طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

4 RESEP SEHAT THIBBUNNABAWI MENURUT IMAM SYAFI’I : 4 Hal yang melemahkan/memperkuat tubuh, 4 Hal yang melemahkan/menajamkan penglihatan, 4 Hal yang bisa memperkuat hubungan seks, 4 Hal yang bisa meningkatkan intelegensi otak

with 5 comments


4 RESEP SEHAT THIBBUNNABAWI MENURUT IMAM SYAFI’I : 4 Hal yang melemahkan/memperkuat tubuh, 4 Hal yang melemahkan/menajamkan penglihatan, 4 Hal yang bisa memperkuat hubungan seks, 4 Hal yang bisa meningkatkan intelegensi otak

Oleh : dr.Abu Hana

Imam Safe’i memiliki nama lengkap Muhammad bin Idris bin Al-Abbas bin Utsman bin Syaafi’ bin As-Saai’b bin ‘Ubaid bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Al- Muththalib bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai. Nasab beliau bertemu dengan nasab Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam pada Abdu Manaf, sedangkan Al-Muththalib adalah saudaranya Hasyim (bapaknya Abdul Muththalib).

Imam Ahmad bin Hambal berkata, “Sesungguhnya Allah telah mentakdirkan pada setiap seratus tahun ada seseorang yang akan mengajarkan Sunnah dan akan menyingkirkan para pendusta terhadap Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam. Kami berpendapat pada seratus tahun yang pertama Allah mentakdirkan Umar bin Abdul Aziz dan pada seratus tahun berikutnya Allah menakdirkan Imam Asy-Syafi`i”.

Imam Asy-Syafi`i termasuk Imam Ahlus Sunnah wal Jama’ah, beliau jauh dari pemahaman Asy’ariyyah dan Maturidiyyah yang menyimpang dalam aqidah, khususnya dalam masalah aqidah yang berkaitan dengan Asma dan Shifat Allah subahanahu wa Ta’ala.

KATA-KATA HIKMAH IMAM ASY-SYAFI`I

“Kebaikan ada pada lima hal: kekayaan jiwa, menahan dari menyakiti orang lain, mencari rizki halal, taqwa dan tsiqqah kepada Allah. Ridha manusia adalah tujuan yang tidak mungkin dicapai, tidak ada jalan untuk selamat dari (omongan) manusia, wajib bagimu untuk konsisten dengan hal-hal yang bermanfaat bagimu”.

Imam As-Syafi’i rahimahullah menyatakan :

4 hal yang bisa memperkuat tubuh : Makan Daging, mencium wewangian, sering mandi meski tidak bersetubuh dan mengenakan pakaian katun.

4 hal yang bisa melemahkan tubuh : Terlalu sering bersetubuh, terlalu sering murung, terlalu banyak minum air dan terlalu banyak makan asam.

4 hal yang bisa memperkuat penglihatan : Duduk menghadap Ka’bah, memakai celak sebelum tidur, melihat yang hijau-hijau, dan membersihkan majlis/ruangan.

4 hal yang bisa melamahkan penglihatan : Melihat yang kotor-kotor, melihat salib, melihat kemaluan wanita dan duduk membelakangi Ka’bah.

4 hal yang bisa memperkuat hubungan seks : Memakan anak burung, jamur truffle (besar), kacang tanah dan uir-uir belalang (nama sejenis kacang).

4 hal yang bisa memacu kemampuan otak: Meninggalkan ucapan yang tidak berguna, bersiwak, duduk bersama orang shalih dan berkumpul dengan para ‘ulama.

Sumber : Ath-Thibbun Nabawy Karya Ibnul Qayyim AlJauziyah, hal.320 Penerbit Daar Ats Tsaqofah Al-Islamiyah, Beirut.

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. assalamu”alaikuum akhy/ukhty
    afwaan udah kopy ke fb.,.,gak pha2 kan dmi kmaslahatan islam insyaallaah,,.,.

    mufty

    July 27, 2012 at 16:57

  2. […] merupakan alat bantu untuk mengoreksi kelainan refraksi (pembiasan atau penyimpangan arah), atau kelainan penglihatan yang disebabkan adanya ketidaksesuaian optik (sistem pencahayaan) pada […]

  3. Assalamu ‘alaikum wr wb,
    bolehkah ana ikut mensyiarkan tulisan2 di blog ini untuk saudara2 kt yg lain? insya Allah ana sertakan sumber penulisnya. Jzkllah khoir

    @ Wa’alaikumussalaam warohmatullaahi wabarokaatuh.
    tafaddholu, silahkan..

    nonny

    July 10, 2011 at 23:23

  4. minta izin untuk mngkopi di facebook sebagai catatan dg mencantumkan alamat asal.

    @silahkan pak..

    Tri widodo

    February 2, 2010 at 10:57

  5. masya alloh

    luqman abdillah

    February 1, 2010 at 09:00


Bagaimana menurut Anda?