmasetik Saud. Kemampuan ekstrak Habbatussauda’ diakui Prof . G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan bioregulator. Dengan demikian, Habbatussauda’ dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti kanker dan AIDS.

Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan

Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda’ juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan kepada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Meningkatkan bioaktivitas hormon

Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon di ataranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan gairah seksual. Salah satu kandungan Habbatussauda adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon.

Menetralkan racun dalam tubuh

Racun dapat menganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan keracunan dapat berupa diare, muntah, pusing, gangguan pernapasan dan menurunkan daya konsentrasi. Habbatussauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

Mengatasi gangguan tidur dan stress

Sapion yang terdapat pada Habbatussauda’ mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.

Anti histamin. Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asthma bronkial. Minyak yang dibuat dari Habbatussauda’ dapat mengisolasi dithimoquinone. Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderta asthma bronkial.

Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993 membuktikan kristal dari negelone memberi efek suppresive. Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkinasi C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin.

Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich. Yang melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70 % yang menderita alergi debu, serbuk, jerawat dan asthma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatussauda’). Dalam prakteknya Dr. Schleincher memberi resep Habbatussauda’ ke pasiennya yang menderita influenza.

Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri

Habbatussauda’ mengandung minyak atsiri dari minyak volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Pada tahun 1992, Jurnal Farmasi Pakistan membuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh membunuh strain bakteri V Cholera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti ampicilin dan tetrasiklin.

Melancarkan air susu ibu

Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonoal yang terdapat dalam minyak Habbatussauda’ dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian dimuat dalam literatur penelitian Universitas Potchetstroom tahun 1989.

Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita

Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrusi untuk meningkatkan isstem kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan anak sangat mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat pada Habbatussauda’merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak.

Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan

Kulit merupakan salah satu organ tubuh terluar yang penting. Fungsinya melindungi tubuh dari benturan fisik, kuman dan jamur. Habbatussauda’ sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan dan keremajaan kulit.

Nutrisi bagi lansia dan food suplement

Kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk orang yang berusia lanjut, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda’ mengandung 15 macam asam animo penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus diperoleh dari makanan.

Prinsip-prinsip anti tumor pada Kongres Kanker Internasional di New Delhi pada musim gugur yang lalu, minyak Habbatussauda’ diperkenalkan ilmuan kanker Immonobiologi Laboratory dari Carolina Selatan. Habbatussauda’ dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Interferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.

SUMBER :  http://cintaherbal.wordpress.com/2009/07/23/multi-khasiat-habbatussauda-nigella-sativajinten-hitam/

About these ads

Written by أبو هـنـاء ألفردان |dr.Abu Hana

August 7, 2009 at 06:15

13 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. yang untuk penyubur pria dan wanita yang mana?

    tri wahyudi

    April 4, 2013 at 18:34

  2. Assalamu alikum, apakah Habbatussauda mengurangi jerawat juga & penyakit Magh ??

    Fadli Asdi

    March 29, 2013 at 21:26

  3. untuk anak2 usia 6 thn lebih atau dewasakapsul habatusauda d minum sebelum apa sesudah makan?

    susan

    November 14, 2012 at 08:24

  4. SERU DIJAMIN MURAH MERIAH !!!!!

    http://surabayadigitalprinting.blogspot.com/

    rennita

    December 29, 2011 at 17:53

  5. Bismillah…

    Untuk penderita hipotiroid, adakah dosis khusus dalam mengkonsumsi habbatussauda ? Apa saja herbal yg bisa menyeimbangkan hormon tersebut ? Dan apakah bisa dibekam juga? Ana sangat berterima kasih sekali jika dokter abu hana bisa menulis artikel pasal hipotiroid beserta pengobatannya secara herbal.

    Sukron katsir.

    @ InsyaAllah bekam akan sangat membantu. konsumsilah habbatus sauda 2×3 kapsul sehari, spirulina dan gamat.

    Ummu Raji

    December 1, 2010 at 16:11

  6. assalamualaikum..
    Bolehkah bumil minum habbatusauda?
    Karena kandungan saya lemah. Perlu diketahui usia kandungan saya masih trimester 1.
    Saya ingin minum habbatusauda krn pnya riwayat wasir dan saya ingin menyembuhkan wasir saya?
    Untuk dosisny shri minum brp?
    Mohon penjelasannya..
    Trimakasih

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokaatuh.
    Untuk keamanan sebaiknya habbatussauda’ dikonsumsi mulai kehamilan trimester II. Dosisnya 3x 1-2 kapsul/hari dan untuk wasir sebaiknya ibu juga melakukan terapi bekam. Thohuurun InsyaAllah..

    diah

    September 25, 2010 at 12:12

  7. bismillah.
    kalo untuk ibu hamil usia di bawah 4 bln, berapa dosis habba yang aman untuk dikonsumsi?
    jazakumulloh khoir untuk jwbnnya

    @ dosis 1-2×1 kapsul/hari

    ibrohim

    August 28, 2010 at 14:38

  8. Apa obatnya panas dalam untuk balita?bolehkah diberikan habatusauda?

    @ cukup madu saja diencerkan dengan air putih. Boleh diberikan habatussauda yang dalam bentuk drops..

    Abunahwa

    August 19, 2010 at 19:05

  9. Assalamualaikum,
    Untuk pengobatan jerawat, efek apa yg timbul ktika mengonsumsi habat’s? krn seminggu sy mengonsumsi jerawat malah tumbuh banyak,apakah ini efek blsnya?…kira2 brp lama ya proses ini? Terimakasih.
    Wassalamualaikum.

    @ Wa’alaikumussalaam warohmatullaahi wabarokaatuh.

    Pengobatan terbaik untuk jerawat yang “bandel” adalah dengan bekam. efek yang muncul akibat konsumsi habbatussauda kemungkinan merupakan reaksi terhadap penyakit yang akan berkurang setelah 3minggu ketas. Namun pada beberapa orang hal tersebut terjadi karena ketidakcocokan.

    saran saya lakukan Bekam dan konsumsi habbatussauda dengan dosis rendah dulu, 2-3×1 kapsul sehari. bisa dibantu dengan sabun dan krim zaitun 1-2x sehari.

    Syafaakallah.

    dyah

    August 11, 2010 at 18:16

  10. Assalamu’alaikum
    Baru-baru ini ana membaca bahwa sebaiknya tidak mengkonsumsi habbatussauda ketika hamil karena bila dikonsumsi dengan dosis tinggi dapat menyebabkan keguguran. Padahal dulu ketika hamil ana mengkonsumsinya secara rutin dan tidak apa2. Lalu bagaimana yang benar?

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokaatuh.
    Bisa disebutkan link artikel masalah tersebut?
    yang kami ketahui untuk kehati-hatian maka Bumil dengan usia kehamilan dibawah 4 bulan, maka sebaiknya konsumsi habbatussauda dikurangi dosisnya. Adapun untuk kehamilan diatas 4 bulan maka lebih aman.

    Wallaahu ‘alam.

    Ummu Hammad

    May 21, 2010 at 05:22

  11. Assalamualaikum dokter

    reaksi apa saja yang muncul setelah menkonsumsi habatsauda, mhn penjelasan dari dokter. trimakasih


    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

    Yang saya ketahui belum ada uji dan kajian klinis di Indonesia mengenai hal tersebut, namun berdasarkan pengalaman pribadi, reaksi “negatif” yang muncul bervariasi diantaranya :
    1. Bersendawa dan flatus (mengeluarkan angin dari dubur)
    2. Mengantuk
    3. Pusing
    4. Mual

    Efek samping tersebut umumnya ringan, dan merupakan reaksi penyakit tubuh sesaat terhadap habbatussauda’. keluhan tersebut juga diderita hanya oleh sebagian kecil pasien. Adapun secara umum, pasien merasakan perbaikan klinis penyakitnya dan semakin bertambahnya vitalitas tubuh.

    Baarokallaahu fiikum.

    sandy gunawan

    May 12, 2010 at 14:29

  12. ass.wr.wb. habatusauda kapsul buat anak 2 tahun boleh ga?khasiat nya apa aj?aturan pakai nya gmana?wass.wr.wb

    @ Boleh saja,

    kalo mo praktis beli aja yang sudah dalam bentuk sirup atau yang sudah dicampur madu.. diminum 2x sehari 1 sendok takar (5ml).

    Cici

    March 12, 2010 at 01:27

  13. Assalamu’alaikum,

    Dok, bagaimana cara mengkonsumsi habatussauda itu?

    Wassalamu’alaikum

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh.

    Secara umum Habbatussauda diminum sebelum makan agar penyerapannya lebih maksimal. Bagi pasien yang sensitif (kurang tahan) dengan bau dan rasa habbatussauda sehingga menyebabkan pusing/mual maka dapat diberikan sesudah makan.

    Jika sediaannya kapsul, dosis awal 2×2 kapsul, bisa dinaikkan menjadi 3×3 kapsul pada kondisi pasien dengan penyakit berat dan kronis.
    Jika dalam bentuk cair (minyak) diminum 2×1 sendok makan, dapat dinaikkan menjadi 3×2 sendok makan jika menderita penyakit kronis.

    Hani

    August 23, 2009 at 08:08


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s