طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

Terapi Bekam, Sembuhkan Berbagai Penyakit

with 8 comments


Terapi Bekam, Sembuhkan Berbagai Penyakit

hijama-bookJAKARTA– Apakah Anda pernah mendengar terapi pengobatan bekam? Awalnya terapi pengobatan dengan teknik mengeluarkan darah kotor itu populer di negara Arab, namun kini semakin banyak dipraktekkan di Indonesia.

Bekam atau Hijamah merupakan pengobatan cara Nabi (Thibbun Nabawi) yang tujuannya insya Allah untuk kesembuhan dan kesehatan, serta pahala karena bekam merupakan pengobatan yang dianjurkan dan dilakukan oleh Rasululloh.

Terapis Thibun Nabawi, Warsono mengatakan pengobatan yang utama sesungguhnya adalah dengan mencontoh cara nabi yakni dengan bekam, kurma, jintan hitam (Habbatussauda), madu dan minyak zaitun.

“Sebenarnya yang utama itu cara Nabi, salah satunya dengan bekam. Jika tidak sembuh maka alternatifnya baru dengan obat kimia,” ungkapnya pada Republika Online (ROL) di Pondok Gede, Jakarta, akhir pekan lalu.

Dirinya menyebutkan beberapa hadis tentang pengobatan yang memiliki keutamaan. Antara lain Hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari yang bunyinya, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbekam pada bagian kepalanya dalam keadaan beliau sebagai muhrim (orang yang berihram) karena sakit pada sebagian kepalanya”.

Salah seorang yang melakukan terapi bekam, Edi (47) mengatakan, badannya terasa lebih ringan dan sehat setelah melakukan terapi bekam.

Saat itu ROL berkesempatan melihat proses bekam pada Edi. Dia tidak terlihat kesakitan meski tubuhnya ditusuk jarum hingga bagian tersebut dikop untuk mengeluarkan darah.

Edi tampak tertelungkup santai sambil bibirnya tak berhenti berdzikir. Meski ditusuk dan mengeluarkan darah, bekam memang tidak terasa sakit karena kulit yang ditusuk hanya pada lapisan dermis atau kulit jangat.

Hal serupa juga dirasakan oleh Warga Jatisari, Pondok Gede, Karminto. Setelah melakukan bekam keluhan kesemutan, masuk angin dan berat pada panggul begitu saja hilang. Dia mengaku tidak merasa sakit dan khawatir berefek negatif. “Saya tidak kuatir dengan bekam karena memang tidak sakit dan berefek buruk,” katanya.

Proses Bekam

Pengambilan darah dilakukan menggunakan alat berbentuk mangkuk (cupping set) yang ditempelkan pada kulit. Setelah kulit bersih, mangkuk bekam ditaruh dan dipompa untuk mengosongkan udara di dalamnya. Pemompaan dilakukan sesuai daya tahan pasien. Di sini pasien akan merasa sedikit pegal dan kulit pun berwarna merah kehitaman. Setelah kira-kira 10 menit, mangkuk dilepas dan kulit akan terasa menebal.

Tepat di atas kulit yang menebal dilakukan penusukan menggunakan jarum dan tusukan berkali-kali ini tidak keras.

Selanjutnya, mangkuk kembali ditempelkan dan dipompa. Tindakan inilah yang membuat darah keluar seperti merembes. Perlahan-lahan darah semakin banyak, bahkan menggenang di dalam mangkuk. Dalam bekam, inilah yang dimaksud “darah kotor”. Dalam konsep bekam, darah kotor adalah darah yang tidak berfungsi lagi, sehingga tidak diperlukan tubuh dan harus dibuang.

Proses pengisapan darah berlangsung tak lebih dari 10 menit. Setiap kali terapi bekam dijalankan, biasanya dilakukan dua sampai tiga kali pengisapan darah, tergantung pada jenis keluhan serta volume darah yang keluar. Jika darah hanya keluar seperempat mangkuk setiap kali bekam, pengulangannya lebih sering dibandingkan dengan pasien yang darahnya keluar lebih banyak.

Terapi yang dalam bahasa Arab disebut hijamah ini telah disesuaikan dengan sunah Nabi Muhammad (Shallallaahu ‘alaihi wasallam-red). Tak heran, para terapis umumnya berasal dari pondok-pondok pesantren.

Terapis bekam, Ahmad Fadholi melakukan bekam tentunya dengan cara Islami, namun ia juga mempraktekan apa yang dia yakini dan terbukti manfaatnya seperti mengkombinasikan pijat refleksi pada pasien bekam. “Bekam yang saya kombinasikan dengan pijat refleksi, Alhamdulillah terasa lebih efektif pada pasien,” kata Ahmad.

Seperti akupuntur, Ahmad menjelaskan bekam mengenal lebih dari 350 titik di seluruh tubuh. Namun, dalam praktik Ahmad mengutamakan pada titik-titik sumber penyakit seperti anjuran Nabi Muhammad, yang terletak di seputar kepala, leher, pinggang, dada, dan kaki. Dari situ terdapat tiga titik utama yaitu ummu mughits dan dua titik qumahduah.

Titik Ummu mughits
yang berada di atas kepala merupakan titik utama bekam, yang sekaligus merupakan pertemuan ratusan titik dari seluruh tubuh.

Lewat titik itu saja bisa disembuhkan bermacam penyakit pada bagian atas tubuh, seperti vertigo, polip, gangguan saraf telinga, penyakit kulit, depresi, sampai gangguan ilmu hitam atau sihir.

Sedangkan qumahduah terletak di leher bagian belakang, tepatnya antara rambut dan cuping telinga, baik kanan maupun kiri. Kedua titik tersebut yang selalu digunakan dalam sebuah terapi, ditambah sejumlah titik-titik lain sesuai keluhan pasien.

Seusai dibekam, seseorang dianjurkan meminum minuman hangat, misalnya jintan hitam atau madu. Ahmad biasa menyuguhi pasiennya dengan air jahe hangat yang ditambah madu. Sebelum dibekam, pasien juga disarankan untuk berpuasa beberapa jam.

Ada banyak manfaat bekam, antara lain melancarkan peredaran darah, meringankan badan. Mengobati masuk angin, darah tinggi, kolesterol, stroke, jantung, asam urat, sakit pinggang, liver, gatal-gatal, migrain, sakit kepala, sakit mata, impotensi, sinusitis, jerawat, ambeien, maag, meningkatkan daya ingat, kecerdasan dan memperbaiki sistem imunitas.

Selain penyakit tersebut bekam bermanfaat bagi penyakit psikis seperti sulit tidur atau insomnia, stres, sering mimpi buruk, sering kesurupan, trauma dan rasa takut yang berlebihan. (cr1/ri)

HIMAYATUL HUSNA/ROL

http://www.republika.co.id/berita/20845.html

Baca Juga :

8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. minta informasi tempat bekam utk daerah bandung ?
    by: ogisay

    agus

    October 2, 2012 at 23:38

  2. Abu Hafshdikirim keAdam Purdiawan
    9 jam yang lalu ·

    Alhamdulillah BEKAM telah merakyat dimana-mana, namun masih banyak praktisi BEKAM bermodalkan Nekad & Asal-asalan…maka telah disusun Poster WASPADA BEKAM 7in1 Jelas, Lengkap & MUdah terdiri :
    1. Titik Bekam yang akurat
    2. Ukuran Kop yang Ideal
    3. Data khasiat terlampir disamping kop
    4. Gambar Anatomi tubuh dasar
    5. Gambar Anatomi Otak
    6. Gambar Syaraf Kranial Otak
    7. Gambar Anatomi Kulit
    semua dalam satu halaman Poster WASPADA BEKAM 7in1 ukuran Poster 40cm x 60cm karton 230gram Harga Rp. 23.500./lembar untuk Agen Discount sampai 55% peminat hubungi 081382257099/ 081319668577/ 081311145258 lihat contoh gambar http//www.flicker.com/photos/teampengobat/ atau Google klik gambar Poster Bekam search klik gambar pertama

    Muhammad Ikhwan Abdullah

    June 25, 2012 at 10:22

  3. untuk kanker payudara titik bekamnya dimana saja ?
    trims

    be

    December 10, 2010 at 10:58

  4. Ass. ww.
    Dokter Abu Hana Yth.
    Saya, tinggal di Banjarbaru,Kalsel, umur 60 th, sejak Desember 2009 lalu menderita darah tinggi. Sampai sekarang, atas konsultasi dokter, terus minum obat anti hipertensi, pagi angioten 50 mg dan sore norvask 5 mg, selain itu menjaga makanan dan rutin olah raga. Beberapa minggu yl, saya baru mengenal adanya klinik bekam. Terapis bekam menyarankan saya untuk stop saja obat dokter kemudian ganti dengan terapi bekam.
    Yang saya belum mengerti, bagaimana proses penggantian program obat menjadi bekam? Apakah ada proses transisi?
    Kemudian juga di titik mana dilakukan bekam?
    Terimakasih atas perhatian pak Dokter
    Wassalam,
    Rusdi HA
    Banjarbaru, 23 Juni 2010

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokaatuh
    1. Betul pak, sebaiknya memang tidak langsung memberhentikan semua obat hipertensi. Obat tersebut masih bisa diminum rutin tetapi dengan dosis yang rendah saja misal. separuh dari dosis yang biasa diminum.

    2. pembekaman dilakukan di titik kaahil/punuk, belakang leher kanan kiri, kedua bahu serta titik daerah ginjal.

    Dengan bekam InsyaAllah akan banyak perubahan yang berarti, dan InsyaAllah jika bapak melakukannya rutin setiap 3 bulan sekali (minimalnya) maka Bapak tidak akan terkena serangan stroke bi idznillah.

    Rusdi HA

    June 23, 2010 at 11:30

  5. tolong dirahasiakan ana konsultasi dengan siapa nama antum siapa? begini akh rambut ana botak mirip andre agassi. ana mulai proses botak sejak smu. ana pernah baca juga botak bisa sembuh dengan dibekam tapi itu orang luar negeri alamat ma no hpnhya gak ada. antum bisa bantu ana akh ana jadi mengalami krisis PD yang sangat.

    abdurrahman

    April 15, 2010 at 15:53

  6. Tolong diberikan alamat-alamat untuk Bekam khusus Jakarta Pusat, seperti sekitar Tanah Abang sekitarnya ada tidak?

    @ Coba hubungi klinik as-sabil, hp. 081314440363

    A.Tadjudin Noor

    December 14, 2009 at 21:05

  7. terapi bekam aku kenal lima tahun yang lalu .da seorang teman ngajak pelatihan yang diadaka di kota kami setelah aku terapkan luar biasa pada mulannya diangap aneh dan menakutkan tapi akhirnya usahaku tuk kenalin.pengobatan ini banyak pasien yang berkonsultasi dan berobat . dan yang luar biasa adalah ku punya pasien yang skit gatal gatal disekitar paha dekat Mr.x dah sekitar 2 tahun dak sembuh udah coba semua resep tapi hasilnya kambuh lagi .tapi setelah ku bekam pada pagi hari biasanya pada malam hari istilah orang jawa kumat . tapi setelah dibekam alhamdulillah sudah tdak kambuh lagi.dan banyak lagi penyakit dapat diobati menurut perngalamanku adalah migren,sesak nafas , susah tidur , masuk angin, ambeyen,dan banyak lagi yg.tak mungin aku sebutin satu persatu.tuk info lebih jauh silakan kirim ke email nopri92@yahoo.co.id atau dapat mz.ke 085 355 074 441.insya alloh aku bantu cara mgobatin.n setiap mz.masuk insya alloh aku balas

    ponario

    December 7, 2009 at 19:55

  8. ya.
    alhamdulillah therapi bekam ini dapat therapi 80 % jenis penyakit…
    bekamefektif adalah bekam selama 3 bulan… atao 6 bulan…
    setelah itu dapat dilakukan 2 – 3 tahun kembali….

    selamat mencoba…

    susilo priadi

    May 24, 2009 at 14:49


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s