طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

Belajar Mudah Memahami Tauhid

with 2 comments


Dalil-Dalil Tauhid Soal dan Jawab Masalah Aqidah

Pertanyaan Pertama
Apa tiga landasan/asas yang wajib diketahui oleh manusia?

Jawab:
Mengenal Robbb-nya
Mengenal Agamanya, dan
Mengenal Nabinya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Pertanyaan Kedua
Siapa Robbb kamu?

Jawab:
Robb-ku adalah Allah yang memeliharaku dan memelihara seluruh alam ini dengan segala nikmat-Nya. Dan Dia adalah sesembahanku tidak ada bagiku untuk beribadah selain kepada-Nya.
Dalilnya dari firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam Surah Al-Fatihah ayat 2:

“Segala puji bagi Allah, Robbb semesta alam”.

Pertanyaan Ketiga
Apa arti Robb?

Jawab:
Robb artinya Yang Memiliki, Yang Diibadahi, Yang Mengatur dan Yang Berhak Diibadahi.

Pertanyaan Keempat
Dengan apa kamu mengenal Allah?

Jawab:
Aku mengenal Robb dengan ayat-ayat dan makhluk-makhluk-Nya. Dan diantara yang lainnya adalah dengan adanya malam, siang, matahari dan bulan, dan diantara makhluk-makhluk Allah yang ada didalam 7 tingkat langit, dan yang berada didalam 7 tingkat bumi, dan seluruh yang ada diantara keduanya.
Dalilnya dari firman Allah Ta’ala dalam Surah Fush-shilat ayat 37:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah”.

Kemudian firman Allah ‘Azza wa Jalla wa Jalla dalam Surah Al-A’raf ayat 54:

“Sesungguhnya Robbb kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia ber-istiwa di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Robbb semesta alam”.

Pertanyaan Kelima
Apa agamamu?

Jawab:
Agamaku adalah Islam, dan Islam adalah berserah diri, tunduk kepada Allah semata.
Dalilnya firman Allah Ta’ala dalam Surah Ali ‘Imran ayat 19:

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya”.

Dalil lain dalam al-Quran firman Allah ‘Azza wa Jalla surah Ali ‘Imran ayat 85:

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.

Dan dalam surah al-Ma’idah ayat 3:

“… Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Pertanyaan Keenam
Atas suatu apa agama ini dibangun?

Jawab:
Agama ini dibangun atas 5 rukun: yang pertama kita bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah dan kita bersaksi bahwa Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba dan utusan Allah Ta’ala, menegakkan shalat, membayar zakat, berpuasa di Bulan Ramadhan, dan engkau berhaji ke Baitullah Haram jika mampu.

Pertanyaan Ketujuh
Apa itu Iman?

Jawab:
Engkau beriman kepada Allah ‘Azza wa Jalla, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, dan Hari Akhir, dan beriman kepada Taqdir baik dan buruk-Nya.
Dalil dari al-Quran Surah al-Baqarah ayat 285:

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Robbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Robb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”.

Pertanyaan Kedelapan
Apakah itu Ihsan?

Jawab:
Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, jika engkau tidak melihat Allah, sesungguhnya Allah melihatmu.
Dalil dari al-Quran Surah an-Nahl ayat 128:

“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan”.

Pertanyaan Kesembilan
Siapakah Nabimu?

Jawab:
Nabiku Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bin Abdullah bin ‘Abdul Muthalib bin Hasyim, dan Hasyim dari Quraisy, dan Quraisy dari Bani Kinanah, dan Kinanah dari Bangsa ‘ARobb, dan bangsa ‘ARobb dari keturunan Nabi Isma’il bin Ibrahim, Isma’il dari keturunan Ibrahim, dan Ibrahim dari keturunan Nuh, bagi mereka shalawat dan salam…

Pertanyaan kesepuluh
Dengan Dasar Apa Beliau Diangkat sebagai Nabi dan Rasul?

Jawab:
Beliau diangkat menjadi Nabi dengan Surah Iqra’ (ayat 1-red):

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan”.

Dan diangkat menjadi Rasul dengan Surah al-Mudatstsir (ayat 1-red):

“Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan!”

Pertanyaan Kesebelas
Apa mukjizat beliau (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam)?

Jawab:
Adalah al-Qur’an yang merupakan mukjizat yang terbesar dan tidak akan ada yang mampu untuk mendatangkan satu surat saja yang semisalnya, dan mereka tidak akan mampu membuat seperti al-Quran itu. Padahal mereka (orang Quraisy/kafir ARobb) itu adalah bangsa yang fasih dengan bahasa mereka. Perlawanan mereka sangatlah keras terhadap orang ayng mengikuti al-Quran tersebut.
Allah Ta’ala berfirman dalam Surat al-Baqarah ayat 23:

“Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang al-Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal al-Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar”.

Dalam ayat lain Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, Surah al-Isra’ ayat 88:

“Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain.”

Pertanyaan Keduabelas
Apa dalil bahwasanya beliau (Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam) utusan Allah?

Jawab:
Firman Allah Ta’ala dalam Surat Ali Imran ayat 144:

“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur”.

Dan firman Allah Ta’ala dalam Surat Al-Fath ayat 29:

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud”

Pertanyaan Ketigabelas
Apa dalil kenabian Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Jawab:
Dalil atas kenabian beliau adalah firman Allah Ta’ala dalam Surat al-Ahzab ayat 40:

“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu[1223]., tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.

Ayat ini menunjukkan bahwasanya beliau adalah nabi dan penutup dari para nabi.

Pertanyaan Keempatbelas
Apakah misi diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam oleh Allah Ta’ala?

Jawab:
Beribadah kepada Allah saja dan tidak menyekutukan-Nya, dan tidak menjadikan beserta Allah subahanahu wa ta’ala “ilah-ilah” yang lain. Melarang manusia beribadah kepada makhluk-makhluk Allah: malaikat-malaikat-Nya, nabi-nabi-Nya, orang-orang shaleh, batu-batuan dan pohon-pohon karena semuanya adalah makhluk-Nya.
Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala dalam Surat al-Anbiya’ ayat 25:

“Dan Kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: “Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku”

Dan firman Allah Ta’ala dalam Surat an-Nahl ayat 36:

“Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut…”

Dan dalil yang lain, firman Allah ‘Azza wa Jalla dalam Surat az-Zukhruf ayat 45:

“Dan tanyakanlah kepada rasul-rasul Kami yang telah Kami utus sebelum kamu: “Adakah Kami menentukan tuhan-tuhan untuk disembah selain Allah Yang Maha Pemurah?”

Dalam ayat lain Allah berfirman, Surat adz-Dzariyat ayat 56:

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”.
Maka ketahuilah, dengan demikian sesungguhnya Allah tidaklah menciptakan makhluk-Nya kecuali untuk beribadah kepada-Nya saja, dan mengutus para rasul kepada hamba-Nya untuk mengajak kepada seruan itu (beribadah kepada-Nya saja).

Pertanyaan Kelimabelas
Apakah perbedaan Tauhid Rububiyyah dengan Tauhid Uluhiyyah?

Jawab:
Tauhid rububiyyah adalah perbuatan Robb, yang mencakup penciptaan, Pemberian Rezeki, Menghidupkan dan Mematikan, menurunkan hujan, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, dan mengatur segala urusan .
Tauhid uluhiyyah adalah perbuatan hamba, yang mencakup berdoa, takut, harap, tawakkal, taubat, cinta, cemas, bernadzar, istighatsah dan selainnya yang mencakup masalah-masalah/jenis ibadah.

Sumber : Kutaib Dalaailu at-Tauhidi Mas-uulan wa Jawaaban fi al-‘Aqiidati
Darul Qasim
Karya Syaikh Muhammad bin Sulaiman at-Tamimiy rahimahullah


http://thullabul-ilmiy.or.id/modules/news/article.php?storyid=54


Written by أبو هـنـاء ألفردان |dr.Abu Hana

February 7, 2009 at 05:50

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. AssalamuAalaikumwarokhmatullahi wabarakatuh

    Ustad ana ingin bertanya bukankah kita manusia di larang bersumpah dengan selain Nama Allah .
    Lalu bagai mana dengan Allah subkhanahu wata,ala sendiri yang bersumpah dengan nama mahluknya sendiri seperti bintang , langit dan semacamnya?..

    jazakallahu khairan .

    ANTO

    July 9, 2011 at 14:57

  2. Dalam Surat Al-Quran , Injil dan Taurat :

    Buah Tin, kenapa Allah bersumpah demi buah tin dan Zaitun (Qur’an Surat At Tin ( سورة التين ) Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
    1. وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,
    2. وَطُورِ سِينِينَ dan demi bukit Sinai,

    Tentunya buah tin memiliki makna yang sangat tinggi. , Tin adalah buah-buahan yang mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh & cancer . Zat-zat aktif yang terdapat dalam buah tin adalah sejenis zat-zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka luar dengan cara melumurinya.
    Unsur yang terkandung dalam buah Tin adalah karbohidrat, protein, dan minyak. Buah Tin juga mengandung yodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang (fosfat), chlorin, serta asam malic dan nicotinic.

    Jika ada saudara-saudaraku yang berminat untuk mengkoleksi pohon AT-TIN , kami menyediakan bibit pohon Attin .
    – Varietas :Conadria Fig , Tinggi Pohon : 50-100 cm ,
    – Harga Rp. 250,000 per pohon , atau Rp. 350,000 per pohon ( berbuah )
    – Hubungi Helly – HP# 0816 999 638 atau 0816 188 2594.

    helley

    April 22, 2009 at 03:04


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s