طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

CARA “WIHDATUL WUJUD / MANUNGGALING KAWULA GUSTI” & AL-HULUL : Biografi & Kumpulan Syair Sufi Ibnu ‘Arabi, Al-Hallaj, Puisi Cinta Jalaludin Rumi, Syekh Siti Jenar, dll

with 132 comments


Kesesatan-Kesesatan Ajaran Tasawuf

Penulis : Al-Ustadz Ruwaifi’ bin Sulaimi, Lc


Di antara sekian banyak kesesatan ajaran Tasawuf adalah:

1.    Wihdatul Wujud, yakni keyakinan bahwa Allah Subhaanahu Wa Ta’ala menyatu dengan segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Demikian juga Al-Hulul, yakni keyakinan bahwa Allah Subhaanahu Wa Ta’ala dapat masuk ke dalam makhluk-Nya.

Al-Hallaj, seorang dedengkot sufi, berkata: “Kemudian Dia (Allah) menampakkan diri kepada makhluk-Nya dalam bentuk orang (yang sedang) makan dan minum.” (Dinukil dari Firaq Al-Mua’shirah, karya Dr. Ghalib bin ‘Ali Iwaji, 2/600)
Ibnu ‘Arabi, tokoh sufi lainnya, berkata:

الْعَبْدُ رَبٌّ وَالرَّبُّ عَبْدٌ يَا لَيْتَ شِعْرِيْ مَنِ الْمُكَلَّفُ

“Seorang hamba adalah Rabb dan Rabb adalah hamba. Duhai kiranya, siapakah yang diberi kewajiban beramal? Jika engkau katakan hamba, maka ia adalah Rabb. Atau engkau katakan Rabb, kalau begitu siapa yang diberi kewajiban?” (Al-Futuhat Al-Makkiyyah dinukil dari Firaq Al-Mu’ashirah, hal. 601)

Muhammad Sayyid At-Tijani meriwayatkan (secara dusta, pen) dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bahwasanya beliau bersabda:

“Aku melihat Rabbku dalam bentuk seorang pemuda.”
(Jawahirul Ma’ani, karya ‘Ali Harazim, 1/197, dinukil dari Firaq Mu’ashirah, hal. 615)

Padahal Allah Subhaanahu Wa Ta’ala  telah berfirman:

“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Allah, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Asy-Syura: 11)

“Berkatalah Musa: ‘Wahai Rabbku nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat-Mu.’ Allah berfirman: ‘Kamu sekali-kali tidak akan sanggup melihatku’…”1 (Al-A’raf: 143)

2.  Seorang yang menyetubuhi istrinya, tidak lain ia menyetubuhi Allah Subhaanahu Wa Ta’ala

Ibnu ‘Arabi berkata: “Sesungguhnya seseorang ketika menyetubuhi istrinya tidak lain (ketika itu) ia menyetubuhi Allah!” (Fushushul Hikam).2 Betapa kufurnya kata-kata ini…, tidakkah orang-orang Sufi sadar akan kesesatan gembongnya ini?

3. Keyakinan kafir bahwa Allah Subhaanahu Wa Ta’ala adalah makhluk dan makhluk adalah Allah Subhaanahu Wa Ta’ala , masing-masing saling menyembah kepada yang lainnya.

Ibnu ‘Arabi berkata: “Maka Allah memujiku dan aku pun memuji-Nya. Dia menyembahku dan aku pun menyembah-Nya.” (Al-Futuhat Al-Makkiyyah).3
Padahal Allah I telah berfirman:

“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56)

“Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Allah Yang Maha Pemurah dalam keadaan sebagai hamba.” (Maryam: 93)

4.  Keyakinan bahwa tidak ada perbedaan di antara agama-agama yang ada.

Ibnu ‘Arabi berkata: “Sebelumnya aku mengingkari kawanku yang berbeda agama denganku. Namun kini hatiku bisa menerima semua keadaan, tempat gembala rusa dan gereja pendeta, tempat berhala dan Ka’bah, lembaran-lembaran Taurat dan Mushaf Al Qur’an.” (Al-Futuhat Al-Makkiyyah).4

Jalaluddin Ar-Rumi, seorang tokoh sufi yang sangat kondang, berkata: “Aku seorang muslim, tapi aku juga seorang Nashrani, Brahmawi, dan Zaradasyti. Bagiku, tempat ibadah adalah sama… masjid, gereja, atau tempat berhala-berhala.”5

Padahal Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Dan barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya. Dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.” (Ali Imran: 85)

5.    Bolehnya menolak hadits yang jelas-jelas shahih

Ibnu ‘Arabi berkata: “Kadangkala suatu hadits shahih yang diriwayatkan oleh para perawinya, tampak hakikat keadaannya oleh seseorang mukasyif (Sufi yang mengetahui ilmu ghaib dan batin). Ia bertanya kepada Nabi r secara langsung: “Apakah engkau mengatakannya?” Maka beliau r mengingkari seraya berkata: “Aku belum pernah mengatakannya dan belum pernah menghukuminya dengan shahih.” Maka diketahui dari sini lemahnya hadits tersebut dan tidak bisa diamalkan sebagaimana keterangan dari Rabbnya walaupun para ulama mengamalkan berdasarkan isnadnya yang shahih.” (Al-Futuhat Al-Makkiyah).6

6. Pembagian ilmu menjadi syariat dan hakikat.

Di mana bila seseorang telah sampai pada tingkatan hakikat berarti ia telah mencapai martabat keyakinan yang tinggi kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’ala.  Oleh karena itu, menurut keyakinan Sufi, gugur baginya segala kewajiban dan larangan dalam agama ini.

Mereka berdalil dengan firman Allah I dalam Al Qur’an Surat Al-Hijr ayat 99:

yang mana mereka terjemahkan dengan: “Dan beribadahlah kepada Rabbmu hingga datang kepadamu keyakinan.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: “Tidak diragukan lagi oleh ahlul ilmi dan iman, bahwa perkataan tersebut termasuk sebesar-besar kekafiran dan yang paling berat. Ia lebih jahat dari perkataan Yahudi dan Nashrani karena Yahudi dan Nashrani beriman dengan sebagian isi Al Kitab dan mengkufuri sebagian lainnya. Sedangkan mereka adalah orang-orang kafir yang sesungguhnya (karena mereka berkeyakinan dengan sampainya kepada martabat hakikat tidak lagi terkait dengan kewajiban dan larangan dalam agama ini, pen).” (Majmu’ Fatawa, 11/401)

Beliau juga berkata: “Adapun pendalilan mereka dengan ayat tersebut, maka justru merupakan bumerang bagi mereka. Al-Hasan Al-Bashri t berkata: ‘Sesungguhnya Allah I tidak menjadikan batas akhir beramal bagi orang-orang beriman selain kematian’, kemudian beliau membaca Al Qur’an Surat Al-Hijr ayat 99, yang artinya: ‘Dan beribadahlah kepada Rabbmu hingga datang kepadamu kematian’.”
Beliau melanjutkan: “Dan bahwasanya ‘Al-Yaqin’ di sini bermakna kematian dan setelahnya, dengan kesepakatan ulama kaum muslimin.” (Majmu Fatawa, 11/418)

IBNU ‘ARABI : Muhiddin Abu Abdullah Muhammad ibn Ali ibn Muhammad ibn Ahmad ibn Abdullah Hatimi at-Ta’i (28 Juli 1165-16 November 1240) atau lebih dikenal sebagai Ibnu Arabi adalah seorang sufi sesat terkenal dalam perkembangan tasawuf di dunia Islam. Ibnu Arabi dilahirkan pada tanggal 28 Juli 1165 di Al-Andalus, Spanyol. Pada usianya yang ke 8, bersama keluarganya, ia pindah ke Sevilla. Pada tahun 1198, ia pergi ke Fez,Maroko. Ibnu Arabi menghasilkan banyak karya, sejumlah 300 buku. Di antara buku-buku itu, yang dikenal adalah Fushush al-Hikam dan Futuhat al-Makkiyyah juga Tarjuman al-Asywaq.futuhat adalah karyasesat yg menyingkap ilmu gaibul gaib uluhiyat & rububiyyat. 

JALALUDIN RUMI : Maulana Jalaluddin Rumi Muhammad bin Hasin al Khattabi al-Bakri (Jalaluddin Rumi) atau sering pula disebut dengan nama Rumi adalah seorang penyair sufi yang lahir di Balkh (sekarang Afganistan) pada tanggal 6 Rabiul Awwal tahun 604 Hijriah, atau tanggal 30 September 1207 Masehi. Ayahnya masih keturunan Abu Bakar, bernama Bahauddin Walad. Sedang ibunya berasal dari keluarga kerajaan Khwarazm. Ayah Rumi seorang cendekia yang saleh, mistikus yang berpandangan ke depan, seorang guru yang terkenal di Balkh. Saat Rumi berusia 3 tahun karena adanya bentrok di kerajaan maka keluarganya meninggalkan Balkh menuju Khorasan. Dari sana Rumi dibawa pindah ke Nishapur, tempat kelahiran penyair dan alhi matematika Omar Khayyam. Di kota ini Rumi bertemu dengan Attar yang meramalkan si bocah pengungsi ini kelak akan masyhur yang akan menyalakan api gairah Ketuhanan.

AL-HALLAJ : Abu Al-Mugis Al-Husain ibnu Mansur al-Baidlawi  atau biasa disebut dengan “Al-Hallaj” adalah salah seorang dedengkot sufi yang dilahirkan di kota Thur yang bercorak Arab di kawasan Baidhah, Iran Tenggara, pada tanggal 26 Maret 866M. Ia merupakan seorang keturuna Persia. Kakeknya adalah seorang penganut Zoroaster dan ayahnya memeluk islam. Al-Hallaj merupakan dedengkot  sufi abad ke-9 dan ke-10 yang paling terkenal. Ia terkenal karena berkata: “Akulah Kebenaran”, ucapan yang membuatnya dieksekusi. 

Syekh Siti Jenar (juga dikenal dalam banyak nama lain, antara lain SitibritLemahbang, dan Lemah Abang) adalah seorang tokoh yang dianggap sebagai sufi di Pulau Jawa. Tidak ada yang mengetahui secara pasti asal-usulnya. Di masyarakat, terdapat banyak variasi cerita mengenai asal-usul Syekh Siti Jenar. Ajarannya yang terkenal, yaitu Manunggaling Kawula Gusti.

7. Keyakinan bahwa ibadah kepada Allah Ta’ala itu bukan karena takut dari adzab Allah Ta’ala (an-naar/ neraka) dan bukan pula mengharap jannah Allah Ta’ala.

Padahal Allah Ta’ala berfirman:

“Dan peliharalah diri kalian dari an-naar (api neraka) yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (‘Ali Imran: 131)

“Dan bersegeralah kalian kepada ampunan dari Rabb kalian dan kepada jannah (surga) yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.” (‘Ali Imran: 133)

8. Dzikirnya orang-orang awam adalah Laa ilaha illallah, sedangkan dzikirnya orang-orang khusus dan paling khusus adalah  / Allah”, / huwa (dibaca: huu)”, dan / aah” saja.

Padahal Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebaik-baik dzikir adalah Laa ilaha illallah.” (HR. At-Tirmidzi, dari shahabat Jabir bin Abdullah z, dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’, no. 1104).7

Syaikhul Islam Rahimahullah berkata: “Barangsiapa beranggapan bahwa Laa ilaha illallah adalah dzikirnya orang awam, sedangkan dzikirnya orang-orang khusus dan paling khusus adalah / Huwa, maka ia seorang yang sesat dan menyesatkan.” (Risalah Al-’Ubudiyah, hal. 117-118, dinukil dari Haqiqatut Tasawuf, hal. 13)

9. Keyakinan bahwa orang-orang Sufi mempunyai ilmu kasyaf (yang dapat menyingkap hal-hal yang tersembunyi) dan ilmu ghaib.

Allah Subhaanahu Wa Ta’ala dustakan mereka dalam firman-Nya:

“Katakanlah tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui hal-hal yang ghaib kecuali Allah.” (An-Naml: 65)

 

10. Keyakinan bahwa Allah Ta’ala menciptakan Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam dari nur/ cahaya-Nya, dan Allah Ta’ala ciptakan segala sesuatu dari cahaya Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam.

Padahal Allah Ta’ala berfirman :

“Katakanlah (Wahai Muhammad), sesungguhnya aku hanyalah seorang manusia seperti kalian, yang diwahyukan kepadaku …” (Al-Kahfi: 110).

“(Ingatlah) ketika Rabbmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku akan ciptakan manusia dari tanah liat.” (Shad: 71)

11. Keyakinan bahwa AllahTa’ala menciptakan dunia ini karena Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam.

Padahal Allah Ta’ala berfirman:

“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56)
Demikianlah beberapa dari sekian banyak ajaran Tasawuf, yang dari ini saja, nampak jelas kesesatannya. Semoga Allah I menjauhkan kita dari kesesatan-kesesatan tersebut.

Keterkaitan Antara Sufi dengan Jamaah Tabligh dan Ikhwanul Muslimin

Keterkaitan antara Sufi dengan kelompok Jamaah Tabligh dan Ikhwanul Muslimin sangatlah erat karena pendiri kedua kelompok ini adalah seorang Sufi. Jamaah Tabligh didirikan oleh Muhammad Ilyas Al-Kandahlawi seorang Sufi dari tarekat Jisytiyyah. Dan seiring bergulirnya waktu, Jamaah Tabligh kemudian berbai’at di atas empat tarekat Sufi: Jisytiyyah, Qadiriyyah, Sahruwardiyyah, dan Naqsyabandiyyah. (Lihat kitab Jama’atut Tabligh Mafahim Yajibu An Tushahhah, karya Asy-Syaikh Hasan Janahi, hal. 2, 12.)
Adapun Ikhwanul Muslimin, pendirinya adalah Hasan Al-Banna, seorang Sufi dari tarekat Hashafiyyah, sebagaimana yang ia katakan sendiri: “…Di Damanhur aku bergaul dengan kawan-kawan dari tarekat Hashafiyyah dan setiap malam aku selalu mengikuti acara hadhrah yang diadakan di Masjid At-Taubah…”
Ia juga berkata: “Terkadang kami berziarah ke daerah Azbah Nawam, karena di sana terdapat makam Asy-Syaikh Sayyid Sanjar, salah seorang dari tokoh tarekat Hashafiyyah.” (Mudzakkiratud Da’wah Wad Da’iyah, hal. 19, 23, dinukil dari kitab Fitnatut Takfir Wal Hakimiyah, karya Muhammad bin Abdullah Al-Husain, hal. 63-64)
Wallahu a’lam bish shawab.


1 Maksudnya di dunia ini, adapun di akhirat maka kaum mukminin akan melihat Allah I, menurut aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah berdasarkan Al Qur’an, As Sunnah dan ijma’ salaf.  (ed)
2,3 Dinukil dari Ash-Shufiyyah Fi Mizanil Kitabi Was Sunnah karya Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, hal. 24-25.
4,5 Dinukil dari Ash-Shufiyyah Fi Mizanil Kitabi Was Sunnah karya Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, hal.24-25.
6 Dinukil dari Ash-Shufiyyah Fi Mizanil Kitabi Was Sunnah karya Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, hal. 23
7 Lihat kitab Fiqhul Ad‘iyati Wal Adzkar, karya Asy-Syaikh Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr, hal. 173.

Sumber : http://asysyariah.com/mewaspadai-sufi.html

About these ads

132 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. jangn asal berkata berani mengatakan sesat…..coba perhatikan diri mu sendiri.mungkin diri sendiri yang sesat?????

    ahmad kurniawan

    November 5, 2013 at 07:47

  2. saya hanya akan memberi gambaran sederhana: bila dalam sebuah kelas sekolah dasar selama bertahun-tahun murid-muridnya diajarkan bahwa angka 2 didapat dari 1+1 maka pemahaman seperti ini tentunya akan mendarah daging bagi siswa dikelas itu dan menjadi doktrin yang tak dapat diganggu gugat, bukan…lantas masuk anak baru yang mengatakan banhwa angka 2 tidak dihasilkan oleh 1+1 saja, tapi bisa dari 4-2, 6-4, 0×2, apakah salah pendapat si “anak baru” itu? jelas salah menurut mereka yang selama bertahun-tahun hanya menerima doktrin bahwa angka 2 di hasilkan dari 1+1, lalu anak baru itu dikatakan gila oleh siswa kelas itu, di cap keluar dari tataran pemahaman siswa kelas itu, dan yang lebih miris lagi anak baru itu dianggap di luar darikelompok mereka dan darahnya halal untuk ditumpahkan, itu yang dialami oleh syech Siti jenar(jawa), Ibnu Arrabi(mesir), Mansyur Al-Hallaj(irak), syech Habulung(kal-sel), Sarifudin Zuhri (sumatra)….jangan beragama kalau tidk paham, tidak tahu, apa lagi hanya ikut-ikutan orang banyak, apa lagi mempercayai agama hanya karna “katanya”…Tuhan memberimu akal untuk digunakan berfikir mana yang benar, dan salah mana yang baik dan buruk, bukannya untuk mengakali sesama….jangan menganggap dirimu paling benar, karna kau beranggapan seperti itu maka kau tak lebih dari syetan, yang tak mau mengakui kehebatan Adam…(orang lain)..jngan mengembek di kandang macam, bila kau tak ingin dimangsa macan….

    HAmba Sahaya

    May 11, 2013 at 10:24

  3. sesungguhnya menyesatkan orang itu tdk d perbolehkan dalam islam, kita belum tentu lbih benar dri yg kita sesatkan , ingat itu

    Ifan Pramudianto

    May 11, 2013 at 03:10

  4. ass…wr wb. jangan merasa diri kita benar, memang siapa yg membenarkannya? Atau orang lain yg salah, memang siapa yg berhak menilai salah..orang yg melihat samudra sudah jelas berbeda dengan yg menyelam ke dasar samudra, yg akan nampak keindahannya dasar samudra. Al Quran jgn cuma untuk mengaji, tetapi DIKAJI,….dipelajari kalimat ini,..:BARANG SIAPA MENGENAL DIRINYA MAKA KENAL AKAN TUHANNYA.
    MATIKAN DIRIMU SEBELUM ENGKAU MATI.
    Atau masalah syahadat, disitu ada kata2 bersaksi…memangnya kapan pernah menyaksikan, koq berani bersaksi, apa cuma kiasan? Berarti dusta! Lebih baik banyak belajar daripada sering berdebat. Kita kan sama2 BODOH…
    Mohom maaf.

    adi supriyo

    May 10, 2013 at 21:02

  5. Hati2 man adzanii waliyyan faqod adzantuhu bilharb….,,

    vitung

    May 7, 2013 at 23:23

  6. Ya,, jika kalian bilang kita tidak pernah mengerti dan tdk akan pernah mengerti. tentu saja itu betul.. karena memang kita mengerti nya Al-Qur’an dan Al-Hadits serta pemahaman para salafushalih..
    Kita tidak mengerti syariat2 & fatwa2 sesat kalian. yg itu JELAS bertentangan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits.
    Kita hanya belajar dari fakta yg ada, dari contoh yg di tampakan oleh Rabul alamin Alloh Azza wajalla.
    bahwa yg batil jelas nampak kebatilannya dan yg haq jelas nampak ke haq an hya.

    Ojan

    May 3, 2013 at 09:37

  7. yang tahu belum pasti mengerti yang mengerti pasti mengetahui maka belajarlah agar mengerti bukan sekedar tahu

    Ruslan Affandi

    April 28, 2013 at 15:28

  8. barangsiapa tidak mengenal Allah di dunia.. Apabila Ia meninggal dunia Rohnya sesat..
    Barangsiapa menyembah nama.. tidak tau yang punya nama maka hukumnya…..

    jamal abdillah

    April 24, 2013 at 00:52

  9. Kenyataan Islam adalah Fitrah, berimanlah dengan penuh yakin dan jangan sesekali menjatuhkan dirimu dalam syirik kepada KU, AKU dekat padamu bagi yang mengerti dan merasainya. Itulah kesempurnaan kejadian Makluk ciptaanku.

    ctisha

    April 23, 2013 at 07:49

  10. baik bagi kamu bagi ALLAH tdk baik buruk bagi kamu disisi ALLAH lebih baik

    manusia bagaikan wayang yang di maikan oleh sang dalang

    fredi

    April 14, 2013 at 22:17

  11. Hanya Allah SWT yang tahu kebenarannya jangan saling menghakimi, tidak sama tidak berarti salah

    jalma waskita

    April 5, 2013 at 17:15

  12. Siapa sebenarnya yang benar? dan siapa sebenarnya yang bodoh? Pusing aku

    panglima kumbang

    March 24, 2013 at 23:01

  13. orang yang mengenal gula, dengan melihat…tidak sama yang mengenal gula dengan merasa..

    semar

    March 5, 2013 at 08:04

  14. syariat, tharekat, hakekat dan ma”rifat dalah ajaran para ulama yg diwariskan kpada yg haqqul yakin yg tau dn mengerti kalau yg tidak paham dan mengerti yaaa dia bisa
    ngomong apa aja tentang itu…karena ketidak ngertian dan kepahamannya….

    Putra Galau

    February 20, 2013 at 01:24


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s