طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

APAKAH ANDA PERNAH DIBEKAM ?

with 14 comments


Oleh : dr.Abu Hana

Judul diatas adalah sebuah pertanyaan sederhana yang mesti kita jawab dan renungkan, Berbahagialah apabila Anda menjawab, “pernah”.
Sayangnya, sebagian besar kita belum pernah mendengar istilah hijamah/bekam apalagi yang pernah dibekam. Kenyataan ini sungguh memprihatinkan sebab hijamah sudah dikenal ribuan tahun yang lalu, bahkan sejak zaman Nabi Musa ‘Alaihissalam, dan dikukuhkan syariatnya pada zaman Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam yang pada akhirnya berkembang ke seluruh dunia hingga saat ini.

Titik-titik darah berwarna merah kehitaman mulai muncul di leher tepat di belakang cuping aktor Hengky Tornando. Perlahan-lahan cairan yang terlihat agak berbuih itu semakin banyak keluar, hingga hampir memenuhi mangkuk bekam. Meski berdarah-darah begitu, ekspresi Hengky yang tiduran tertelungkup terlihat rileks saja.
Tak sampai 10 menit kemudian mangkuk-mangkuk dilepas. Darah yang tertinggal di kulit diseka menggunakan kapas. “Rasanya, tubuh jadi ringan. Pusing dan pegal tidak pernah kumat,” kata Hengky yang mulai mengenal bekam sejak dua tahun lalu. Pembawa acara televisi Ferdi Hasan yang pernah sekali merasakan terapi ini memberi kesaksian serupa. “Khasiatnya instan, badan langsung terasa enteng.”
Hengky Tornando maupun Ferdi Hasan telah meyakini manfaat bekam, sebuah terapi untuk mengeluarkan “darah kotor” dari tubuh guna mengusir berbagai keluhan penyakit atau sekadar menjaga stamina dan kesehatan tubuh.

Teknologi medis telah banyak mengalami kemajuan dan modernisasi dalam metode eksperimen dan pengobatan. Namun perkembangan jenis penyakit juga tidak kalah cepat beregenerasi bahkan berevolusi. Dalam dekade terakhir telah muncul banyak penyakit yang menjadi momok dalam dunia kesehatan ; HIV/AIDS, SARS, Avian Influenza dan banyak penyakit mematikan lainnya seakan beradu cepat menyerang dan membinasakan populasi dunia.

Bukan rahasia lagi, pengobatan dengan bahan kimia sintetis mungkin dapat mengobati suatu penyakit, tetapi dapat juga menimbulkan penyakit bawaan yang lain sebagai bentuk efek samping buruk dari sifat bahan kimia. Satu penyakit dapat disembuhkan tetapi dapat muncul penyakit lain. Jadilah lingkaran setan yang tidak ada habisnya dalam dunia pengobatan modern. Ternyata mahalnya obat kimia sintetis bukan jaminan kesembuhan..

Al-Qur`an dan As-Sunnah yang shahih sarat dengan beragam penyembuhan dan obat yang bermanfaat dengan izin Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Sehingga mestinya kita tidak terlebih dahulu berpaling dan meninggalkannya untuk beralih kepada pengobatan kimiawi yang ada di masa sekarang.

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah Rahimahullah berkata: “Berpalingnya manusia dari cara pengobatan nubuwwah seperti halnya berpalingnya mereka dari pengobatan dengan Al-Qur`an, yang merupakan obat bermanfaat.” Dengan demikian, tidak sepantasnya seorang muslim menjadikan pengobatan nabawiyyah sekedar sebagai pengobatan alternatif. Justru sepantasnya dia menjadikannya sebagai cara pengobatan yang utama, karena kepastiannya datang dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala lewat lisan Rasul-Nya Shallallaahu ‘alaihi wasallam.

Ibnul Qayyim juga berkata: “Pengobatan ala-Nabi tidak seperti layaknya pengobatan ahli medis (barat-red). Pengobatan ala-Nabi dapat diyakini dan bersifat pasti (qath’i), bernuansi ilahy, berasal dari wahyu dan misykat nubuwah serta kesempurnaan akal.

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: ” Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam)” (Muttafaq ‘alaihi, Shahih Bukhari (no. 2280) dan Shahih Muslim (no. 2214)

Dari Ashim bin Umar bin Qatadah Radhiallaahu ‘anhu, dia memberitahukan bahwa Jabir bin Abdullah Radhiallaahu ‘anhu pernah menjenguk al-Muqni’ Radhiallaahu ‘anhu, dia bercerita: “Aku tidak sembuh sehingga aku berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Sesungguhnya didalamnya terkandung kesembuhan’.” (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Ya’la, al-Hakim, al-Baihaqi).

Masihkan anda ragu dan berpaling dari kedahsyatan Hijamah/bekam?

(dirangkum dari berbagai sumber) untuk https://kaahil.wordpress.com

Written by أبو هـنـاء ألفردان |dr.Abu Hana

September 21, 2008 at 15:06

14 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. kalo cuma ingin menjaga kesehatan, bolehkah berbekam ?? kalo boleh, anjuran frekuensinya berapa kali sebulan ?

    andhy

    September 14, 2012 at 11:28

  2. Mantap ingin ingin bergabung bersama ASOSIASI BEKAM INDONESIA silahkan
    add. Dpd abijabar.com. di facebook.

    ABI

    September 3, 2012 at 08:35

  3. saya sudah pernah dibekam.. hampir 10 tahun yang lalu saya mengalami sakit ditulang belikat. semua dokter yang saya kunjungi kalo saya mengalami syaraf kejepit. setelah mengikuti anjuran teraphy, minum obat tetep aja nyeri di punggung tak kunjung hilang. setelah mengenal istilah bekam, alhamdulillah saya sudah menemukan jawaban bahwa nyeri dipunggung ini ternyata dari angin yang sudah banyak masuk hingga kebelikat. dan itu yang menyebabkan punggung saya selalu nyeri dan pegel2…alhamdulillah 2 kali bekam sudah mulai banyak perubahan. subhanallah ternyata islam begitu sempurna :)

    fitrahrewinda

    April 26, 2012 at 15:24

  4. Mau bekam di daerah Jatiwaringin Pondok Gede… Call Izzati Bekam center….Jln. Haji Muhammad No.46 ( masuk dari jln. Haji Me’an) Kampung Kemang RT 10/07.

    Aminulloh

    December 24, 2011 at 10:39

    • Izzati Bekam Center kini sudah berganti nama menjadi RBBA, RUMAH BEKAM BANG AMIN JATIWARINGIN PONDOK GEDE…. POSKO BEKAMNYA ORANG-ORANG YANG MERASA SEHAT TAPI KEPINGIN TETAP SEHAT…. CALL AJA 02193857582..

      Amin

      June 1, 2012 at 19:06

  5. Saya mau info bekam yg paten di balikpapan.
    Silahkan infokan ke no saya di 085246217593

    Darmen

    February 9, 2011 at 09:06

    • Bekam di balikpapan ada di Rumah Sehar Dompet Duafa, tepatnya seberang dealer Ford Jl. Ruhui Rahayu

      Fauzi

      November 16, 2011 at 07:09

  6. assalamu’alaikum..sy sudah pernah coba bekam di jkrta..hasilnya bdn, kepala &punggung yg sblmnya terasa berat ssdh d bekam trasa ringan..tidurpun jd nyenyak..tpi sy mau tanya nich..dmn ya lokasi praktek bekam di medan?..krn saudara sy stlh sy critakan manfaat bekam mereka jd pengen coba..mohon informasinya..tolong di email aja..trimaksh..

    lolita

    January 4, 2011 at 19:20

  7. Maaf numpang tanya.di balik telapak tangan saya ada benjolan sebesar kelereng,sdh saya priksa ke dokter katanya miom dan hrs dioperasi. Tetapi saya takut.Apakah bisa di bekam? Kira2 biayanya brp? dan tempatnya dimana? Trima kasih atas infonya.

    @ sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan diagnosis penyakitnya. Jika benjolan tersebut adalah kista atheroma atau lipoma (dan ini yang paling banyak terjadi) maka yang terbaik adalah dengan operasi minor. Bisa dilakukan di klinik atau RS. Bekam tidak bisa menangani masalah tersebut. Wallaahu ‘alam..

    riswandi

    September 5, 2010 at 14:25

  8. Alhamdulillah pernah, bahkan saya n suami membeli alatnya sendiri. Jadi kalo pas ada keluhan, langsung bekam sendiri dengan suami. Dengan berbekal buku panduan dan titik-titik bekam.

    @ InsyaAllah Hijamah sangat berfaedah dan hasilnya akan terasa secara instan..

    Desiyani

    April 21, 2009 at 05:24

  9. assalamu’alaikum…
    boleh tau ngak biaya untuk berbekam?jadwal praktek?lokasi praktek?
    kalo bisa, tolong di email aja…makasih.

    effendy amin

    December 12, 2008 at 14:36

    • Untuk lokasi praktek bekam daerah Pondok Gede, dapat menghubungi RBBA ( RUMAH BEKAM BANG AMIN) KAMPUNG KEMANG JATIWARINGIN, CALL 02193857582…

      Amin

      June 1, 2012 at 19:00


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s