طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

Hadiah “Google Panda” untuk Blog kaahil wordpress dotcom |Tips dan Cara Mengatasi Blog yang Terkena Google Panda/Penguin?

leave a comment »


google pandaHadiah “Google Panda” untuk Blog Kaahil.Wordpress.com merupakan bingkisan terindah di bulan ini, Alhamdulillah ‘ala kulli haal. Setelah sempat bingung mencari penyebab mengapa jumlah pengunjung blog terjun bebas hingga 80% akhirnya setelah tanya ke google baru saya sadar bahwa penyebabnya adalah mas “Google Panda” atau kang “Google Penguin”.

Apakah algoritma Google Penguin itu ?

Algoritma Google Penguin merupakan algoritma yang khusus untuk menghukum situs / blog spam (webspam). Berikut petikan informasi mengenai algoritma Google Penguin.

In the next few days, we’re launching an important algorithm change targeted at webspam. The change will decrease rankings for sites that we believe are violating Google’s existing quality guidelines. We’ve always targeted webspam in our rankings, and this algorithm represents another improvement in our efforts to reduce webspam and promote high quality content.

Dengan adanya algoritma ini hasil pencarian pada search engine google akan semakin berkualitas dengan tidak menampilkan situs – situs manipulatif dalam mencapai posisi terbaik di halaman pertama google. Ini harapan dari pihak pengembang Google Inc. Walau ada algoritma baru yaitu algoritma Google Penguin, algoritma Google Panda masih tetap berjalan dan keduanya akan bekerja saling beriringan supaya dapat memberikan hasil pencarian google yang lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa penalti google yang sampai saat ini masih tetap ada meskipun google sudah menggunakan algoritmanya yang baru yaitu Google Panda adalah google dance, google sandbox, deindex dan banned. Sampai saat ini ke-4 penalti tersebut sering menjadi momok bagi kita. Diantara keempat penalty tersebut memiliki perbedaan berikut penjelasannya.

Apa perbedaan antara Google Dance, Google Sandbox, Deindex dan Banned ?

Google Dancekaahil di google webmaster

Penalti google berupa penurunan posisi blog di hasil pencarian secara drastis. Misal, blog hari ini telah ada di posisi 1 namun satu hari kemudian turun ke posisi 200 dan keesokan harinya lagi memburuk diposisi 500.
Postingan masih muncul di hasil penelusuran google namun kita perlu mencarinya dengan teliti sebab posisi postingan tersebut ada di urutan yang paling belakang.  Untuk blog secara keseluruhan tidak akan terganggu dengan adanya penalti google dance yang terjadi pada posting tertentu kita.

Google Sandbox

Penalti google untuk mencegah suatu blog cepat terangkat dimesin pencari karena beberapa optimasi kita yang dianggap oleh google sangat mencurigakan.  Postingan blog takkan pernah muncul dalam hasil pencarian google. Untuk blog yang bagian posting tertentunya disinyalir mendapat penalti google sandbox, berhati – hatilah sebab ini bisa menjalar untuk posting kita yang lain dan bahkan bisa secara keseluruhan blog kita mendapat penalti ini.

Deindex

Penalti dari google dimana suatu blog tidak mendapat perlakuan yang sama oleh google seperti mendapatklan proses crawling. Adanya penalti ini pada suatu blog menyebabkan blog menjadi tak dapat di index oleh google. Penyebabnya karena penerapan optimasi seo yang keliru dan juga melanggar TOS google. Dalam beberapa kasus blog yang mendapat deindex berupa blog yang sering melanggar TOS google seperti blog spam.
Bila suatu ketika blog kita mengalami deindex, google masih membuka pintu maaf untuk kita dengan cara mengirimkan peninjauan ulang di halaman Reconsideration Request.

PENGADUAN KAAHIL2

 

Banned

Penalti google yang sering didapatkan untuk blog – blog yang melanggar TOS google, blog spam ataupun blog yang didalamnya mengandung malware.
Bila blog kita telah terindikasi mendapat penalti ini, kesempatan untuk keluar dari banned google sedikit sulit. Anda dapat meminta kepada google untuk melakukan peninjaun ulang dan katakan bahwa kita adalah pemilik baru domain ini.

Google Panda membenci artikel yang minim sekali untuk sebuah posting, artikel berputar yang tidak berujung, artikel yang diambil dan disalin pada blog yang lain, isi menyesatkan dan tidak relevan, kata kunci yang berlebihan.

Bagaimana Cara cepat untuk mengetahui jika Website atau Blog kena Google Panda ?

Mengetahui efek Google Panda tidak sulit. Dalam waktu dua bulan terakhir ini, sejak awal mulainyanya perubahan Algoritma, jika Anda melihat penurunan signifikan trafik blog Anda, maka Kesimpulan yang didapat adalah blog tersebut terkena dampak buruknya. Jika mengalami peningkatan trafik pengunjung, itu menandakan blog anda lolos seleksi.

mengetahui terkena panda

 kaahil sandbox

Bagaimana Solusi Mengatasi Blog yang Terkena Google Panda/Penguin?

1. Hapus beberapa artikel yang tidak berkualitas dan jarang atau tidak di kunjungi visitor.apalagi artikel copy paste.

2. Hapus Gadget atau Widget yang kurang dan tidak bermanfaat,seperti :

– Kolom Langgan E-mail Subcriber
– Hapus aneka kreasi Flash yang menghalangi dan menggangu konten anda.
-Juga kurangi kerlap kerlip link pada artikrl dan sidebar

3. Atur ulang tata letak template jika terjadi kesemrawutan bagai pasar senen kamis.
4. Tulis artikel dengan kreasi anda sendiri,lebih mendidik dan bermanfaat yang hanya untuk manusia,bukan Spiderbot.

5. Periksa secara berkala Inbound dan Outbound Link,karena jika link tersebut berada dan tertuju pada weblog yang terkena Pinalty,maka otomatis weblog anda juga akan terseret kedalam Sandbox-nya Google.
6. untuk mendeteksinya gunakan Tool-tool backlink analisis.
7. hapus semua link yang berasal dari pertukaran link,jual beli link dan link SPAM.
8. hapus Link Spam/link Hidup pada kolom komentar dan pasang CSS anti SPAM KOMENTAR
9. Jangan Banyak mengulang Keyword dalam satu artikel postingan.
10. Tinjau kembali Anchor Teks anda,Jika telah banyak Anchor Teks yang tidak relevan,sebaiknya nada menggantinya dengan kalimat yang berbeda. atau hanya menggunakan URL pada anchor tersebut.

Tips Lain untuk Keluar dari Penalty Google Panda/Penguin

1. Ganti nama domain pada pengguna Website dan Ganti nama Blog jika anda pengguna blog termasuk kalimat diskripsi weblog.
2. setelah itu gunakan meta name tunggal,maksimal 3,jangan memakai meta name aneh
3. Hapus Keyword yang lain jika melebihi 1,5 % pada satu artikel
4. Hapus segala bentuk spam,spam link,spam artikel dan spam komentar.
5. Ganti dan buatlah Anchor teks yang wajar sesuai kalimat dan tujuan
6. Tingkatkan Link antar halaman dan artikel anda,tapi tetap dalam koridor wajar
7. Hapus Link dari Blogroll dan Link Exchange.
8. Jangan gunakan lagi Cloacking
9. Hindari Phising dan Virus
8. Perbanyak Sharing artikel melalui media sosial,yaitu Google+,Facebook,Twitter dan sejenisnya
9. seringlah gunakan aplikasi site audit untuk mengontrol error weblog.
10. Tulis hanya artikel yang punya kualitas,jangan asal saja,atur kalimatnya dengan serius dan bahasa yang wajar.
11. jangan banyak menggunakan tanda baca pada artikel.
12. Atur kembali tatanan template
13. Jangan banyak Posting artikel dalam 1 hari.
14. jangan meninggalkan spam di kolom komentar,karena URL dapat mengetahui darimana Spam tersebut berasal.
15. kurangi rasio jumlah iklan,apalagi iklan yang tidak relevan dengan weblog.dan jangan sama sekali memasang iklan dibawah judul postingan,karena termasuk di anggap mengganggu pembaca.dan telah dikategorikan spam.
16. Balas setiap komentar yang interaktif sepanjang hal itu relevan.

Tips Dari mas sugeng :

Sesaat setelah blog saya terkena hukuman dari google saya sempat mencari informasi tentang bagaimana cara untuk Mengatasi Blog yang Terkena Google Panda/Penguin. Ada yang yang menyarankan untuk mengganti template, submit ulang sitemap, dan lain sebagainya. Ada juga yang mempunyai ide/solusi lain yaitu dengan sedikit merubah struktur title pada blog ini. Kurang lebih seperti ini:

Struktur title sebelum:

Judul Postingan di Sini | Mas Sugeng

Saya rubah menjadi seperti ini:

Judul Postingan di Sini – Blog Mas Sugeng

Ada alasan kenapa saya lebih memilih sekedar mengganti struktur title daripada harus repot-repot gonta-ganti template, yaitu dengan harapan google mengindex kembali postingan-postingan di blog saya dengan judul yang sedikit berbeda.

Entah trik yang saya lakukan ini work atau memang sekedar kebetulan saja, tapi selang beberapa hari setelah mengganti struktur title, beberapa postingan mulai muncul lagi di halaman utama dan tampil dengan judul yang baru, sedangkan beberapa postingan masih belum kelihatan yang mungkin belum sempat terindex ulang.

Sumber tulisan :

http://blogtegal.com/2012/05/blogtegal-terkena-google-panda.html

http://rina-as.blogspot.com/2012/04/update-algoritma-baru-google-penguin.html

http://www.mas-sugeng.com/2013/09/solusi-mengatasi-blog-yang-terkena.html

http://www.mcscv.com/produk_detail.php?page-id=Mengatasi-dan-keluar-dari-google-sandbox-secara-elegan&rdmt=107702&id=defadm&pid=mengatasi-google-sandbox-panda-dance

http://seoptimasi.blogspot.com/2013/03/cara-mengatasi-pinalty-google-penguin.html

Written by أبو هـنـاء ألفردان |dr.Abu Hana

March 13, 2014 at 14:11

Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s