طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

HUKUM MIMPI BASAH DI SIANG RAMADHAN

with 10 comments


Tanya :  Apabila seorang yang berpuasa bermimpi dan mengeluarkan air mani (mimpi basah) pada waktu siang di bulan Romadlon apakah membatalkan puasa ?

Dan apakah wajib baginya untuk menyegerakan mandi janabah (mandi wajib)?

Jawab : Tidak membatalkan puasa karena bukan dari kehendak dan kemauannya, dan wajib baginya untuk mandi janabah.

Misalnya, kalau ada seseorang bermimpi mengeluarkan air mani pada waktu setelah sholat fajar/subuh dan menunda mandi janabah (mandi wajib)nya sampai masuk waktu sholat dhuhur, maka yang demikian tidak apa-apa. Seorang suami/istri yang berjima’ pada malam bulan Romadlon dan menunda mandi janabahnya sampai masuk waktu fajar/subuh, yang demikian tidak apa-apa. Karena sesungguhnya Rosululloh pernah berjima’ dengan istrinya pada malam hari dan masih dalam keadaan junub di waktu subuh, kemudian beliau mandi janabah dan menjalankan puasa.

Demikian juga wanita yang haid dan nifas, apabila keduanya suci/bersih pada waktu malam (setelah habis waktu sholat isya’) maka boleh baginya menunda mandi janabah sampai waktu shubuh kemudian berpuasa. Tetapi tidak boleh bagi keduanya menunda mandi janabah atau sholat sampai terbitnya matahari.
Wajib baginya bersegera mandi janabah setelah masuk waktu subuh dan menjalankan sholat tepat pada waktunya. (Syaikh bin Baaz).

(Di terjemahkan oleh Al Ustadz Abu ‘Isa Nurwahid dari Kitab Fatawa As Shiyam Syaikh bin Baz dan Syaikh Utasimin, Syarhul Mumthi’ Ibnu Utsaimin, Ijabatus Sail Syaikh Muqbil bin Hadi Rahimahullah )

Sumber : Buletin Da’wah Al-Atsary, Semarang. Edisi 17 / 1427 H

10 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Kalau sesudah zhurr gmna

    Rifa royya al islami

    July 13, 2013 at 13:18

  2. makasih infonya. sangat bermanfaat

    rizal

    July 26, 2012 at 11:10

  3. alhamdulillah terimakasih atas info nyo…saya kira puasa saya batal…abis ngk tau knapa bsa mimpi gituan..!!! :D

    hamba ALLAh

    July 24, 2012 at 11:37

  4. wahh alhamdulillah gak batal makasih mas :D

    Limit Post

    July 23, 2012 at 09:23

  5. terima kasih atas penjelasanya dan menambah pengatuhan agama saya terutama di bulan suci ramadhan…………………… karna saya ndak perpuasa saya sudah mimpi basah dan saya sangat menyesal ndak puasa gara2 mimpi basah, pengatuhan agama saya kurang , terimakasih atas informasinya,

    yakobussss

    July 22, 2012 at 14:32

  6. Syukur Alhamdulillah dari penjelasan di atas aku dapat mengetahui gimana jelasnya tentang hukum mimpi basah pada saat bulan Ramadhan…………
    Hal ini memberiku keyakinan yang mantap untuk terus dapat menjalankan puasa di bulan ramadhan ini……..
    semoga puasa kali ini aku mendapat berkah dari Allah SWT,Amin yaa robbal Alamin………….

    ahria

    August 13, 2011 at 08:32

  7. syukur alhamdulillah puasaku tdk btal,karena slepas subuh tadi termimpi basah dan segera pergi mandi wajib…

    ymn

    August 6, 2011 at 13:40

  8. Ass aku HAMID riwatanya membantu aku moga ramadhan tahun ini lebih dari kemarin amin.

    ya

    August 1, 2011 at 09:22

  9. Trimakasih atas artikel di atas, sungguh sangat bermanafaat kiranya bagi saya.

    khahil

    March 24, 2011 at 05:39


Bagaimana menurut Anda?