طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

Obat Pelangsing dan Pengaruhnya terhadap Ginjal

with 4 comments


Obat Pelangsing dan Pengaruhnya terhadap Ginjal

berat badan

Diantara tengah maraknya penggunaan metode invasif (pembedahan dan penyuntikan) untuk memperoleh tubuh yang ideal, animo masyarakat yang menggunakan produk pelangsing oral belum juga berkurang. Wajar jika metode ‘meminum obat pelangsing’ ini masih diminati, sebab metode ini terbilang murah dan jika dilihat dari sudut pandang masyarakat awam, metode ini dinilai lebih aman. Padahal tidak demikian adanya, metode invasif maupun noninvasif sama-sama memiliki risiko yang boleh jadi pada satu kasus tertentu menjadi sama bahayanya.

Mungkin, sebagian masyarakat Indonesia berhasil diyakinkan bahwa pil/tablet pelangsing herba lebih aman, dikarenakan kandungan simplisia yang berasal dari alam. Pada kenyataannya beberapa obat pelangsing serupa ditarik dari peredaran karena terbukti mengandung senyawa kimia berbahaya, seperti aristolochic acid. Senyawa ini berbahaya untuk ginjal.

Di pasaran, jenis-jenis obat pelangsing yang biasa dijual antara lain yang pertama berasal dari senyawa golongan amphetamin yang menurunkan nafsu makan, preparat hormon tiroid yang membakar energi secara berlebihan, atau juga diuretik, yang menurunkan berat badan dengan mengurangi volume cairan dalam tubuh. Semua obat pelangsing dapat memiliki efek negatif terhadap fungsi organ tubuh dan metabolisme jika tidak digunakan sesuai dosis. Pada individu dengan fungsi ginjal normal, efek penurunan berat badan yang wajar berkisar 3-4 kg.

Beberapa obat sering disalahgunakan sebagai pelangsing, antara lain obat pencahar dan obat diuretik. Padahal keduanya tidak menurunkan berat badan secara permanen. Efek berat-badan-turun disebabkan oleh volume/bobot sel mengecil akibat cairan yang dikeluarkan. Jika berlebihan, dapat terjadi dehidrasi, dan mengingat kerja obat-obat dalam ginjal dan hati (liver), hal ini dapat berakibat pada gagal ginjal atau radang hati (hepatitis). (disarikan dari berbagai sumber)

 

Sumber : 

http://www.halalguide.info/2009/01/22/obat-pelangsing-dan-pengaruhnya-terhadap-ginjal/

Written by أبو هـنـاء ألفردان |dr.Abu Hana

June 10, 2009 at 05:28

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. trims gan atas infonya.

    toko samping

    September 7, 2012 at 18:10

  2. lalu cara aman seperti apa yg digunakan untuk mennurunkan berat badan tanpa efek samping??

    dok, sy pernah liat tentang pakaian pelangsing non tulang, pakaian pelangsing infrared, minyak pelangsing untuk perut buncit-lengan-betis dll. apakah itu aman?
    dok, bs liat dwebsite ini:

    http://envyslim88.blogspot.com/
    http://www.slimcut.blogspot.com/
    http://www.tokobahagia.com/

    indah

    May 25, 2010 at 13:00

  3. […] Obat Pelangsing dan Pengaruhnya terhadap Ginjal « –(???? ???? … […]

  4. apakah obat/tablet pelangsing ada efek samping nya terhadap fungsi reproduksi?

    @ tergantung kandungan kimia dari obat pelangsing itu sendiri. Secara umum obat pelangsing yang menggunakan bahan kimiawi akan merugikan kesehatan.

    eva karunia dewi

    June 18, 2009 at 14:56


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s