طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

Tanya?

with 71 comments


Dari Anas bin Malik Rodhiallaahu ‘anhu :

Bahwa Nabi Shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam pernah berbekam di
Al akhda’in (kedua urat merih) dan Al Kaahil. (Riwayat Abu Dawud II/732)

cupping-doctor

“Kaahil” adalah nama/istilah untuk menunjukkan titik utama dilakukannya Hijaamah (Bekam), yang berada di tengah-tengah antara bahu kanan dan kiri (di bawah Processus Spinosus Vertebra Cervikal-7)

Sudah banyak dibuka praktek pengobatan alternatif seperti bekam/blood letting. Namun yang disayangkan, sebagian besarnya tidak memiliki latarbelakang medis sehingga beberapa aspek terabaikan, misalnya; masalah Diagnosis penyakit dan kontraindikasinya, Efek samping medis, sterilisasi alat, tindakan aseptik dan prosedur medis lainnya yang kurang sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) medis yang sudah baku.

Pada sisi yang lain, didapatkan pengobatan yang masih tercampur dengan kebid’ahan bahkan kesyirikan seperti Dzikir 1000 kali, mantra-mantra, jimat/mahar dari jin, tenaga supranatural dan lain sebagainya yang dilakukan oleh orang bergelar kyai/ustadz dengan model “rajah” bertuliskan huruf arab/potongan ayat Al Qur’an yang telah disalahgunakan.

Klinik kami didirikan berdasarkan suatu keinginan kami untuk mengembangkan Pengobatan Nabawi(_Thibbun Nabawy) yang sesuai dengan prinsip Islam berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah dengan pendekatan medis modern.

Alamat Baru :  Perum Manglayang Regency  Blok A-1 No.5 Desa Cimekar, Kec. Cileunyi BANDUNG, JAWA BARAT. Hubungi  0856.290.8112

Akses SANGAT MUDAH :

  • ·Setelah pintu tol Cileunyi (jika dari arah jakarta) —> sekitar 15 menit ke lokasi.
  • Sebelum pintu tol Cileunyi (jika dari arah Garut,Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang,Jawa Tengah)—> sekitar 15 menit ke lokasi.
  • ·Dari Terminal Leuwi panjang-bandung kota/terminal Cicaheum  —-> sekitar 45 menit ke lokasi.

Ditangani oleh :

dr. Abu Hana (Pasien PRIA) e-mail : dr.abuhana.gmail.com

dr.Ummu Hana (Pasien WANITA)  e-mail : dr.ummuhana@gmail.com

Pelayanan  :

  • IRIDOLOGY
  • BLOOD LETTING/HIJAAMAH/BEKAM sesuai ANATOMI-PATOFISIOLOGI PENYAKIT
  • HERBAL THIBBUN NABAWY


Website :  https://kaahil.wordpress.com

Written by أبو هـنـاء ألفردان |dr.Abu Hana

September 27, 2008 at 09:12

71 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ass,wr.wb..dok anak saya usia 6 bulan,sdh 1 minggu ini jika buang air kecil keluar bercak merah jambu dlm urinenya..apa yg menyebabkannya dan obat apa yg hrs saya berikan?

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh.

    Maaf Pak Sujarwanto, Informasi dari Bapak masih terlalu minim untuk bisa menyimpulkan penyakitnya. Sebaiknya anak Bapak dilakukan pemeriksaan urine rutin terlebih dahulu di laboratorium untuk mengetahui kelainan dan penyakit yang diderita. Pengobatannya tentu saja disesuaikan dengan penyebab penyakitnya..
    untuk pertolongan awal dan pencegahan, berikanlah madu 1 sendok teh diencerkan dalam 1/2 gelas air matang diminumkan 2-3 kali sehari.

    sujarwanto

    July 11, 2009 at 15:23

  2. Assalamu’alaikum

    Minggu kamis kmrn saya di bekam. salah satu titikny di samping mata, atasnya jambang kiri kanan…, darahnya banyak keambil. skrg2 ini sudah 8 hari kl saya membuka mulut agak tidak enak di samping kanan atas…pdhal sblum bekam sptnya tidak spt ini…Apa normal ? ngomong A, I, U, E, O kurang lepas…Apakah Bagian dari penyembuhan luka dalam ?? atau Salah urat ? kl ini malpraktek apa ini bisa dibetulkan dg bekam lagi ?..sebagai info saya baru coba bekam 2 sesi. Saya jadi takut kenapa2 nih…..

    BTW, Saya ingin tahu cabang di jakarta yang menangani dokter juga sekaligus bekam,… dimanakah ?

    wassalamu’alaikum

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh.

    Wallaahu a’lam pak human, Jika keluhan tersebut berkurang atau menghilang mulai 4 hari keatas sejak bekam, maka hal tersebut masih mungkin terjadi sebagai reaksi tubuh menuju perbaikan. Tetapi apabila keluhan tersebut masih ada maka harus kita periksa lebih lanjut.

    Melakukan pembekaman di daerah sekitar mata memang harus ekstra hati-hati agar jangan sampai otot-otot (urat) disekitar daerah tersebut tertarik terlalu kuat. Lakukan tarikan (sedotan) sedang dan sayatan ringan.

    Semoga diberikan kesembuhan, Thohuur InsyaAllah..
    Coba hubungi bu Aminah 02132553232, beliau bukan dokter tapi keahliannya bisa diandalkan.

    human

    June 26, 2009 at 18:00

  3. Assalamu’alaikum.
    Dok,jika BAK terasa sakit pada organ vital wanita dan terkadang terasa “anyang2an” (air seni keluar sedikit2 di sertai rasa sakit,terasa ingin BAK terus).
    Herbalnya apa ya dok.
    Jazakallohukhoiran.
    Wassalam.

    @Wa’alakimussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh.
    Umumnya keluhan tersebut disebabkan karena Infeksi Saluran Kemih (ISK), namun demikian sebaiknya dilakukan pemeriksaan “urin rutin” untuk memastikan dan mengetahui apabila didapatkan penyakit lain yang menyertai.

    Sedikit tips berikut mudah-mudahan bisa membantu :
    1. Banyak minum air hangat
    2. Minum sari kurma 3×2 sendok makan sehari
    3. Konsumsi rebusan daun keji beling/kumis kucing 2x sehari

    Semoga bermanfaat

    Bunda oppie

    June 21, 2009 at 21:57

  4. Bismillaah.
    dr. abu hana yang semoga Allah subhanahu wata’ala selalu menjaga antum.
    ana mau bertanya dokter, apakah referensi-referensi tentang bekam yang banyak tersebar dipasaran saat ini bisa dijadikan pegangan. karena saya melihat ada perbedaan di beberapa titik. sebenarnya titik-titik mana saja sih yang pernah dipraktikkan oleh Rasulullaah dalam hal hijamah (yang terdapat pada keterangan hadits-hadits Rasulullaah)?

    @ abu muhammad, Sebenarnya buku sudah banyak membantu bagi mereka yang memiliki background pendidikan medis karena titik bekam bisa juga berdasarkan letak organ secara anatomi. ana menyarankan antum untuk mengikuti kursus/pelatihan bekam karena ada beberapa hal yang di buku agak kurang jelas dan ada khilaf diantara beberapa praktisi bekam di Indonesia.

    Mudah-mudahan pada kesempatan lain ana bisa menampilkan titik bekam tersebut di blog ini, sekarang masih ana persiapkan atlas/gambar anatominya.

    abu muhammad andi

    June 17, 2009 at 09:05

  5. @ Bu Nita, Penyakit Meniere adalah suatu kelainan labirin yang etiologinya belum diketahui dan mempunyai trias gejala yang khas : gangguan pendengaran, tinitus, dan serangan vertigo. terutama terjadi pada wanita dewasa.

    Patofisiologinya adalah hidrops (pembengkakan) endolimfe akibat penyerapan endolimf dalam skala media oleh stria vaskularis terhambat.

    1. Dengan bekam (hijamah) untuk penyakit tersebut InsyaAllah akan banyak berkurang. pasien-pasien vertigo sudah banyak membuktikannya. Lakukanlah minimal 5x dengan jarak antara terapi 1,2,dst.. selama 2 minggu.

    cuma menambahkan.
    dok. bisa bekam titik kepala (ummu mughit) dan di bawah telinga.. .serta titik liver dan ginjal bisa tiap minggu/ atau kalao kondisi pasien ok. bisa lakukan tiap 2 iinggu. efektif titik kepala bisa 1/ 2 kali ( 2 minggu) telinga 1/2 kalai, liver n gnjal.. bisa tiap minggu sampai 12 kali (3 bulan)
    kepala tiap minggu

    selamat mencoba…
    afwan ya dok.

    @ Jazaakallaahu khairan atas informasinya, sangat bermanfaat..

    Abu Thalhah, bagaimana dengan titik bekam untuk pasien thalasemia, anemia aplastik dan leukemia. Barangkali antum punya referensi dan pengalaman mengenai hal ini ?

    susilo priadi

    June 14, 2009 at 16:11

    • bismillah. akh dokter, semoga allah merahmatinya…
      fungsi bekam yang utama adalah melancarkan sistem peredaran darah…dengan membuang blood statis dan mengganti sel baru..(regereasi regenerasi sel kurang lebih 120 hari, makanya bekam efektif adalah bekam 3 bulan tiap minggu…istirahat 2 bulan lalu lanjutkan selama 3 bulan lagi, jika kurang berkesan bisa lanjutkan 3 bulan lagii.

      untuk penyakit seperti seperti anemia aplastik, leukimia, thalesemia.. mungkin akh dokter lebih paham penyakit ini. yang ana ketahui bahwa ini penyakit adalah bukan kaitannya sel darah normal, melainkan memang kelainan sel darah.
      bekam tidak efektif untuk kasus kasus dengan penyakit kelainan sel darah…
      dan juga tidak sangat mudah untuk tyharpi menterapi bekam dengan kasus ca… perlu waktu lama… untuk efektif dalam membersihkn darah adalah dengan garam… ini efektif, seoga bermanfaat..

      @ Jazaakallaahu khairan Pak Susilo atas komentarnya,
      sangat menambah pengetahuan bagi kita semuanya..

      susilo priadi

      June 18, 2009 at 13:20

  6. Menanggapi jawaban imunisasi:

    Lalu apa yg harus dilakukan seorang bidan mengenai imunisasi tsb?
    sementara sekarang lg gencar2nya vaksinasi gratis (LIL).
    dan bidan jg mempunyai tugas memberikan imunisasi rutin pada bayi di wilayah kerjanya.

    Bagaimana ini Dok?

    @ Pertanyaan yang sulit,
    mohon dipertimbangkan baik dan buruknya, manfaat dan mafsadah (fitnah, dll) jika memang sedang tugas..
    kalau saya memilih untuk meninggalkannya. Wallaahu ‘alam.

    Ummu Yahya al-Kadiry

    June 10, 2009 at 15:57

  7. Assalamu’alaykum Warohmatulloh Wabarokatuh..

    Dokter, tolong dijelaskan (menurut sumber yg paling dipercaya) tentang bahan dasar vaksin imunisasi (terutama Polio, BCG, DPT, Hb, campak)???

    Bagaimana hukum yang paling rojih mengenai pemberian imunisasi tersebut??

    Jazaakumulloh khoiron katsiir..
    Wassalamu’alaykum warohmatulloh wabarokatuh..

    @ Wa’alakumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh..

    Silahkan membaca buku Imunisasi, DAMPAK DAN kONSPIRASI (edisi revisi terbaru), karya Ummu Salamah, SH, Hajjam (hubungi 021-92678315 atau 021-7412151)
    atau kunjungi : http://imunisasihalal.wordpress.com dan http://www.halalguide.info/
    untuk tulisan saya tentang Imunisasi masih lama, karena masih mengumpulkan bahan-bahannya.

    salahsatu point dari saya :
    “semua vaksin dibuat dari kuman/virus dengan proses teknologi tertentu, sedangkan yang saya ketahui kuman/virus bukan sesuatu yang baik (thoyyib).

    Diriwayatkan oleh Imam Muslim dan yang lainnya dari sahabat Abu Hurairah Radhiallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam melarang berobat dengan sesuatu yang khobis (jelek).

    Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari sahabat Ibnu Mas’ud Radhiallaahu ‘anhu: “Sesungguhnya Allah tidak menjadikan obat bagi kalian dari hal-hal yang diharamkan”.

    Bukankah kita diperintahkan untuk mengkonsumsi yang halal dan thoyyib..?
    seandainya vaksin bisa dibuat dari bahan yang halal dan thoyyib, tentu saya pasti mendukungnya..”

    Wallaahu ‘alam bish showab.

    Ummu Yahya al-Kadiry

    June 9, 2009 at 14:55

  8. saya mau bertanya tentang penyakit sindrom meniere yang sa ya alami 3 bulan ini. Obat herbal apa yang bisa saya konsumsi.
    Rasa ada tekanan yang menyumbat di dalam telinga sebelah kiri dan suara gemuruh angin masaih sangat besar sehingga menyebabkan agak pusing di kepala untuk vertigo sudah 50 % berkurang walaupun untuk sujud masih belum bisa karena agak berkunang2 dan seperti ada cairan dalam kepala yang ikut turun ke bawah kalau untuk sujud jadi sampai sekarang saya hanya duduk kalau shalat. Untuk pendengaran ada kemajuan sedikit mungkin volumen 4 untuk telinga kiri belum bisa ful normal tapi 3 bulan yang lalu sempat hilang. Bagaimana dok karena rumah saya agak jauh dari situ mungkin bisa informasikan obatnya.

    @ Bu Nita, Penyakit Meniere adalah suatu kelainan labirin yang etiologinya belum diketahui dan mempunyai trias gejala yang khas : gangguan pendengaran, tinitus, dan serangan vertigo. terutama terjadi pada wanita dewasa.

    Patofisiologinya adalah hidrops (pembengkakan) endolimfe akibat penyerapan endolimf dalam skala media oleh stria vaskularis terhambat.

    1. Dengan bekam (hijamah) untuk penyakit tersebut InsyaAllah akan banyak berkurang. pasien-pasien vertigo sudah banyak membuktikannya. Lakukanlah minimal 5x dengan jarak antara terapi 1,2,dst.. selama 2 minggu.

    2. Carilah daun inai/henna/pacar tumbuk dan tempelkan di kepala 3 x sehari

    3. Minumlah sari kurma 3x 3 sendok makan/hari, boleh ditambah air hangat.

    4. Rutin minum habbatussauda 3×1 kapsul saja.

    Thohuur InsyaAllah..

    nita

    June 8, 2009 at 09:44

  9. assalamuaaikum
    dokter yang kami hormati, saya mau nanya
    kenapa setiap kali istri ana sakit panas disertai mual2 tulangnya terasa nyeri????
    obat apakah yang baik dikonsumsi untuk mengobati panas dan mual yang disertai nyeri tulang itu dok???
    atas jawabannya ana ucapkan jazakallohu khoiron.

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh

    Wallaahu ‘alam sebaiknya harus diperiksakan dulu agar lebih fokus.
    Umumnya apabila demam disebabkan karena virus seperti pada kasus ISPA (batuk, pilek), chikungunya, gondongan, dll maka akan menyebabkan keluhan sakit-sakit di sendi, pusing, nafsu makan menurun, dll.

    Obat herbalnya : talbinah, sari kurma atau jahe
    Terapi utamanya adalah dengan Bekam (Hijamah) sekaligus untuk pencegahan, InsyaAllah.

    Baarokallaahu fiikum..

    tarkadi

    June 1, 2009 at 19:50

  10. Bismillah.
    Assalamu’alaykum warrahmatullahi wabaraakatuh.
    Dokter afwan ana mau tanya, di klinik dokter apakah tersedia juga herbal-herbalnya?
    Dan indikasi dari gejala penyakit apa jika terdapat garis-garis vertikal di semua kuku jari tangan?
    Jazakumullahu khairan katsiran wa barokallahu fiikum.

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh
    1. Alhamdulillah sebagian herbal tersedia.
    2. Wallaahu ‘alam, jika menurut ilmu Palmistry hal tersebut jika didapatkan pada kuku ibu jari apalagi juga terdapat di jari tengah menunjukkan sudah mulai adanya peningkatan kadar asam urat darah, untuk pastinya silahkan di cek secara laboratorium.

    Evi

    June 1, 2009 at 12:09

  11. pak dr, sy mau nanya ?????
    kenapa orang haid, sedang hamil, orang mengkomsumsi obat pengencer darah,orang yang menderita penyakit diabetes, hemofilia, itu gak bisa dibekam ???????

    mohon dijawab ya dok….karena saya butuh informasinya…..
    terima kasih sebelumnya dok…..

    wassalam…

    @ lebih tepatnya bukan tidak boleh, tetapi harus dilakukan oleh ahli bekam yang berpengalaman, dilakukan secara bertahap dan memperhatikan kondisi umum pasien.
    Perlu pengawasan ekstra bagi pasien hemofili karena kelainan tersebut menyebabkan risiko perdarahan yang lebih besar akibat tidak adanya faktor yang berperan untuk menghentikan perdarahan.. begitu juga sama halnya dengan orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.
    untuk orang haid, sedang hamil, diabetes, silahkan baca disini..
    Baarokallaahu fiik.

    diana

    May 28, 2009 at 10:43

  12. assalamu alaikum wr.wb
    dok, anak saya berusia 1,2 tahun divonis dokter terkena flek,terus disuruh terapi selama minimal 6 bulan,setelah 1 bulan anak saya kontrol saat itu kondisinya sangat lemah krn sudah 3 hari gak mau makan dan muntah-muntah.

    dokter merujuk untuk tes SGPT,saya kaget begitu melihat hasilnya,yang tadinya sebelum terapi hanya 26 sekarang kok 467.dokter bilang fungsi livernya tinggi dan terapi harus dihentikan.

    seberapa berbahayakah sgpt segitu dok?apa yang harus saya lakukan,mohon bantuannya.smoga allah membalas dg kebaikan yg berlipat.terima kasih
    wassalamu alaikum wr.wb

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh

    Pak Teguh, Obat anti tuberculosis (flek) terdiri dari isoniazid (INH), rifampisin, pirazinamid, dan etambutol/streptomisin, dan tiga obat yang disebut pertama bersifat hepatotoksik (bisa merusak fungsi hati/liver). Oleh karena memang ada efek samping seperti itu, sehingga pemberiannya harus benar-benar diperhatikan. Pertama, perhatikan terhadap fungsi hepar pra-terapi, kedua dengan pemberian simultan bersama obat-obat roborantia, ketiga dengan kontrol teratur karena jenis/jumlah obat TB akan disesuaikan dengan perkembangan penderitanya.

    Dengan kadar SGPT yang seperti itu tentu obat yang diberikan harus di stop/diturunkan dosisnya mengingat daya tahan anak pak teguh nampaknya tidak dapat mengkompensasi obat yang diberikan. Saran saya :

    1. Senantiasa konsultasikan penyakit anak Bapak dengan dokter spesialis anak (Sp.A). jika merasa kurang sreg bisa mencari Sp.A lain untuk mencari “second opinion” dan mendapatkan solusi terbaik untuk kelanjutan terapinya.
    2. Konsumsi ASI secara penuh mengingat hanya itulah antibiotik alamiah terbaik untuk anak anda yang baru berusia 1,2 tahun.
    3. Setiap hari berikanlah sari kurma 1 sendok makan (boleh dicampurkan dengan 1 sendok teh minyak habbatussauda sebagai anti TB alamiah) diencerkan dalam 1 gelas air hangat 200cc, diberikan sesering mungkin, sangat baik untuk roborantia, menambah energi dan kalori.
    4. Bisa diberikan susu kambing segar 2x sehari, sangat baik untuk fungsi paru-paru. dengan catatan tidak menyebabkan keluhan mencret, dll.

    Semoga informasi ini bermanfaat dan mudah-mudahan anaknya Pak Teguh lekas sembuh. Tetaplah berdo’a karena hanya Allah Ta’ala yang Maha memberi kesembuhan dan jangan putus asa serta teruslah berikhtiar..

    Thohuur InsyaAllah..

    teguh

    May 27, 2009 at 19:23

  13. Assalamu’alaykum warahmatullohiwabarakatuh

    Afwan jiddan
    ana minta izin copy artikel-artikel yang ada di website ini untuk dimasukkan di rubrik kesehatan website kami (www.almakassari.com)

    JazakaLlohu khoir
    @bu kholil Habibi

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh.
    Tafaddhol akhi Habibi, Baarokallaahu fiikum

    @bu kholil habibi

    May 19, 2009 at 20:51

  14. Asswrwb

    maap dokter saya habis dibekam 2 hari lalu, namun sekarang badan saya malah gak enak. perut jadi mual dan rasa badan dingin. apakah ini infeksi? soalnya saya ikut bekam massal, mungkin kurang steril. atau apakah ini efek biasa yang bisa hilang dengan sendirinya. saat dibekam saya merasa kunang2 juga.apa yang harus dilakukan dok? terimakasih

    @ Wa’alaikumussalaam Warohmatullaahi Wabarokatuh.

    apakah ini infeksi? soalnya saya ikut bekam massal..
    @ masih ada beberapa kemungkinan :
    1. Reaksi tubuh karena sumber penyakit sudah dikeluarkan, dan sistim imun tubuh berusaha memperbaiki sendiri kerusakan dari beberapa organ tubuh yang bermasalah (baca=sakit). Umumnya dalam 3-5 hari kondisi seperti tadi akan menghilang, dan kondisi tubuh anda akan berangsur-angsur membaik. Jika terjadi, maka cukup mengkonsumsi sari kurma 3×3 sendok makan dan jahe manis/madu hangat.

    2. Infeksi akibat penggunaan alat yang tidak steril, cirinya : di bagian luka bekam tersebut mengalami pembengkakan dan merah, kadang disertai keluarnya cairan seperti nanah dan jika dipegang luka tersebut terasa hangat. JIka terjadi yang demikian maka perlu diperiksakan ke dokter untuk dibersihkan dan diberi antibiotika.

    Subhaanallah, bekam sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Merupakan Sunnah Nabawiyah yang mulia dan telah banyak ditinggalkan. Sayangnya, pengetahuan yang minim dari beberapa orang pembekam tentang masalah sterilisasi dan dasar-dasar medis akan menjadikan “citra” yang kurang baik. Jadi, hati-hatilah dan jangan asal memilih terapis bekam..

    Semoga bermanfaat.

    BARLI

    May 14, 2009 at 14:06


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s