طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

“MIMPI BASAH & KELUAR MANI SAAT PUASA” : Apakah membatalkan puasanya? Apakah wajib baginya untuk menyegerakan mandi junub/mandi wajib?

with 11 comments


Hukum Mimpi Basah di Siang Hari Bulan Ramadhan

Penulis: Fadhilatu As Syaikh ‘Abdul Aziz bin ‘Abdillah bin Baaz Rahimahullah

 

Soal  : Apabila seorang yang berpuasa bermimpi mengeluarkan air mani pada waktu siang di bulan Romadlon apakah membatalkan puasa ? Dan apakah wajib baginya untuk menyegerakan mandi janabah?

 

Jawab : Tidak membatalkan puasa karena bukan dari kehendak dan kemauannya, dan wajib baginya untuk mandi janabah. Misalnya, kalau ada seseorang bermimpi mengeluarkan air mani pada waktu setelah sholat fajar/subuh dan menunda mandi janabah sampai masuk waktu sholat dhuhur, maka yang demikian tidak apa-apa.

Seorang suami/istri yang berjima’ pada malam bulan Romadlon dan menunda mandi janabahnya sampai masuk waktu fajar/subuh, yang demikian tidak apa-apa. Karena sesungguhnya Rosululloh pernah berjima’ dengan istrinya pada malam hari dan masih dalam keadaan junub di waktu subuh, kemudian beliau mandi janabah dan menjalankan puasa. Demikian juga wanita yang haid dan nifas, apabila keduanya suci/bersih pada waktu malam (setelah habis waktu sholat isya’) maka boleh baginya menunda mandi janabah sampai waktu shubuh kemudian berpuasa. Tetapi tidak boleh bagi keduanya menunda mandi janabah atau sholat sampai terbitnya matahari.

Wajib baginya bersegera mandi janabah setelah masuk waktu subuh dan menjalankan sholat tepat pada waktunya. (Syaikh bin Baaz).

(Di terjemahkan oleh Al Ustadz Abu ‘Isa Nurwahid dari Kitab Fatawa As Shiyam Syaikh bin Baz dan Syaikh Utasimin, Syarhul Mumthi’ Ibnu Utsaimin, Ijabatus Sail Syaikh Muqbil bin Hadi )

Sumber : Buletin Da’wah Al-Atsary, Semarang. Edisi 17 / 1427 H Dikirim via email oleh Al-Akh Dadik

Jima’ pada Malam Ramadhan

Pertanyaan:

Bagaimana hukumnya bila suami istri bercampur pada malam bulan Ramadhan dan mandi junubnya pada jam tujuh pagi?

Jawaban:

Puasanya tetap sah, karena pernah terjadi pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau pernah junub dari keluarganya kemudian mandi ketika subuh dan melanjutkan puasanya. Namun, masalahnya adalah apakah pasutri tersebut tidak shalat Subuh atau memang tertidur sampai jam tujuh? Apabila tertidur, ketika bangun mereka mandi junub lalu shalat, dan puasanya sah.

Waffaqakumullah.

Al-Ustadz Muhammad Afifuddin

 

Sumber: Majalah Asy Syariah vol. VII/No. 79/1433 H/2012

************

Mimpi Basah Pas Puasa, Batal Nggak Sih?

 

Bismillah…

Sahabatku semua, ikhwan dan akhwat yang semoga DIBENCI syetan, tapi DISAYANG Allah. Pembaca blog ini, rata-rata udah pada gedhe, baligh, dan sudah mukallaf, Insya Allah. Dan salah satu tanda dari sekian tanda sesorang dikatakan baligh adalah terjadinya suatu peristiwa biologis yang disebut mimpi basah/wet dream/ihtilam.

Nah, karena saat ini kita lagi menjalani bulan puasa, yang mana kita butuh banget sama ilmu, ada satu kasus-yang saya juga mengalaminya-tentag ihtilam/MB di siang hari Ramadhan saat kita berpuasa. Batal nggak sih puasa kita?

Imam Abu Zakariyya An-Nawawi rahimahullah dalam Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab [6/227] cet. Daar ‘Alamil Kutub berkata tentang hal ini,

“Jika seseorang ihtilam (mimpi basah, keluar mani) maka tidaklah membatalkan puasanya berdasarkan ijma’ para ulama. Yang demikian itu dikarenakan sesorang tersebut dikuasai oleh sesuatu yang dia tidak mampu untuk memilihnya, seperti seseorang yang kemasukan lalat yang terbang pada mulutnya tanpa adanya kemampuan untuk menolaknya. Inilah yang menjadi sandaran dalil dalam masalah ini.”

Nah, sudah jelas ‘kan bahwa ihtilam itu nggak membatalakan puasa kita, baik puasa sunnah maupun Ramadhan. Sebagai tambahan, ana kutip fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah dalam Syarhul Mumti’ [3/60-61] cet. Darul Atsar berikut ini:

Ihtilam tidaklah membatalkan puasa. Meskipun sebelum tidur di sempat memikirkan sesuati, kemudian di tengah-tengah tidurnya di ihtilam, karena seorang yang tidur tidaklah memiliki kehendak. Dan sungguh pena (catatan amal) telah terangkat darinya (termaafkan).”

Alhamdulillah, ana kira dengan dua pejelasan singkat dari kedua ulama tersebut sudah cukup memberikan kepuasan hati bagi kita, kaum muslim muda, yang kadang masih linglung dengan apa yang terjadi pada diri kita sendiri, khususnya masalah MB ini. Ana akui, ana pun sempat bingung dengan MB yang menimpa ana ketika puasa, dan alhamdulillah dapet ilmu ini.

Sumber fatwa : Buku 111 Kilauan Mutiara Ulama’ Seputar Puasa terbitan Maktabah Al-Ghuroba’, Solo hal. 65

About these ads

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Makasih banyak, sem0ga menjadi berkah dengan adanya pemberitahuan ini.

    Ryandt Cengozz

    July 13, 2013 at 09:30

  2. alhmdllah. terimakasih infonya.

    anonim

    February 23, 2013 at 08:26

  3. cak mno mimpi basah dock

    dwiki

    September 4, 2012 at 13:42

  4. mimpi cak mne owgh

    dwiki

    September 4, 2012 at 13:36

  5. Terimakasih atas infonya,semoga selalu diberkahi ALLOH SWT,amiin

    edy

    August 18, 2012 at 13:19

  6. thanks gan krna sya siang sini bru mimpi pda hal dah bngun tdur lgi udah itu mimpi …trmah kasih gan atas ilmunya bkin sya sah
    pd puasanya >>.hehehehheh

    Yolanda Slalu Dikalah Ssb

    August 17, 2012 at 11:36

  7. thanks gan krna sya siang sini bru mimpi pda hal dah bngun tdur lgi udah itu mimpi …trmah kasih gan atas ilmunya bkin sya sya pd puasanya >>.hehehehheh

    Yolanda Slalu Dikalah Ssb

    August 17, 2012 at 11:33

  8. Mantapz gan, thankz.

    sutiyocahjowo

    August 11, 2012 at 11:18

  9. Bagaimana cra junub ktika puasa,syarat junub kan harus meratkan air kesluruh tubuh,termasuk lubang2 yg ada dlm tubuh,sdangkn perkara yg msuk kdalam lubang tubuh kan membatalkn puasa?penyelesaiany gmana y?

    Hendra

    August 8, 2012 at 05:18

  10. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
    Masalahnya ane barusan mimpi basah gan.. Tapi berkat blog ini.. Ana yakin. Untuk melanjutkan ibadah puasa.. Thank’s gan.. Blog ini sangat membantu

    taslim

    August 7, 2012 at 06:09

  11. Hehehe, lucu gan. . .
    Tp mudah mudahan membantu pembaca!

    Nugroho

    August 4, 2012 at 07:43


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s