طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

Buah Tin (Fig) : Buah Religius Pencegah Kanker

with 4 comments


Buah Religius Pencegah Kanker

 

Buah Tin dan Kaki jadi sarapan pagiku udah 2 hari ini.
Kami punya pohon Tin tapi di rumah liburan, yang aku santap sekarang hasil panen di rumah kenalan kami. Sayang banget buah yg enak dan bergizi itu harus membusuk aja saking banyaknya. Mungkin banyak temans yang belon tau buah tin makanya aku dongengin aja di Blogku ini.

Fig dalam bahasa Inggris, Figue (Bahasa Perancis); Feige (Jerman), Higo (Spanyol), Fico (Italian), Figu (Austrian), Figo (Portuges).
Buah ini punya 2 nama kalo di indonesia. Umat muslim menyebutnya Buah Tin sedangkan umat kristiani menyebutnya Buah Ara.

Buah Tin adalah buah yang tertera di Surat AT-TIIN, Surat 95: 8 ayat. Dalam ayat yang pertama; “Demi buah tin, demi buah zaitun.” (ayat 1). Negara Jiran Malaysia dalam kamus bahasa Melayu memanggilnya Buah Ara.
Buah Ara tertera dalam 7 ayat berbeda di dalam Alkitab, mulai dari Kitab kejadian samapi Wahyu.
Dalam Kej 3:7 diceritakan Adam dan Hawa mengambil daun Ara utk disemat menjadi cawat saat mereka telah memakan buah terlarang.

Banyak orang Indonesia yang mungkin sudah makan buah ini tapi karena di luar negeri kita mengenalnya dengan nama Fig / Figue / Feige / Higo / figu / Figo / Fico/ atau nama2 lain yg saya sebutkan di atas sehingga kita gak tau bahwa itulah buah yang sudah kenal di kitab suci. Setidaknya begitu pengalamanku 9 tahunan lalu, waktu pertama kali kenalan dengan buah ini.
Yang pernah ke tanah suci mungkin sangat kenal buah ini karena minyak dari buah tin biasa dimanfaatkan oleh para jemaah haji sebagai pelindung kulit dari sengatan hawa dingin dan panas.

Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Tin.
Kandungan vitamin buah tin tak kalah hebatnya dengan apel dan jeruk. Disebutkan penelitian California Figs Nutritional Information, buah tin mengandung serat (dietary fiber) yang sangat tinggi. Setiap 100 gr buah tin kering terkandung 12,2 g serat sedangkan apel hanya mengandung 2 g dan jeruk 1,9 g. Mengkonsumsi buah Ara secara teratur, menurut para pakar kesehatan, dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya.

Selain mengandung antioksidan –benzaldehyde– yang dapat mengikat senyawa karsinogen penyebab kanker, Fig juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, di antaranya omega-3 dan omega-6. Buah Fig rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus. Beragam vitamin dan mineral bermanfaat terkandung di dalamnya. Setiap 100 g buah tin mengandung vitamin A sebanyak 9.76 IU, vitamin C, 0.68 mg, kalsium, 133.0 mg dan zat besi, 3.07 mg.
. Kandungan nutrisi buah Tin atau Ara ini bisa mengurangi kolesterol jahat, menguatkan jantung dan menormalkan pernafasan bagi penderita sesak nafas.
Buah Fig yang sekeluarga dengan beringin ini ada banyak jenis, buahnya bisa warna hitam, kuning, abu-abu maupun hijau.

Rasanya seperti apa ? Enak gak ? Makannya gimana ? Waktu pertama kali makan gak gitu suka, tapi sekarang ada beraa kilo juga bisa abis sendiri. Buah ini mungkin termasuhk buah yg you just love it or hate it. Rasanya manis, lembut di mulut, bisa dimakan dengan kulitnya tapi tinggalkan pangkalnya yang biasa berupa takai kecil. Buah Ara / Tin bisa dijadikan selai (hm enak bangets), di santap dengan foie gras (yang ini apalagi mak nyus !) atau juga di santap sebagai buah kering. Sewaktu habis melahirkan aku banyak konsumsi fig kering untuk suply zat besi / fer yang banyak hilang saat melahirkan. Dari pada minum obat suplemen zat besi yang biasanya berakibat konstipasi (adoww tersiksa banget kan konstipasi sehabis melahirkan itu, pernah ngerasain gak?), lebih baik konsumsi buah tin kering karena gak ada efek konstipasi malah poep jadi lancar car.

Budidaya Buah Tin
Fig bisa tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia. Sudah beberapa pengusaha yang mulai merintis usaha ini. Emang bisa tumbuh ? Bisa jek, aku mbawa tuk di tanam di Bekasi, bisa tumbuh dengan baik. Bibit buah Tin bisa di dapat dari cangkokan, anakan yang keluar dari fig dewasa maupun dari stek batang.. Ternyata tetanggaku juga punya walau yang aku bawa dari Perancis buah Tin yang warna merah / hitam / ungu sedangkan punya tetangga yg warna hijau. Kata tetangga bibitnya di ambil di Pesantren, tapi aku gak tanya lagi pesantren mana.

Peluang Usaha buah Tin / Ara / Fig ini terbuka lebar loh, kenapa? :
1. persaingan nyaris gak ada, belum banyak pengusaha yang melirik peluang ini
2. potensi bagus karena fig ini utk iklim di Indonesia bisa berbuah kontinyu, bisa panen sepanjang tahun,
3. perawatan amat sangat gampang, fig bisa tumbuh di berbagai jenis tanah.

Ada yang tertarik mengembangkan usaha Buah Tin / Fig / Ara, dikombinasikan dengan bisnis online ?

 

SUMBER :  http://www.ibujempol.com/buah-fig-buah-tin-buah-ara/comment-page-1/#comment-843

Written by أبو هـنـاء ألفردان |dr.Abu Hana

November 29, 2009 at 04:25

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. buah tin adlh salah 1 buah yg d agungkan oleh alloh.
    Sampe2 surah al qur’an ada yg di namakan suroh at tiin.di lihat dari situ selain secara medis banyak kandungan yg kaya manfa’at.pasti ada sirri yg lebih dasyat dari itu.yg mungkin hanya alloh yg tahu….

    h abdul adhim jufri

    December 24, 2011 at 07:40

  2. Oh..ini yg namanya buah tin..kalo buah ini saya sdh pernah makannn..ALHAMDULILLAH…di Japan namanya buah ichijiku…musim nya antara bulan 8 dan 10.

    nenek dzaka

    March 22, 2010 at 20:35

  3. klo dibandingkan buah sirsak bagaimana, dok? saya pernah baca artikel kalau buah sirsak mampu mematikan sel kanker.

    @ Pada dasarnya pemilihan herbal harus didasarkan pada pemeriksaan jenis kankernya. pada kondisi tertentu cocok dengan sirsak, pada kondisi lain dengan mahkota dewa, keladi tikus, buah tin, dll Alhamdulillah Indonesia dianugerahi berbagai macam herbal tanaman obat yang sangat berkhasiat.
    ini mas Berly toh? hatur nuhun atas kunjungannya..

    mautauaja

    December 9, 2009 at 21:21

  4. subhanallah.
    ana blm pernah makan buah tin,
    bisa kasih tau akh dmna yg jualan yah?di daerah jakarta

    @ kalo yang jualan buah tin, antum bisa tanya mbah google ya, he..he..

    Abubakar

    November 29, 2009 at 12:52


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s