طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

(BAGUS) SYARAT, BIAYA & CARA PEMBUATAN/MENGURUS “SIM INTERNASIONAL POLRI” 2013 : Surat Izin Mengemudi/ SIM internasional sendiri dilakukan di Korps Lalu Lintas Polri di Jl. MT Haryono, Jakarta | International Driving Permit/ SIM Motor & Mobil untuk di Luar Negeri

with 4 comments


Hanya 20 Menit, Bikin SIM Internasional Kini Berlaku 3 Tahun

 
Jakarta – Otolovers yang berniat untuk pergi ke luar negeri dan akan berkendara di sana tentu membutuhkan Surat Izin Mengemudi atau SIM internasional.

Kini mendapatkan surat sakti itu ternyata makin mudah. Pembuatan SIM internasional sendiri dilakukan di Korps Lalu Lintas Polri di Jl. MT Haryono, Jakarta.

Saat detikOto menyempatkan diri membuat SIM internasional prosesnya kini lebih cepat, asyiknya lagi tidak ada calo di sini. Tinggal pencet untuk mendapatkan nomor urut dan tunggu dipanggil. Saat mulai mendaftar pukul 9.45 WIB, sekitar 20 menit kemudian SIM internasional sudah jadi.

Yang beda lagi, kini masa berlakunya lebih lama yakni 3 tahun. SIM yang didapatkan detikOto hari ini berlaku sampai 27 Februari 2016.

Dengan biaya yang sama yakni Rp 250.000 untuk SIM internasional baru dan Rp 225.000 untuk perpanjangan SIM. Itu sudah sesuai dengan aturan PNBP PP No 50 tahun 2010.

Tidak seperti dulu di beberapa bulan lalu, SIM internasional hanya berlaku satu tahun saja.

“Jadi dengan lebih lamanya masa berlaku, lebih hemat lagi, karena kita tidak lagi keluarkan biaya tahunan ya kalau untuk memperpanjang,” ujar Dani (33) tahun di Pancoran, Rabu (27/2/2013).

“Saya juga bingung, biasanya setahun, bagus lah,” ujar Rizal, pemohon SIM lainnya.

Polwan ramah yang melayani para pemohon SIM pun dengan ramah dan sigap agar kita bisa cepat mendapatkan SIM, kadang serasa diburu-buru memang, tapi perlu agar pemohon SIM lain cepat terlayani.

Untuk mendapatkan SIM internasional ini jangan lupa menyertakan dokumen seperti paspor asli dan foto copy (1 lembar), SIM asli dan foto copy (1 lembar), KTP asli dan foto copy (1 lembar), pas foto berwarna background biru 4×6 3 lembar dan materai Rp 6.000. Bonus buku setebal 343 halaman mengenai regulasi berkendara di berbagai negara. Lumayan, gratis! Tidak perlu lagi mengunduh di situs kepolisian.

=============================================================

Ini Dia Cara Memiliki SIM Internasional

Indonesia, DKI Jakarta, Jakarta – Berkendara lintas negara adalah opsi yang cukup digandrungi para traveler saat ini. Tapi sebelum itu, Anda perlu mengantongi SIM Internasional yang berlaku di semua negara. Proses pembuatannya tidaklah sulit.

Secara regional, Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia memang berlaku juga di negara-negara Asia Tenggara. Tapi jika ingin berkendara di luar wilayah itu, Anda wajib mengantongi SIM Internasional atau International Driving Permit.

SIM Internasional diterbitkan dalam bentuk kartu dan buku seukuran paspor. Keduanya harus dibawa bersamaan saat Anda berkendara di luar negeri. SIM ini juga berlaku untuk mengatasi kesulitan sepanjang berkendara. Bahkan, di lebih dari 200 negara, Anda tak bisa menyewa mobil jika tak mengantongi SIM Internasional!

Sama seperti di Indonesia, SIM Internasional juga terbagi jadi 5 golongan. Yang paling banyak digunakan oleh para traveler adalah Golongan A (untuk sepeda motor) dan Golongan B (untuk mobil dengan maksimal 8 penumpang).

Membuat SIM Internasional tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa dokumen persyaratan. Mengutip situs TMC Polda Metro Jaya, Senin (16/4/20102) berikut 5 langkah membuat SIM Internasional:

1. Datang ke kantor Ditlantas Polda Metro Jaya

Ditlantas Polda Metro Jaya beralamat di Jl MT Haryono Kav 37-38, Jakarta. Anda mendaftar kepada petugas di Loket Pendaftaran SIM Internasional.

2. Memperlihatkan tanda pengenal

Di tempat ini, Anda harus menunjukan tanda pengenal Anda berupa KTP/KIT/KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)/SIM nasional. Anda juga harus menunjukkan paspor asli yang masih berlaku, karena SIM Internasional dibuat dengan asumsi Anda akan berkendara di luar negeri.

3. Menyerahkan fotokopi tanda pengenal

Setelah menunjukkan dokumen asli, serahkan fotokopi KTP/KIT/KITAP/SIM nasional, paspor, serta melampirkan pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. Khusus staf kedutaan, Anda harus melampirkan surat rekomendasi dari kedutaan yang bersangkutan.

“Khusus pria, Anda harus mengenakan dasi dan khusus wanita harus menggunakan blazer. Keduanya harus berlatar belakang biru,” kata salah satu petugas Mabes Polri dalam perbincangan telepon dengan detikTravel, Selasa (17/4/2012).

4. Mengisi dan menandatangani formulir registrasi “Permohonan SIM Internasional”

Isilah selengkap-lengkapnya formulir permohonan SIM Internasional dengan data yang benar. Mengisi data palsu bisa menjadi masalah untuk Anda di kemudian hari.

5. Membayar biaya administrasi

SIM Internasional tidak gratis. Anda harus membayar Rp 250.000 untuk pembuatan SIM Internasional baru atau Rp 225.000 untuk SIM Internasional perpanjangan, ditambah lagi Rp 6.000 untuk materai.

Setelah itu, petugas akan memberikan buku SIM Internasional yang masih kosong. Buku tersebut lalu diberikan ke petugas di loket lain untuk diisi sesuai data Anda. Setelah dikonfirmasi pengejaan dan kebenaran data, SIM Internasional pun dicetak dan dilegalisasi.

SIM Internasional berlaku untuk 1 tahun. Jika tidak mengantre, proses pembuatan SIM Internasional bisa selesai dalam satu hari. Maksimal, pembuatan SIM ini memakan waktu dua hari kerja.

Nah, tidak sulit kan membuat SIM Internasional? Dengan mengantongi SIM ini, Anda bisa mengikuti jejak para traveler yang sebelumnya berkeliling dunia mengendarai motor atau mobil. Pastinya seru dan menantang!

===============================================

Persyaratan SIM Internasional

 

1. KTP asli & Foto copy

2. Paspor asli & Foto copy

3. SIM yg masih berlaku

4. KITAP asli & Foto copy (untuk Warga Negara Asing)

5. Materai Rp. 6.000

6. Pas Foto 4×6 3 lembar terbaru (untuk Pria berdasi & Wanita menggunakan Blezer. Latar belakang foto biru)

 

Berdasarkan PP 50 Tahun 2010 tentang PNBP yang berlaku di Kepolisian Negara Republik Indonesia

SIM Internasional Baru: Rp. 250.000

SIM Internasional Perpanjangan: Rp. 225.000

 

Lokasi pembuatan:

Korlantas Polri

Jl. Letjen Haryono MT Kav 37-38

Jakarta 12770

Telp: 021-7989702

 

Sumber :

http://www.facebook.com/note.php?note_id=458566826646

http://travel.detik.com/read/2012/04/17/073028/1893994/1048/ini-dia-cara-memiliki-sim-internasional

http://oto.detik.com/read/2013/02/27/123752/2180998/1207/hanya-20-menit-bikin-sim-internasional-kini-berlaku-3-tahun?od772205mr

About these ads

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Apakah dibutuhkan dua sim internasional yang berbeda untuk mengendarai mobil dan motor ? ataukah hanya cukup satu saja ya? Terima kasih infonya pak.

    askari

    November 6, 2013 at 08:28

  2. @ Yusup: SIM Internasional cm berlaku di luar negeri saja. SIM Nasional berlaku utk di Indonesia dan negara ASEAN, kalau sdh tidak berlaku ya harus diperpanjang lagi. Untuk perpanjang SIM internasional, SIM nasional harus msh berlaku :)

    banyak

    June 18, 2013 at 12:48

  3. Link Facebook SIM Internasional Korlantas Polri.

    http://www.facebook.com/sim.internasional.7?hc_location=timeline

    Sim Internasional

    June 5, 2013 at 09:23

  4. tanya donk.. klo saya buat sim internasionl.. sim yg indonesia gmn ? apa tetep mesti perpanjang jg, atau sim internasional nya bs di pakai di indonesia jg ?

    trima kasih

    Yusup A

    May 8, 2013 at 09:28


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s