طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

(BAGUS) RESEP MEMBUAT KETUPAT LEBARAN YANG ENAK, KENYAL & TIDAK UDAH BASI | Cara Membuat/Menganyam Ketupat Lebaran Mudah

leave a comment »


Resep Cara Membuat Menganyam Ketupat Lebaran Mudah dan Tips Kipat

Resep Cara Membuat Menganyam Ketupat Lebaran Mudah dan Tips Kipat – Setelah beberapa waktu lalu membahas tentang sayur dan lauk pendamping masakanketupat lebaran, sekarang saatnya membahas resep membuat ketupat itu sendiri.
Disini saya tulis dengan judulResep Cara Membuat Menganyam Ketupat Lebaran Mudah dan Tips Kipat. Seperti judulnya berarti saya akan memberitahukan resep ketupat lebarancara membuat ketupat lebaran dan bagaimana cara menganyam janur menjadi ketupat yang bisa diisi beras dan dimasak menjadi ketupat untuk lebaran nanti. Selain itu saya juga akan menulis tentang tips dan trik dalam membuat ketupat sehingga bisa menghasilkan ketupat yang kenyal, bagus, tidak berantakan dan tidak gagal.
Di daerah lain, seperti di bali, ketupat disebut dengan nama lain yaitu Kipat. Tapi, kalau kipat itu biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap sajen atau persembahan dalam upacara keagamaan disana. Apapun itu, ketupat adalah salah satu makanan yang enak dan selalu ada saat hari raya lebaran tiba.

Cara Mengayam dan Membuat Ketupat Lebaran

Bahan yang digunakan adalah janur. Janur berasal dari daun kelapa yang masih muda.

 

Cara menganyam janur ketupat :

1. Gulung janur sampai tiga kali gulungan di tangan sobat onliners dengan posisi bagian pangkal janur menghadap ke atas.
2. Ambil janur satu lagi, lalu gulungkan juga pada tangan sobat onliners sebanyak tiga kali. Tapi kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
3. Buatlah kedua gulungan janur menjadi saling bersilangan. Tapi janur harus tetap dalam keadaan posisi tergulung.
4. Ambil salah satu ujung janur lalu putar ke belakang susunan janur tadi.
5. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, menuju ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tadi dilakukan seperti mengayam.
6. Teruskan ayaman janur tadi sampai bawah. Dan lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
7. Pangkal janur yang telah berada di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal seperti ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.
Kita hari ni nak buat KETUPAT PASAR yea kawan-kawan. Barang yang diperlukan adalah seikat daun kelapa yang beli di pasar dengan harga RM 3 ringgit seikat. Beli 2 ikat dapat RM 5. Walaupon tak guna seikat, tapi disebabkan dijual dengan seikat, maka kena tunjukkan seikat daun kepala. Amek ko, pening ayat
Mungkin anda sangat town-ish, so tak kenal daun kelapa camne. HAHA. Town-ish adalah kebandaran. Sukehati aku
Benda lain yang diperlukan adalah sepasang tangan. Sukehati nak guna tangan sape, janji cukup sepasang. Lihat jejari runcingku. LOL! Okeh amek sehelai daun kelapa, dan potong kepada dua bahagian. Yang lidi tu boleh kumpul buat penyapu
#Tips : Pilih daun kelapa yang panjang untuk memudahkan sesi anyaman
Lilitkan sebanyak 3 kali ke tangan anda. Dan posisi lilitan tu adalah bertentangan antara tangan tu. Tangan kiri, pangkal daun belah atas, manakala tangan kanan pangkal daun belah bawah.
Lilitan 1 tangan kanan di selitkan ke lilitan di tangan kiri dengan cara anyaman macam tikar. Selang selang gitew kan. Teruskan untuk lilitan ke 2 dan 3, dan ingat mesti anyam macam tikar. Tak pernah anyam tikar, ko feeling macam anyam tikar lah. Bukan susah benor pon, pang kang. Tetiba cikgu emosi, pewiod ke??? Muahaha
Bila dah masukkan semua lilitan tu, maka jadilah macam gambar di atas. Tetiba cantik kan?? So ko mesti paham kenapa tajuk entry ni adalah versi tak ikhlas mengajar. HAHA. Nak tau anyaman jadi ke tak, korang punya pangkal daun tu masing2 kat bucu bertentangan. Dan bahagian hujung daun terletak kat bawah.
Mari kita namakan pangkal daun tu sebagai pangal A dan B. Yang A tu anyam juga seperti tikar, sampai ke bawah. Tengok jalur sebelah tu, make sure dia berselang-seli. Lakukan perkara yang sama untuk pangkal B
Bila sudah selesai, maka terhasilah seperti gambar di atas. Kesemua pangkal dan hujung bersatu di bahagian bawah. Kemudian lakukan perkara yang sama untuk bahagian hujung daun (Hujung daun yang semakin menirus tu). Anyamkan hujung daun ke arah bertentangan. Sumpah, korang paham memang amazing
Erm, ketat-ketatkan lah mana yang patut. Dan akhirnya jadi seperti di atas. Tetiba jadi terus kan! Susah siot nak terangkan pakai gambar.

 

Resep Membuat Ketupat Lebaran :

Bahan ketupat lebaran :
Janur yang sudah dianyam
2 kg Beras, atau secukupnya
Air kapur sirih, sedikit saja (opsional bila suka)
Air secukupnya

Cara Membuat Ketupat lebaran :

1. Siapakan kulit ketupat. Cuci bersih kulit ketupat atau janur lalu tiriskan.
2. Cuci bersih beras, rendam dalam air dingin dan tambahkan air kapur sirih selama kurang lebih 3 jam. Tiriskan.
3. Isi kulit ketupat atau janur dengan beras hingga 2/3 bagian kulit ketupat terisi beras.
4. Rebus air dalam panci besar, tunggu hingga mendidih.
5. Susun ketupat di dalam panci dandang yang tinggi dan besar.
6. Tuang air panas kemudian masak selama kurang lebih 4-5 jam hingga ketupat padat. Kalau air berkurang tambahkan air panas lagi secukupnya.
7. Angkat ketupat dan tiriskan. Kemudian gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin.

Tips Membuat Ketupat Kenyal dan Tidak Cepat Basi :

1. Beras yang digunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen. Seperti beras rojolele, pandan wangi, mentik spesial, atau sesuai selera anda.
2. Usahakan kulit ketupat mempunyai ukuran yang sama agar matangnya secara bersamaan.
3. Janur atau kulit ketupat. Pilihlah daun kelapa yang berwarna kuning muda kehijauan atau yang tampak segar agar hasil jadi ketupat lebih bersih dan putih.
4.Agar ketupat menjadi Gurih dan Kenyal. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam janur kulit ketupat. Fungsi dari air kapur sirih juga bisa membuat ketupat lebih awet dan tidak cepat basi. Supaya rasanya lebih gurih, sobat onliners bisa menambahkan sedikit garam pada beras (opsional kalau suka).
5. Bila saat merebus, air rebusan ketupat mulai berkurang, tambahkan lagi air panas. Tujuannya agar ketupat tetap bersih dan tidak terlihat kotor saat sudah jadi.
6. Agar ketupat menjadi lebih awet dan tidak basi, bila sobat onliners masak ketupat terlalu banyak, kalian bisa memasukkan sisa ketupat ke dalam lemari es. Sesaat sebelum dihidangkan lagi, keluarkan dan biarkan ketupat beberapa lama sampai dinginnya berkurang. Kemudian, rebus di dalam air mendidih sekitar kurang lebih 30 menit lalu tiriskan. Rasanya, tentu saja masih tetap kenyal dan legit.

CARA MEMBUAT LONTONG DAN KETUPAT

RESEP LONTONG DAN KETUPAT

Bahan :

  • beras, cuci bersih dan tiriskan
  • air secukupnya
  • daun pisang untuk membungkus lontong
  • bungkus/ kulit ketupat untuk membuat ketupat
  • plastik kemasan standar ½ kg
1. CARA MEMBUAT LONTONG BUNGKUS DAUN PISANG :
  1. Potong-potong daun pisang menjadi lembaran-lembaran untuk membungkus lalu celupkan 2 detik dalam air mendidih agar layu dan tidak mudah pecah saat disemat, lalu keringkan.
  2. Buat selongsong atau gulung-gulung lembaran daun pisang, sisi dalam berwarna hijau tua dengan garis tengah 3-4 cm. Kemudian salah satu ujungnya disemat dengan lidi.
  3. Masukkan beras ke dalam selongsong tersebut, namun cukup sampai setengahnya saja. Kemudian semat kembali sisi yang lain. Masukkan ke dalam panci, isi air sampai selongsong terendam.
  4. Rebus hingga matang dan lontong terasa padat. Gulungan lontong harus tergenang air, tambahkan air panas jika tidak terendam. Setelah diangkat, sirami lontong dengan air matang dingin supaya kulit tetap bersih, tiriskan dan dinginkan dengan posisi miring/ berdiri supaya airnya benar-benar tiris.

2. CARA MEMBUAT KETUPAT :

  1. Beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan dan dapat dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus ketupat tidak lebih dari 2/3 bagian isi.
  2. Didihkan air, masukkan ketupat lalu rebus hingga matang selama 4-5 jam dan pastikan ketupat selalu terendam. Tambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.
  3. Angkat, siram dengan air matang dingin supaya kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.
Tips : Cara lain, beras dapat dimasak setengah matang atau diaron lalu masukkan ke dalam bungkusan ketupat atau bungkusan lontong lalu rebus.

3. CARA MEMBUAT LONTONG BUNGKUS PLASTIK 

  1. Beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan dan dapat dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus 1/3 isi plastik lalu ikat atau staples ujung atasnya. Lubangi masing-masing dengan tusuk gigi sekitar 10 lubang secara merata.
  2. Panaskan air, masukkan ketupat lalu rebus dengan api sedang hingga matang selama 2 jam dan pastikan selalu terendam. Tambahkan air panas jika lontong tidak terendam air rebusan.
  3. Angkat dan dinginkan lontong dengan cara dibiarkan terkena angin dalam wadah terbuka.
Itulah tadi cara membuat ketupat lebaranresep ketupat lebaran, serta cara menganyam dan membuat ketupat lebaran. Ketupat lebaran sangat cocok disajikan dengan resep opor ayam, ataupun dengan resep sambal goreng kentang dan ati ampela, serta sayur labu siam. Tetap di tempat online ku untuk mengetahui informasi resep masakan yang lainnya.
Sumber:
About these ads

Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s