طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

(AMPUH) BEKAM UNTUK SAKIT PINGGANG SEBELAH KANAN, KIRI/BELAKANG : Penyebab umum nyeri pinggang, gejala sakit pinggang/punggung, pinggang belakang terasa panas, pengobatan alternatif untuk nyeri punggung bawah/atas

with 11 comments


TERAPI “GAMPANG” ATASI NYERI PINGGANG

 

Ibu saya 51 tahun mengalami nyeri tulang dari pinggang sampe kaki kadang sampe sulit berjalan semenjak 6 tahun yang lalu. Kata dokter saraf tulang belakangnya terjepit ada yang bilang osteoporosis. Jika minum obat (kimiawi) nyeri berkurang jika tidak , kambuh lagi. Saat ini baru mencoba minum jinten hitam. Mhn sarannya, terapi apa yang cocok? Syukron.

(Na2, Yogyakarta)

Dijawab oleh dr.Abu Hana El-Firdan :

Nyeri tulang pinggang atau punggung bawah merupakan kasus penyakit yang banyak dijumpai dalam praktek sehari-hari dan sering diderita oleh pria maupun wanita yang berusia diatas 45 tahun. Kelainan tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal seperti pengapuran, pengeroposan (osteoporosis), fraktur (patah atau retak tulang), HNP,  infeksi pada tulang belakang dan lain-lain. Penyebab lain adalah gangguan pada sekitar tulang, diantaranya otot-otot, ligamen pembuluh darah, saraf sekitarnya dan dapat juga merupakan manifestasi dari penyebaran sel-sel tumor ke arah atau ke daerah tersebut.

Osteoporosis terjadi karena proses degeneratif  dimana sel-sel  dan jaringan tubuh mengalami kemunduran akibat dimakan usia. Penyebab lain yang paling sering adalah HNP (Hernia Nucleus Pulposus) atau yang sering disebut oleh orang awam sebagai “saraf kejepit”. Pada kenyataannya tidaklah mudah menegakkan HNP secara tepat, karena sering gejala-gejala yang khas pada sindroma HNP tidak dijumpai.  Sebaliknya, keadaan yang mirip HNP, malah disebabkan oleh hal lain. Oleh sebab itu perlulah suatu anamnesa yang terarah dan lengkap. Pemeriksaan umum dan tambahan, antara lain photo rontgent, myolografi (EMG) dan mungkin juga diperlukan suatu pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Bila saraf yang terjepit antara saraf tulang belakang setinggi lumbal ke tiga dan ke empat, maka rasa sakitnya menjalar hingga ke bagian pangkal paha. Selanjutnya bila saraf terjepit antara lumbal ke empat dan ke lima, maka rasa sakitnya dari pangkal paha menjalar hingga ke bagian atas betis bawah lipatan lutut. Kemudian bila saraf itu terjepit antara lumbal ke lima dan sacrum yang pertama, maka rasa sakitnya menjalar dari pangkal paha hingga ke bagian kaki.

Jika penyebabnya sudah pasti adalah HNP, maka secara medis biasanya dokter akan menyarankan operasi dan memberi obat penghilang rasa sakit. Adapun jika disebabkan karena osteoporosis biasanya akan diberikan suplemen kalsium dan fisioterapi.

Saran kami untuk mengatasi keluhan sakit tersebut  adalah dengan terapi Hijamah (Bekam) yang berdasarkan pengalaman kami sangat cocok dan signifikan untuk mengurangi keluhan sakit pada kasus nyeri pinggang dan kaki. Pada saat hijamah, selain mengeluarkan darah kotor yang mengganggu aktifitas otot sehingga menyebabkan otot kaku juga sekaligus melemaskan (efek relaksasi) sehingga setelah dihijamah pasien akan langsung merasakan khasiatnya. Keluhan sakit akan berkurang dan lebih “enteng” ketika beraktifitas. Lakukan hijamah (bekam) rutin setiap 1-2 minggu sekali selama 2 bulan, InsyaAllah akan banyak perubahan. Saran lain dari kami:

Lakukan kompres hangat/panas pada bagian pinggang atau lakukan fisoterapi dengan giok Nugabest.

  1. Istirahat di tempat tidur dengan posisi tidur terlentang, letakkan kedua tangan  pada perut, tekukan lutut, angkat kedua kaki dan letakkan di atas kursi atau    benda lain hingga memberikan rasa nyaman pada pinggang. Lakukan latihan peregangan untuk daerah pinggang secara hati-hati.
  2. Selama masih sakit tidak boleh tidur di atas kasur empuk.

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat. Thohuurun InsyaAllah.

Sumber: Majalah Asy-Syifa edisi 2.

About these ads

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ass Alkm 5hri sy dirawat di rumah sakit keluhanx pinggang sblh kiri terasa panas n mau patah, otot paha sblh kiri tegang n biji peler terasa kejepit, nah stlh dilkukn pemeriksaan dokter hasil diagnosa bhw infeksi saluran kencing anehnya sy tdk merasakan nyeri pada saat buang air kecil, mohon penjelasan dri bpk ciri-ciri penyakit yg sy alami skrg ini

    Ochy

    August 13, 2012 at 10:40

  2. coba ke bagian fisioterpis mudahan2AN SEMBUH

    SPEKTAKULER

    July 28, 2012 at 14:30

  3. assalamualaikum lebih dari 2thn yg lalu saya pernah terjatuh dr motor dan keluhan dikaki setelah 2minggu sembuh tp kok skarang punggung sebelah kanan saya terasa panas ya, mohon saran bagaimana untuk terapi pengobatanya dan apa mungkin efek dr terjatuh yg sudah lebih dari 2thn baru kerasa sekarang?

    heri rudi

    July 26, 2012 at 20:06

  4. assalamualaikum..
    pinggang kanan saya sudah 2hari ini sakit, sampai buang air kecil pun skit dan jd lbh sering buang air kecil tapi sedikit2…
    apa hrs dicek dulu ke dokter atau lngsung bekam saja? (biasanya sy dibekam 2mnggu skali,tp sdh 1 bln tidak dibekam..)

    ii

    July 23, 2012 at 16:30

  5. assalamualaikum..
    pinggang kanan saya sudah 2hari ini sakit, sampai buang air kecil pun skit dan jd lbh sering buang air kecil tapi sedikit2…
    apa hrs dicek dulu ke dokter atau lngsung bekam saja? (biasanya sy dibekam 2mnggu skali,tp sdh 1 bln tidak dibekam..)

    ii

    July 23, 2012 at 16:29

  6. asalam akh,, kalau pinggul sebelah kanan sya sakit dah terasa panas apa itu cuma sakit pinggang atau sakit ginjal ya.trimakash

    puput

    July 10, 2012 at 10:44

    • kl sakit pinggang krn saraf terjepit cb dgn terapi yumeiho

      dudy mintarya

      July 19, 2012 at 14:50

  7. ya benar sy sdh merasakn sakit pinggang lalu d sarankn utk d bekam n berobat herbal, sekarang udah baikan

    erlin mawarlina

    June 25, 2012 at 12:31

  8. Bismillah. Akh, kalo di pinggang bawah ada benjolan berisi cairan kuning dan sudah berbulan2, itu penyakit apa ya?

    andriyunantoro

    May 30, 2012 at 18:48

  9. Artikel yang mantabs, insya Allah banyak manfaat. Minta izin terapkan dan copas ke blog ku.

    Didit Sofyan

    May 29, 2012 at 20:29


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s