طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

MANI, MADZI, WADI’ : Keluar Cairan Karena Bermesraan, Bercumbu dan Berhubungan Seksual/Jimak | Bolehkah Bersenggama (ML) di Kamar Mandi ?

with 4 comments


Keluar Cairan Karena Bermesraan dan Berhubungan Seksual/Jimak | Bolehkah Bersenggama (ML) di Kamar Mandi ?

Al-Ustadz Abu Muawiah Hammad

 

Sebelumnya, Silahkan membaca dulu penjelasan tentang :

PERBEDAAN dan CARA MEMBERSIHKAN MANI, MADZI, KENCING dan WADI’ (KLIK disini…!!)

Soal :

Assalamualaikum,

akh atau ustz, ana mau tanya seputar mazi, ana sering keluar mazi (cairan bening) ketika ana mencumbu istri atau sedang membaca tentang hubungan intim, apakah ana diwajibkan mandi. Dan apakah pakaian yang terkena mani harus dicuci dan najis untuk dibawah dalam sholat

jazakallahu khoir atas bantuannya

Jawab :

Waalaikumussalam warahmatullah

Akh saja, Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya kaum mukminin itu adalah bersaudara.”

1. Keluarnya madzi tidaklah mewajibkan mandi. Nabi -shallallahu alaihi wasallam- hanya memerintahkan orang yang keluar mazi untuk mencuci kemaluannya lalu berwudhu jika dia mau shalat.

2. Pakaian yang terkena mani tidak harus dicuci dan dia boleh dipakai untuk shalat, karena mani bukanlah najis menurut pendapat yang paling kuat di kalangan ulama.

Ada beberapa pembahasan tentang mani dan madzi dalam situs ini, antum bisa mencarinya melalui fasilitas searh di situs ini.

Soal :

Assalamu’alaikum,

Ustadz, saya nikah udah 5 th. Saya masih bingung, apabila saya bersenggama dan kemudian Saya keluar sperma terlebih dahulu sedangkan istri belum keluar, tanpa sengaja “X” saya lepas waktu “tarik ulur”. Apakah boleh / haram saya memasukkan kembali sebelum berwudhu? karena saya merasa tidak enak sama si istri apabila istri belum keluar sedangkan “x” sudah lepas duluan (tanpa sengaja). krn selama ini saya (atau harus sama istri?) mesti wudhu terlebih dahulu, dan kemudian mengulanginya dari awal. dan itu butuh waktu..

syukron katsir..

Jawab :

Waalaikumussalam warahmatullah

Tidak ada masalah insya Allah, tidak wajib dia berwudhu dahulu walaupun dia sengaja menariknya. Karena hukum berwudhu di antara dua jima’ hanyalah sunnah dan tidak sampai dalam taraf wajib, wallahu a’lam.

Soal :

assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh…

Ustadz, saya mau tanya,

Pertama, terkadang ketika kami mandi bersama, istri saya memainkan kemaluan saya hingga keluar mani. Apakah hal tersebut tidak mengapa, karena mirip dengan onani hanya saja yang melakukannya adalah istri?

Kedua, bolehkah melakukan jima’ di dalam kamar mandi?

Jawab :

Waalaikumussalam warahmatullah

1. Tidak mengapa jika yang melakukannya istri.

2. Sebaiknya tidak dilakukan di kamar mandi. Karena sudah kita ketahui bahwa kamar mandi adalah tempat yang dihadiri oleh setan-setan.

Soal :

Assalamu’alaykum,…

Ustadz, saya mau bertanya

Setelah bermesraan dengan istri, dari kemaluan saya keluar madzi, kemudian saya cuci, berwudhu dan mengganti dengan CD yang masih bersih. Terkadang atau bahkan seringnya ketika saya lihat kembali ternyata dari kemaluan saya keluar kembali madzi sisa dari yang tadi. Apakah harus berwudhu kembali jika akan dipakai untuk sholat?

Dan terkadang saya tertinggal sholat berjamaah karena sibuk mencuci madzi yang tidak kering-kering kecuali setelah menunggu beberapa lama. Apa yang harus saya lakukan, apakah berangkat sholat tetapi khawatir keluar lagi ataukah menunggu sampai benar-benar kering tetapi ketinggalan sholat berjamaah?

Jazakallahu khairan atas jawabannya.

Jawab :

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Yang jelas kapan madzi keluar lagi maka dia wajib mengulangi wudhunya dan mencuci apa yang terkena madzi dari tubuh dan pakaiannya. Hanya saja tidak disyaratkan dalam pembersihan najis harus ditunggu kering. Karenanya kapan dia sudah tuangkan sedikit air pada madzi yang sedikit itu lalu dia mengeruknya hingga yakin zat madzi sudah hilang maka itu sudah cukup dan dia sudah boleh shalat dengan memakainya setelah mengulangi wudhunya, walaupun cuciannya itu belum kering.

Soal :

Assalamu’alaikum…

Pak ustadz saya punya keraguan & kadang aneh.. afwan sebelumnya kalau misalkan saya afwan berciuman atau kadang bermesraan dgn suami saya suka merasa keluar cairan & pas saya chek ternyata memang ada cairan bening & saya anggap itu adalah madzi yg tdk perlu mandi… tapi pernah saya hanyadi telp & di goda suami, saya merasa sedikit trangsang itupun tdk lama & tdk merasakan ada yg keluar apalagi merasa nikmat & kelelahan, tp pas saya mau shalat saya lihat ada yg menempel di cd saya warnanya agak kekuningan agak kasar, kira2 itu cairan apa pak ustadz??

Jazaakallah khairan…

saya tunggu jawabannya..

Jawab :

Waalaikumussalam warahmatullah

Insya Allah itu adalah madzi, adapun warnanya kuning maka mungkin ada faktor lain yang membuatnya berwarna seperti itu. Wallahu a’lam

*  * *

Sumber : http://al-atsariyyah.com/fiqh/perbedaan-mani-madzi-kencing-dan-wadi.html disusun kembali oleh dr.Abu Hana untuk http://kaahil.wordpress.com

About these ads

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ustadz..Bagaimana mengatasi madzi yang berlebihan dan terkadang keluar sewaktu shalat sehingga mengganggu ibadah saya…

    hasmin

    February 14, 2013 at 15:37

  2. Assalamu’alakum..

    Gini pak ustad, saat puasa d siang hari gak d sengaja saya keluar mani,
    Jadi gimana ustad, saya harus mandi tau berwudlu aja…
    Dan apabila disengaja gimana juga…
    Jazaakallah khairan

    boy

    August 6, 2012 at 12:52

  3. ustad, saya sering onani setiap hari minimal 1 x saya onani, kalau tidak sedang onani dari kemaluan saya suka ada cairan yang keluar cairannya kadang kental kadang tidak. cairan apakah itu ? mani, madzi atau wadzi mohon penjelasannya. terima kasih

    sufyan hafid

    September 27, 2011 at 23:59

  4. assalamu’alaikum
    ustadz, kalo keluar terasa nikmat, itu apa?
    harus mandi atau wudhu?
    syukron

    jannah

    July 9, 2011 at 15:19


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s