طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

(BAHAYA) EFEK SAMPING SERING ONANI/MASTURBASI : Kemampuan ereksi melemah dan Impotensi, Kebocoran katup air mani, Rambut rontok dan Kebotakan | Cara & Tips pengobatan untuk mengatasi kecanduan/ketergantungan onani/masturbasi

with 345 comments


Apa akibat negatif terlalu sering Onani/Masturbasi?

Oleh : dr.Abu Hana El-Firdan

Onani/masturbasi adalah kegiatan untuk memuaskan syahwat dengan cara mengeluarkan “secara paksa” air mani. Onani/masturbasi bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Secara syar’i Onani/masturbasi termasuk perbuatan yang diharamkan oleh syari’at dan merupakan perbuatan dosa.

Dalam bahasa Indonesia Masturbasi memiliki beberapa istilah yaitu onani atau rancap, yang maksudnya perangsangan organ sendiri dengan cara  menggesek-geseknya melalui tangan atau  benda lain hingga mengeluarkan sperma dan mencapai orgasme. Sedangkan bahasa gaulnya adalah coli atau main sabun yaitu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam memenuhi kebutuhan seksualnya, dengan menggunakan tambahan alat bantu sabun atau benda-benda lain, sehingga dengannya dia bisa mengeluarkan mani(ejakulasi).

Tujuan utama dari masturbasi adalah untuk mencari kepuasan atau melepas keinginan nafsu seksual dengan jalan tidak bersenggama. Dalam islam masturbasi dikenal dengan beberapa nama yaitu, al-istimna’ al-istimna’ billkaff, nikah al-yad, jildu umairah, al-i’timar atau‘adatus sirriyah. Masturbasi yang dilakukan oleh wanita, disebut al-ilthaf.

Masturbasi yang terlalu sering bisa memicu aktivitas berlebih pada saraf parasimpatik. Dampaknya adalah produksi hormon-hormon dan senyawa kimia seks meningkat teramasuk asetilkolin, dopamin dan serotonin. Ketidakseimbangan kimiawi yang terjadi akibat hobi masturbasi yang terlalu sering bisa memicu berbagai macam gangguan kesehatan antara lain sebagai berikut: 

1. Kemampuan ereksi melemah dan Impotensi
Gangguan pada saraf parasimpatik bisa mempengaruhi kemampuan otak dalam merespons rangsang seksual. Akibatnya kemampuan ereksi melemah, bahkan pada tingkat yang parah bisa menyebabkan impotensi yakni gangguan seksual yang menyebabkan penis tidak bisa berdiri sama sekali.

2. Kebocoran katup air mani
Kemampuan saluran air mani untuk membuka dan menutup pada waktu yag tepat juga terganggu. Akibatnya sperma dan air mani tidak hanya keluar saat ereksi, lendir-lendir tersebut bisa juga keluar sewaktu-waktu seperti ingus sekalipun penis sedang dalam kondisi lemas.

3. Rambut rontok dan Kebotakan
Dampak lain dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi jika terlalu sering masturbasi adalah kerontokan rambut. Jika tidak diatasi, lama-kelamaan akan memicu kebotakan atau penipisan rambut pada pria.

Sangatlah jelas bahwa akibat negatif dari melakukan masturbasi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan loyo sehingga aktifitas kerja akan terganggu dan menjadi tidak produktif lagi. Setiap kali tubuhnya mengejang karena orgasme, pria akan kehilangan cukup banyak energi karena hampir semua otot akan mengalami kontraksi. Akibatnya jika terlalu sering, pria akan kehilangan gairah untuk beraktivitas dan cenderung akan merasa ngantuk sepanjang hari.

Selain itu kontraksi otot saat mengalami orgasme bisa memicu nyeri otot, terutama di daerah punggung dan selangkangan. Bagi yang melakukannya dengan tangan kosong tanpa pelumas, rasa nyeri juga bisa menyerang penis karena gesekan yang terjadi bisa menyebabkan lecet-lecet.

Apakah efek samping onani memakai sabun?

Beberapa jenis sabun mengandung zat yang bersifat menimbulkan rangsangan pada lapisan dalam kulit dan bersifat terlalu kuat untuk lapisan dalam kulit, sehingga menimbulkan semacam luka lecet, iritasi dan luka pada organ reproduksi anda.

Apa Solusinya?

Apabila kita menyibukkan diri dengan melakukan aktivitas yang seimbang antara fisik, mental dan spiritual saya yakin dorongan seksual akan teralihkan. Hindari melihat atau membaca buku, majalah, atau website yang berisikan konten haram pornografi. Dengan demikian kita tidak akan selalu terangsang, sehingga dapat menahan diri untuk tidak selalu melakukan onani. Perbanyak shaum sunnah sebagai metode yang dicontohkan oleh Rosulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam untuk mengekang syahwat.

Jika anda masih berat meninggalkan kebiasaan onani/masturbasi maka segeralah menikah sebagai solusi terbaik untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

 

KESIMPULAN

  • Onani/masturbasi secara medis berbahaya bagi kesehatan akibat aktifitas yang berlebihan dari syaraf-syaraf tertentu sehingga menimbulkan ketidakseimbangan hormonal.
  • Beberapa akibat efek samping onani adalah impotensi/lemah syahwat, kebocoran katup air mani dan rambut rontok/kebotakan. Onani juga menyebabkan tubuh lemah, loyo dan nyeri otot punggung dan selangkangan sehingga produktifitas kerja menjadi berkurang.
  • Islam mengajarkan untuk bershaum atau menikah sebagai bentuk solusi agar gejolak syahwat bisa teratasi. 
Sumber: Majalah Konsultasi kita edisi perdana
About these ads

345 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Asalmualaikum dok,, subhanallah trima kasih sbelumnya atas penjelasannya dok,, untuk hal bekam jikalau sdah terlihat efeknya di bkamnya bagian mana dok?

    Arie Kurniawan (@AryaGreen65)

    September 15, 2012 at 09:15

  2. dampak dari masturbasi itu sendiri saya sering keputihan hampir tiap hari,mungkin sudah 8 th saya sering keputihan dok,apakah dampak dari semua itu ??? apakah saya masih bisa hamil kelak . . .???dan kenapa wanita sulit mengeluarkan mani,apa penyebab dok.
    terimakasih

    wassalamu’alaikum

    pevita

    September 14, 2012 at 19:30

  3. assalamu’alaikum dok,
    saya seorang perempuan,saat saya membaca penjelasan dokter saya baru tau kalau masturbasi itu dalam agama islam haram hukumnya.saya sudah lama melakukan masturbasi, hampir seminggu sekali .dosakah selama ini yang saya lakukan ?karena selama ini sya tidak tau.dan saat ini juga saya tidak mau lagi melakukanya

    pevita

    September 14, 2012 at 19:22

  4. Asslamualaikun.ari jikat udh terjadi dampkny pd tmen tmen kita ap yg harus d lakukan utk mengatasi ejakulash dini dan kerontokanny dok? Trus dpt madu hutan d mana pak?

    Ari wibowo

    September 14, 2012 at 00:25

  5. terima kasih atas informasih’y

    aziz

    September 13, 2012 at 21:05

  6. bagaimana kalau ditambahi dasar hukumnya?pasti lebih afdol doc

    sam

    September 13, 2012 at 14:56

  7. terimakasih beritanya.

    Najis Tralala

    September 13, 2012 at 00:20

  8. assalamu’alaikum dok, setelh baca artikel nya saya jadi takut dok, apa yang harus saya lakukan karnankecanduan onani, bagaimana dengan kesehatan saya kedepan nya, apa yang harus saya lakukan dok, agar sperma saya bagus lagi

    candra

    September 10, 2012 at 09:58

  9. Apakah keseringan onani bisa membuat kita ejakulasi dini dok?

    ricky

    September 10, 2012 at 00:47

  10. Sebagian dr tulisan tsb dalam dunia medis tdk benar. Onani/masturbasi itu wajar dan lebih aman karena dpt mencegah IMS (infeksi menular seksual) dan penyakit kelamin lainya. Asal jangan berlebihan sperti memasukan sesuatu kedalam Vagina dll. Tenaga yg dikeluarkan saat onani tidak sebanding dgn berhubungan badan, justru dengan berhubungan badan tenaga makin banyak terkuras. Onani juga tdk menyebabkan kerontokan rambut dan kebotakan.
    So, onani/masturbasi itu normal/wajar dan dibenarkan secara medis.
    Maaf, penulisnya dokterkan?

    Calon bidan

    September 9, 2012 at 12:26

  11. dok, bukannya onani itu dapat mengurangi gejalan timbulnya kanker, juga menjaga ketahanan tubuh dari hal berbagai penyakit ??

    iwan bastia

    September 9, 2012 at 02:04

  12. dok apa kah lau sudah sering onani dan tubuh kita menjadi lemah
    ap itu sampe slama ny tubuh kita mnjadi lemah.!?

    ady

    September 9, 2012 at 01:35

  13. solusi yg tepat apa,
    selain menikah,
    soalx sya masih muda…,??

    Bhazier Sigitaryansha

    September 8, 2012 at 01:11

  14. apakah klo sdh pernah masturbrasi tapi blm melakukan hubungan intim bisa tidak perjaka lagi?

    Riefky Raka Diansyah

    September 7, 2012 at 18:06

  15. Onani tu berasal dr mana..

    Beddu

    September 5, 2012 at 12:11


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s