طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

(TERBARU) DOWNLOAD KUMPULAN SOAL TRY OUT dan GUDANG SOAL LENGKAP UKDI 2011 DAN JAWABAN| Uji Kompetensi Dokter Indonesia | FK UI, UNDIP, TRISAKTI, YARSI

with 3 comments


(TERBARU) KUMPULAN SOAL DAN TRY OUT UKDI (UJI KOMPETENSI DOKTER INDONESIA) 2011


UKDI adalah uji kompetensi yang harus ditempuh oleh dokter yang baru lulus Fakultas Kedokteran atau Program Studi Pendidikan Dokter atau habis masa berlaku registrasinya sebagai salah satu syarat untuk mengurus registrasi di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Tujuan

Tujuan dari Uji Kompetensi Dokter Indonesia adalah untuk memberikan informasi berkenaan kompetensi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dari para lulusan dokter umum secara komprehensif kepada pemegang kewenangan dalam pemberian sertifikat kompetensi sebagai bagian dari persyaratan registrasi, untuk kemudian seorang dokter dapat mengurus pengajuan surat ijin praktek dokter atau “medical license”

Sejarah UKDI

Cikal bakal UKDI adalah adanya proyek Bench Marking yang diadakan oleh DIKTI untuk menilai keberhasilan institusi kedokteran dan peningkatan mutu Fakultas Kedokteran (FK). Pada awalnya proyek ini diujicobakan di empat fakultas kedokteran yaitu FK UI, FK UNPAD, FK UGM dan FK UNDIP dengan FK UNPAD sebagai kordinator. Kemudian diikuti oleh FK-FK lain yaitu FK USU, FK Atmajaya, FK Unhas, FK Unair yang kemudian menjadi tim dalam pembuatan Bench Marking tersebut. Aspek benchmarking merupakan upaya pengembangan kapasitas dalam ujian dan merupakan penelitian selama kurang lebih 3 tahun untuk melihat pengetahuan dokter. Tes benchmarking merupakan suatu pilihan yang dapat diikuti ataupun tidak oleh suatu institusi kedokteran, intinya bukan merupakan suatu keharusan. Dari hasil benchmarking tersebut, ditemukan adanya ketidakmerataan hasil yang diperoleh. Ada dokter-dokter yang dapat mengerjakan ujian dengan sangat baik, ada yang sedang-sedang saja, bahkan ada yang berada di bawah standard. Dengan hasil tersebut, kedepannya dianggap perlu ada ujian nasional untuk menjadi jaminan mutu dan akuntabilitas publik terhadap seorang dokter. Yang mana jika seorang dokter telah lulus melewati ujian kompetensi berskala nasional tersebut, dokter tersebut dianggap terjamin untuk melakukan praktek kedokteran di seluruh daerah di Indonesia. Soal-soal yang dimasukkan dalam ujian tersebut juga harus soal-soal yang berskala nasional. Sehingga lahirlah UKDI.

Seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan masalah kesehatan, UKDI dianggap merupakan langkah yang sangat baik dalam mengembangkan pengetahuan seorang dokter. Seorang dokter dituntut untuk terus me-update ilmu pengetahuannya. Hal ini dianggap mampu menjamin kualitas seorang dokter dalam pengabdiannya kepada masyarakat

Menurut Prof. dr. Irawan, Ph.D sebagai ketua AIPKI (Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia, uji kompetensi dokter diselenggarakan untuk menilai kompetensi seorang dokter apakah layak atau tidak. Tujuannya untuk menstandarisasi kompetensi setiap dokter lulusan berbagai fakultas kedokteran di seluruh Indonesia sehingga dapat meningkatkan kualitas dokter-dokter serta penerapan long life learning.

UKDI ditinjau dari sisi hukum

Kebutuhan atas dokter saat ini baik dari segi kuantitas maupun kualitas makin meningkat. Paradigma pengelolaan pendidikan kedokteran pada saat ini semakin menuntut adanya standarisasi, akuntabilitas, inovasi/pengembangan, serta penjaminan kualitas proses dan lulusan pendidikan kedokteran di Indonesia.

Berkenaan dengan hal itu, ada upaya penataan praktik kedokteran di Indonesia. Saat ini telah diberlakukan beberapa peraturan mulai dari

  • Undang – Undang no 29 tahun 2004 tentang praktik kedokteran,
  • Permenkes no 1419 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Praktik Dokter & Dokter Gigi
  • peraturan Konsil Kedokteran Indonesia no 1 tahun 2005 tentang registrasi dokter dan dokter gigi, yang mana dinyatakan bahwa izin praktik dapat diberikan kepada seorang dokter setelah mendapatkan sertifikat lulus uji kompetensi.

Dengan demikian saat ini dibutuhkan suatu perangkat uji kompetensi dokter sebagai upaya dari aktualisasi berbagai peraturan praktik kedokteran tersebut dalam rangka peningkatan dan standarisasi kualitas dokter Indonesia. Menindaklanjuti pemberlakuan peraturan – peraturan di atas, AIPKI (Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia) berupaya untuk berperan aktif dalam upaya pengembangan dan implementasi uji kompetensi tersebut dengan harapan bahwa hal tersebut dapat mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan kedokteran di Indonesia. mereka juga mengajak PDKI (Persatuan Dokter Keluarga Indonesia) untuk merealisasikan hal tersebut, karena dokter keluarga sendiri masih dianggap sebagai dokter umum. 3 stake holder tersebut (Kolegium Dokter Indonesia, AIPKI, dan PDKI) menjadi komite bersama dalam perwujudan UKDI.

Adapun undang-undang Praktek Kedokteran No. 29 tahun 2004 yang menyangkut Uji Kompentensi Dokter Indonesia, Surat Tanda Registrasi dan Surat Ijin Praktek antara lain :

Pasal 29 ayat 1: menyangkut persyaratan melakukan praktek kedokteran di Indonesia wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR)

Pasal 29 ayat 3 : persyaratan memperoleh STR termasuk didalamnya memiliki sertifikat kompetensi yang didapat dari UKDI.

Pendidikan dokter saat ini

Pada konsep kurikulum berbasis kompetensi, penilaian kompetensi seseorang dilihat dari tiga aspek, yakni kognitif, psikomotorik, dan afekif. Sedangkan uji kompetensi dokter ini hanya menilai aspek kognitif saja, lalu bagaimana dengan aspek lainnya? Dr. Abdul Kadir, Sp. THT mengungkapkan aspek yang dinilai dalam UKDI hanya pengetahuan dokter, sedangkan masalah praktek dinilai saat ini masih sangat sulit untuk dilaksanakan.

Kualitas Pelayanan Kedokteran

Kualitas pelayanan kedokteran yang baik adalah pelayanan kedokteran yang memenuhi unsur kompetensi, hubungan yang baik antara dokter – pasien ,dan antar sejawat, serta ketaatan pada etika profesi.

Kompetensi adalah kemampuan minimal dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, serta sikap dan perilaku professional untuk dapat Melakukan kegiatan di masyarakat secara mandiri. Dalam melaksanakan profesinya dokter harus selalu mempertahankan dan meningkatkan kompetensinya.

Standar Kompetensi Dokter

    Kompetensi dokter layanan kedokteran primer termuat dalam dokumen Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2006 berjudul “STANDAR KOMPETENSI DOKTER” yang menjabarkan dalam 7 area kompetensi :
    1. AREA KOMUNIKASI EFEKTIF; mampu menggali dan bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dengan pasien semua usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega, dan profesi lain.
    2. AREA KETERAMPILAN KLINIS; melakukan prosedur klinis dalam menghadapi masalah kedokteran sesuai dengan kebutuhan pasien dan kewenangannya.
    3. AREA LANDASAN ILMIAH ILMU KEDOKTERAN; mengidentifikasi, menjelaskan, dan merancang penyelesaian masalah kesehatan secara ilmiah menurut ilmu kedokteran-kesehatan mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.
    4. AREA PENGELOLAAN MASALAH KESEHATAN : mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, bersinambung, koordinatif, dan kolaboratif dalam konteks pelayanan kesehatan primer.
    5. AREA PENGELOLAAN INFORMASI : mengakses, mengelola, menilai secara kritis kesahihan dan kemamputerapan informasi untuk menjelaskan dan menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan dalam kaitan dengan pelayanan kesehatan di tingkat primer.
    6. AREA MAWAS DIRI DAN PENGEMBANGAN DIRI : melakukan praktik kedokteran dengan penuh kesadaran atas kemampuan dan keterbatasannya; mengatasi masalah emosional, personal, kesehatan, dan kesejahteraan yang dapat mempengaruhi kemampuan profesinya; belajar sepanjang hayat; merencanakan, menerapkan, dan memantau perkembangan profesi secara sinambung.
    7. AREA ETIKA, MORAL, MEDIKOLEGAL DAN PROFESIONALISME SERTA KESELAMATAN PASIEN : berprilaku profesional dalam praktik kedokteran serta mendukung kebijakan kesehatan; bermoral dan beretika serta memahami isu etik maupun aspek medikolegal dalam praktik kedokteran; menerapkan program keselamatan pasien.

Sumber :  http://dokter-medis.blogspot.com/2009/07/uji-kompetensi-dokter-indonesia-ukdi.html


DOWNLOAD  KUMPULAN SOAL UKDI LENGKAP 2011 semuanya di Soal Tryout 030410 Tipe I tau download yang  VERSI TERLENGKAP  (dalam bentuk zip-WINRAR) disini atau Gudang_Soal_UKDI

Contoh Soal TryOut Tanggal 3 April 2010 / Tipe I

  1. Seseorang mendaki gunung, ditemukan TIM SAR tidak sadarkan diri. Pucat, TD 90/70, nadi 100 x/mnt, RR 28 x/mnt. Sampai di rumah sakit, dia sadar. Pada pemeriksaan ditemukan apa?
    1. Alkalosis respiratorik
    2. Asidosis respiratorik
  1. Wanita, mengeluh bengkak pada ibu jari kaki kanan sejak 2 hari yang lalu. Keadaan ini sering kambuh-kambuhan sejak tiga bulan yang lalu. Pada pemeriksaan lab, kadar asam urat = 15. Pengobatan?
    1. Alupurinol
    2. Probenisid
  1. Wanita, P2A1, post op KET 1 bulan yang lalu. Ia ingin menggunakan KB selama 3 tahun, tetapi menstruasi tetap lancar dan efektif mencegah kehamilan. Suami menolak menggunakan kondom dan pantang berkala. KB apa yang sesuai?
    1. Pil
    2. Implan
  1. Diadakan penelitian untuk mengetahui risiko infark pada wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal. 160 org pernah menderita infark dan 3000 tidak pernah menderita infark. 25 org yang menggunakan kontrasepsi dan mengalami infark, sedangkan 300 org yang menggunakan kontrasepsi tetapi tidak pernah mengalami infark. OR / odd ratio?
  1. Fraktur pada fibula bagian kepala dan leher. Tidak bisa melakukan gerakan apa?
    1. Dorsofleksi
    2. Plantarfleksi
  1. Diadakan penelitian untuk mengetahui kejadian anemia pada sampel sebanyak 120 org. Pada 1 Januari 2009, terdapat 30 org yang menderita anemia. Pada 31 Desember 2009, ditemukan 10 org yang menderita anemia dari yang sebelumnya tidak anemia. Insidens?
    1. 40/120
  1. Laki-laki, keluhan à mata kabur sejak 1 minggu yang lalu, nyeri, sulit membuka mata, sakit bila ditekan, penglihatan menurun, … Injeksi silier dan …, hipopion +, …Diagnosis?
    1. Konjungtivitis akut
    2. Iritis akut
    3. Glaukoma akut
    4. Simpatetik oftalmia
    5. Reaksi alergi
  1. Pada panggul sempit relatif, ukuran apa yang dilihat?
    1. Konjugata vera
    2. Konjugata transversa
    3. Konjugata  oblik
  1. Kecelakaan à pasien menabrak pembatas jalan, tidak sadar, luka di kepala, jejas di abdomen dan pelvis. Tindakan yang pertama dilakukan di tempat kejadian?
    1. Jalan napas
    2. Minta bantuan

10.  Anak dengan berat badan di bawah garis kurva. Ratio berat badan dan … masih normal. Rambut pubis dan ketiak sedikit. Pemeriksaan yang perlu dilakukan?

  1. CT Scan hipofisis
  2. Periksa hormon hipofisis


11.  obat yang paling tepat pada pasien post acut streptococcus …. pH 5,6 ialah

a. Furosemid

b. Hidrotiazid

c. Spironolakton

12.  Pasien perempuan 18 tahun mengeluh panas menggigil, nyeri pinggang kiri, sering buang air kecil, pada pemeriksaan urin ditemukan bakteri gram negative. Penyebab yang paling mungkin adalah…..

13.  perempuan 56 tahun, bengkak seluruh tubuh. Punya riwayat penyakit jantung. Peyebab udem…

a. peningkatan hidrostatik interstitial

b.peningkatan onkotik interstitial

c.penurunan onkotik ekstraseluler

d.penurunan tekanan vena

14.  obat antidiabetik yang sering mengakibatkan hipoglikemi….

15.  pada pasien yang menggunakan insulin bila ia lupa menngunakan insulin pada pemeriksaan ditemukan penurunan

a. plasma glukagon

b……

16.  hasil Ct Scan : Hiperdens binconveks fraktur garis temporal kiri, kesadaran somnolen……

a. perdarahan epidural

b. perdarahan subdural

c…

d. perdarahan subaracnoid

17.  tujuan pemberian manitol 20%

Jawab penurunan tekanan intracerebral

18.  bayi 1 hari infeksi bernanah kedua mata, ibunya sakit saat BAK dan keputihan. Hal ini disebabkan oleh….

Jawab : Neiseseria gonorrhoe

19.  tiga bulan kulit kemerahan, kering, skuama tebal, fissure…

Jawab : melapisi kulit dengan emolien

20.  pemeriksaan obstetric 2 jari di atas simfisis

Jawab : usia kehamilan sekitar 12 minggu

21.  laki- laki tabrakan kehilangan banyak darah, BAK sedikit 12 ml/jam. Sudah transfusi 8 kantong darah. KU bagus. Sebaiknya diberikan obat apa biar BAK normal…

22.  laki – laki, 65 tahun, prostat membesar, BAK tidak lampias diberi obat apa…

Jawab : diuretic

23.  laki2 HIV diperiksa tanggal 27 maret hasil negative. Hubungan…. Dengan homo 25 jam apa interpretasi anda??

24.  DBD diperiksa apa yang penting

Jawab : trombosit + hematokrit

25.  anak 12 tahun, HB 5,2 g/dl ; trombosit 560. MCV …. Transfuse apa???

26.  umur berapa anak bisa dadah dan jalan sendiri…

27.  rambut mudah dicabut, edema-, kelainan kulit +, warna rambut merah kekuningan

a. KEP 1

b.KEP 2

c.marasmus

d.kwasiokor

e.marasmus-kwasiokor

28.  keluhan pusing, keringat banyak…

obat OHO apa yang menyebabkan hal tersebut?…

29.  hiperglikemia, kortisol dan androgen meningkat.. TD 150/100

hormon apa yang menyebabkan HT??

30.  anak tidak punya anus, bab lewal saluran kemih, perut kembung..

tindakan yang dilakukan??

31.  yang menyebabkan batu ginjal?? pH 5.00

32.  pembukaan 3 cm termasuk kala berapa

a.kala 1 laten

b.kala 1 aktif

c.kala 2

d.kala 3

e.kala 4

33.  derajat asma : dalam 1 bulan 4 kali serangan,  VEP1 83 %… plus pengobatannya

34.  pasien DM dengan hiperlipidemia obat yang paling tepat

35.  rujukan dari dokter umum ke dokter spesialis apa namanya??

36.  rujukan dari dokter spesialis ke dokter umum apa namanya??

37.  dokter bedah tidak dapat mengangkat benjolan pada leher seorang wanita, alas an yang tepat?

a. perdarahan

b. hipotiroid

38.  regimen pengobatan TB dewasa untuk 2 bulan pertama??

39.  hematologi dari anemia defisiensi besi  /  anemia kekurangan vit B6 dan B12??pelajari perbedaan klinisnya

a. mikrositik hipokrom, normoblas, banyak sel target

b. mikrositik hipokrom, normoblas, banyak sel pencil

c. makrositik normokrom, normoblas, banyak sel target.

d. makrositik normokrom, normoblas, banyak sel pencil

40.  luka bakar seluruh lengan kanan dan kiri serta sebagian dada. Indikasi untuk dirawat..

a.  luka bakar luas

b. luka bakar derajat I > 20%

c. luka bakar derajat II > 20%

d.  luka bakar derajat III > 20%

41.  ada 7 masalah kesehatan yang tercatat di suatu daerah ( dalam bentuk table dengan 2 baris tentang penyakit dan jumlah penderita). Manakah yang menjadi prioritas utama

42.  perempuan usia 35 tahun diagnose ISK diberi Bactrim 2 x selama 3 hari. Sekarang tidak ada keluhan. Riwayat seperti ini terjadi 10 tahun yang lalu. Apa yang harus dilakukan

a.kultur urin dan….

b. kultur urin

c. tidak dilakukan apa2

d….

e. USG ginjal

43.  perempuan usia 25 tahun. Dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Tidak ada keluhan. Pemeriksaan urinalisi didaptkan Leukosit -, eritrosit -, bakteri +2. Apa yang harus dilakukan

a. kultur urin

b. Beri Bactrim

c. beri Ciprofloxacin

d. tidak dilakukan apa2

e. rawat

44.  dehidrasi sedang – berat jika harus dilakukan infuse di vascular ekstremitas jika tidak bisa dilakukan di…

a. vaskular dada

b. vascular kepala

c. intraarteri

d. intraosseus

e. intrakapiler

45.  bentuk radiologi sepatu boot yang mesti ditanya ketika dianamnesa…

Jawab: ketika bermain sering jongkok.

46.  difteri termasuk kuman gram apa….

Christine

47.  Seorang anak 14 tahun dibawa oleh ibunya dengan keluhan suaranya berubah (suara rendah), timbul rambut di dagu. Anak ini dicurigai menderita…

  1. cushing disease
  2. sindrom adrenogenital
  3. Addison disease
  4. hyperplasia adrenal congenital
  5. cohn syndrome

48.  Seorang wanita, 28 tahun G2P1A0 datang dengan keluhan keluar air banyak, TD 110/70, lab DBN, komplikasi yang ditakutkan…

  1. tali pusat membumbung
  2. persalinan premature
  3. infeksi intrauterine
  4. kala 2 memanjang
  5. gawat janin

49.  Laki-laki, 20 tahun, riwayat menggunakan narkoba suntik. Menderita diare dan demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir, lemah, BB turun 10%. Setelah dilakukan konseling (VCT) pada pasien, pemeriksaan apa lagi yang dilakukan…

  1. lab lengkap
  2. foto thoraks
  3. viral load
  4. CD4

50.  Ibu: dok BAB saya berdarah akhir-akhir ini.

Dok: apa ada keluhan lain? (sambil melihat ibu yang murung)

Ibu: tetangga saya meninggal karena kanker. Sebelumnya mengalami gejala yang sama seperti saya. Apa saya…

Dok: apa ibu menderita kanker?

Maksud pertanyaan dokter kepada ibu itu..

  1. Asumsi
  2. Simpati
  3. Konversi
  4. Evaluasi
  5. Proyeksi

51.  laki-laki, 60 tahun dirawat di ICU dengan status asmatikus. pH 7.3. hasil lab yang diharapkan…

  1. HCO3 rendah
  2. PCo2 rendah
  3. NaCo3 meningkat
  4. urin asam
  5. nilai K tetap

52.  Wanita, 40 tahun, G5P4A0, TFU 41 cm, LP 103 cm, TD 180/110, N 96x, protein +++, GDS 210, Hb 8.5, SGOT/PT 90/98, trombosit 45, fibrinogen 100, janin sulit diraba, BJF 8-10-6. Faktor resiko apa yang menyebabkan keadaan tersebut…

  1. DM
  2. superimposed preeklamsi
  3. multiparitas
  4. gemeli
  5. bayi besar

53.  laki-laki, 38 tahun, riwayat HT dan mengkonsumsi kaptopril 2×25 mg teratur. Tiba-tiba mengalami hemiparese kanan, TD 180/100. Tindakan apa yg dilakukan…

  1. teruskan kaptopril dengan dosis tetap
  2. dosis kaptopril dinaikkan
  3. kaptopril diganti dengan obat antihipertensi lain
  4. kaptopril ditambah dengan obat neurotropik
  5. kaptopril ditambah dengan obat antihipertensi lain.

54.  pasien panas 14 hari. Demam tidak begitu tinggi makin lama makin tinggi terutama sore dan malam hari, belum BAB selam 7 hari. Antibiotik apa yg tepat?

  1. cefixim 15-20 mg/kgbb/hr bagi 2 dosis
  2. amoxicillin 30-40 mg/kgbb/hr bagi 3 dosis
  3. kloramfenikol 30-40 mg/kgbb/hr bagi 4 dosis
  4. kotrimoksasol 20-30/kgbb/hr bagi 2 dosis

Manda

55.  Wanita 40th, dr vagina keluar molourus vaginal discharge, tdk berhubungan intim sejak suami meninggal. Diagnosa ?

  1. Herpes simplex
  2. Sifilis
  3. Gonorea
  4. Trichomonas
  5. Vaginosis bakterialis

56.  Bayi laki2, 4 bln. Mencret air, banyak, tdk ada darah, tidak ada lendir sejak 3 hour yg lalu. Rewel, muntah dan sanagat haus. Mata cekung, fontanel cekung. Tirgor kulit bila d cubit tidak segera kembali. Suhu 37,8 N:170x T: 90/50.  Diagnosa?

  1. Diare akut,…
  2. Diare akut, dehidrasi ringan
  3. Diare akut, dehidrasi berat
  4. Diare akut, syok hipovolemik,
  5. Diare akut, syok septik

57.  Seorang pria diduga mencoba bunuh diri dengan minum cairan pemutih. Tindakan apa yg dilakukan?

  1. Endoskopi setelah 24-32 jam
  2. ….
  3. Diberi susu
  4. Dilatasi

58.  Wanita 50 tahun. Riwayat HT, tensi saat ini 190/… , 1 bulan yg lalau 200/100. Obat yg sdh d ikonsumsi beta bloker. Obat apa yg plu d tambah?

  1. ACE inhibitor
  2. Calsium bloker
  3. Alfa … Blocker
  4. Angiostensin
  5. ….

Yusuf

59.  Anak perempuan 6bln, mengalami bintik merah berair di sekitar wajah dan leher, anak sering rewel ketika terkena panas sinar matahari, hasil peeriksaan didapatkan vesikel pungtata di dengan dasar makula eritem, diagnose :

  1. Miliaria
  2. Urtikaria
  3. Varisela
  4. Impetigo
  5. Milia

60.  Pria usia 58th, mengalami gangguan penglihatan, riaayat penyakit Hipertensi dan DM tapi terkendali, pada pameriksaan visus hanya dapat melihat gerakan tangan saja, lensa nampak keruh, diagnose :

  1. Glaucoma
  2. Katarak
  3. Retinopati diabetic
  4. Degenerasi macular
  5. Retinopati diabetic

61.  Perempuan 24 th, G2P1A0 hamil 4 bulan, dating dengan keluhan nyeri perut bawah disertai perdarahan. Riwayat merokok, minum alcohol, narkoba tidak ada. Pada pemeriksaan ditemukan servix masih menutup. Diagnosa :

  1. Complete abortion
  2. Incomplete abortion
  3. Curiga aborsi
  4. Missed abortion
  5. Blighted ovum

62.  Wanita sering mengeluhkan haus dan sering buang air kecil, lab : GDP : 80, GD2jam PP 140, mikroalbuminuria +, eritrosit 0-1, leukosit 0-2, glukosa (-), bakteri (-), yg dapat menyebabkan gangguan tersebut adalah :

  1. Peningkatan natrium intrasel
  2. Peningkatan kalium intrasel
  3. Penurunan natrium ekstrasel
  4. Peurunan kalium ekstrasel
  5. Penurunan kalsium ekstrasel

63.  Wanita baru melahirkan bayi di dukun beranak, mengalami perdarahan, TD 90/50, nadi 100x/m, pada pemeriksaan ditemukan kontraksi his ang tida adekuat, obat yg perlu diberikan adalah :

  1. Retrograde
  2. digoxin
  3. Misoprostol

64.  Wanita 34th, bekerja, setriap kali bekerja sering merasa menuliskan laporan yg salah atau angka2 yg salah kemudian diperiksa tapi tiddak ada kesalahan, sampai akhirnya tidakada laporan yg dapat diselesaikan sama sekali. Diagnose :

  1. Gangguan waham menetap
  2. Gangguan cemas menyeluruh
  3. Obsesif kompulsif
  4. Schizoafektif

65.  Siswa keperawatan mengalami ketakutan terhadap darah, sehingga mengalami gangguan pada pendidikannya. Hal ya ng dapat membantu meringankan gangguan ini adalah :

  1. Ekxternalisasi
  2. Proyeksi
  3. …i
  4. introyeksi
  5. Reformasi diri

66.  Bayi yg lahir dari ibu HIV non aktif pada masa perinatal nampak kuning, streptokokus B dan Hepatitis B negative. Bayi nampak kuning, bol darah ibu O+, bapak A+. diagnose :

  1. Ikterus fisiologis
  2. Ikterus karena asi
  3. Inkompatibilitas ABO
  4. Sepsis
  5. Infeksi

67.  Pada puskesmas Kecamatan A, baru2 ini sering didapatkan pasien yg dating dengan keluhan sakit kepala, baik itu anak2 maupun orang dewasa. Diduga hal ini berhubungan dengan makanan yg mengandung banyak formalin. Metode apakah yg cocok dilakukan oleh dokter puskesmas yg tidak memiliki banyak waktu ?

  1. Cross sectional
  2. Cohort
  3. Descriptice
  4. Chi square
  5. Chi test

68.  Seorang wanita 28th, dating ke UGD dengan keadaan tidaksadar, demam,  mengigau dan menggigil, diketahui wanita sedang dalam pengobatan PTU selama 2 bulan, diagnose yg mungkin adalah :

  1. Sepsis
  2. Krisis tiroid
  3. Stroke
  4. Tifoid toksik
  5. …..

Stefanyhappy

69.  Anak,2thn,kejang 30menit. Kakak (+). Pertanyaan apa lagi yg bs diajukan?

  1. Demam
  2. Muntah
  3. .
  4. .
  5. Penurunan kesadaran

70.  Infeksi pada tulang telinga,foto apa yg dibutuhkan?

  1. Schaedel
  2. Waters
  3. Caldwell

Aik ama Ricky

71.  Yg termasuk populasi dalam penelitian case study pd balita malnutrisi?

  1. Semua anak 0-60 bulan di kota X
  2. Semua anak 0-60 bln yg mnderita malnutrisi di kota X
  3. Satu anak 0-60 bln di kota X
  4. Satu anak 0-60 bln yg menderita malnutrisi di kota X
  5. Smua kluarga yg mempunyai anak 0-60 bln di kota X

72.  Case Fatality Rate:

  1. .
  2. .
  3. (25/30) x 100
  4. (25/90) x 100
  5. .

73.  DBD menjadi KLB pd tgl 5-20 feb .. Bila masa inkubasi dbd 7-10 hr,kpn pasien terinfeksi?

  1. 7-18 feb
  2. 5-19 feb
  3. 9-17 feb
  4. 27 jan-10 feb
  5. 29 jan-10 feb

74.  Laki2 40 thn akan menjalani operasi. Inform consent paling tepat diberikan pada:

  1. Keluarga pasien
  2. Istri pasien

75.  Prinsip bioetika

76.  Pasien laki2 usia 24thn didiagnosa mnderita AIDS..keluarga psien memaksa ingin mngetahui penyakit psien namun dktr menolak..perilaku etik apa yg dilakukan dktr?

  1. Justice
  2. Benefecience
  3. Autonomy
  4. M….
  5. Confidential..

77.  Wanita,53 thn menderita tumor hipofisis..apabila tumor membesar,kelainan apa yg akan di derita pasien ini?

  1. Kebutaan
  2. Hemianopsia bitemporal
  3. Right nasal hemianopsia
  4. Left homonous hemianopsia
  5. Binasal hemianopsia

78.  Anak,perempuan 12thn,pendengaran telinga kanan menurun ±2mgg,pada pemeriksaan garpu tala,pada aurikula dextra hanya terdengar di proc.mastoideus. Hasil apa yg didpt bila grpu tala diletakkan d tgh kpala?

  1. Auri D < S
  2. Auri S > D
  3. Auri D > S
  4. Terdengar sama pd kedua telinga
  5. Tdk trdengar

79.  Pasien keluhan mudah memar,mimisan,menstruasi »,ekimosis,petekie. Pada pmrx lab,sel apa yg meningkat?

  1. Trombosit
  2. Retikulosit
  3. Megakariosit
  4. Normoblast
  5. Mioblast

80.  Pasien prmpuan 25 thn,mgatakan pd dktr bhw pipi ka n ki tdk sama tinggi,sdangkan mnrt dktr tdk ada perbedaan antara kedua pi2..kelainan apa yg diderita pasien?

  1. Hypochondriac
  2. Somatization disorder
  3. Body dismorphic disorder
  4. Convertion disorder
  5. Psikosomatik disorder

Meita

81.  Seorang ibu datang membawa bayinya yang berusia 6 bulan dengan keluhan timbul bintik-bintik kemerahan di leher dan wajah. Pada pemeriksaan ditemukan vesikel purpura dengan mukosa eritem. Kemungkinan bayi ini terserang:

a.       Rubella

b.      Rubeolla

c.       Varicella

d.      Milier

e.       Miliaria

82.  Seorang pria berusia 60 tahun dengan riwayat hipertensi dan diabetes mellitus terkontrol datang ke poliklinik dengan keluhan mata kanan sukar melihat, terutama pada malam hari. Pada pemeriksaan ditemukan pandangan kabur, dan hanya dapat menghitung jari. Kemungkinan pasien ini mengalami:

a.       Katarak

b.      Glaukoma

c.       Diabetes retinopati

83.  Seorang wanita tiga puluh tahun memiliki pekerjaan sebagai seorang sekretaris. Saat ini datang dengan keluhan performa pekerjaannya terganggu oleh kebiasaannya berulang kali memeriksa hasil ketikannya yang dia rasakan salah dan hasil perhitungan yang telah dia hitung diperiksa berulang-ulang kali karena dirasakan ada yang salah. Wanita ini mengaku tak dapat menghentikan kebiasaannya itu. Pasien ini menderita:

a.       Obsesif kompulsif

b.      Psikotik

84.  Seorang wanita datang dengan kesadaran menurun. Pasien memiliki riwayat hipertiroid dan telah mengkonsumsi PTU selama 2 bulan. Kemungkinan pasien ini mengalami:

a.       Krisis Tiroid

85.  Seorang wanita datang dengan perdarahan setelah bersalin didukun beranak. Kontraksi uterus lemah. Yang anda berikan adalah:

a.       Oxitoksin

b.      Methergin

c.       Misoprostrol

86.  Seorang dokter ingin meneliti hubungan antara sakit kepala dan makanan berformalin yang sering dikonsumsi penduduk sekitar. Jenis penelitian bila tak punya banyak waktu:

a.       Cohort

b.      Cross-sectional

c.       Chi-square

87.  Seorang bayi berusia 32 jam dengan kuning dibagian dada. Tanda-tanda vital baik, bayi aktif. Ibu gol darah O, ayah golongan darah B. Ikterus ini disebabkan oleh:

a.       Ikterus Fisiologis

b.      Inkompabilitas ABO

88.  Seorang perawat takut pada jarum suntik, sehingga mengganggu performa kerjanya. Ini merupakan mekanisme pertahanan diri berupa:

a.       Eklusisme

b.      Simbolisme

89.  Seorang wanita hamil, TD 170/100, edema kaki. Hal ini merupakan:

a.       Eklampsia

b.      Preeklamsia berat

c.       Hipertensi dalam kehamilan

90.  Seorang ibu hobi berkebun, pada kaki tampak creeping eruption yang berkelok2. Penyebabnya:

a.       Ankilostoma duodenum

b.      Necator americanus

91.  PAsien X dengan keluhan nyeri berkemih, riwayat demam (-), batu ginjal (-), hobi mengkonsumsi jengkol. Antidotum keracunan jengkol adalah:

92.  Pasien X datang dengan sesak, merasa letih setelah aktifitas dan tidak membaik setelah istirahat, tanda bendungan positif, klasifikasi menurut NYHA?

93.  Pasien datang dengan keluhan sesak mendadak, kulit kemerahan, gatal, TTV dbn.

94.  Bayi dapat mengikuti gerak tangan, mengangkat kepala pada posisi telentang, berkata dadidu, dan jika duduk posisinyanya tegak, umur bayi itu adalah?

95.  Pasien datang dengan keluhan perut terasa sakit terbakar pada ulu hati, nyeri membaik setelah makan dan bertambah parah ketika makan pedas. Diagnosis pada pasien ini?

96.  Pasien X datang dengan keluhan sesak nafas dan jantung terasa berdebar, riwayat mengkonsumsi alkohol dan merokok. Gambaran EKGnya?

97.  Pasien dibawa dalam keadaan tertidur setelah 48 jam tidak sadar setelah mengkonsumsi obat tidur. Riwayat sirosis +, yang menyebabkan efek obat bertambah hebat?

98.  Seorang pasien mengalami kesulitan tidur, gelisah, was-was, penyebab gangguan pada orang ini adalah

Monika

99.  Pasien laki-laki berusia 30 tahun, dari Bali, datang dengan keluhan gatal di sekitar anus. Dari anus keluar cacing pipih berwarna putih berukuran 2×1 cm. Apakah jenis cacing tersebut?

  1. Taenia saginata
  2. Taenia solium

Jawaban: A

  1. Pasien laki-laki berusia 20 tahun, karyawan pabrik baja, datang dengan keluhan pendengaran telinga kanan berkurang sejak 2 minggu yll. Dari pemeriksaan didapat hasil batas bawah naik dan batas atas normal. Apa penyebab penurunan pendengaran di telinga kanannya?

a. Kebisingan

b. Labirintitis

Jawaban: A

  1. Pasien wanita berusia 28 tahun, G1P0A0 hamil 8 bulan, datang dengan keluhan perdarahan pervaginam pasca senggama dengan suami. Empat minggu yll, pasien juga mengalami keluhan serupa. Dari PF, tanda-tanda vital dalam batas normal, DJJ baik. Apa tindakan yang perlu dilakukan?

a. Sectio Sesaria

b. Pemeriksaan Dalam

c. Tirah baring

Jawaban: E

  1. Pasien wanita berusia 55 tahun datang dengan keluhan penglihatan kiri kabur. Pasien menjadi sering menabrak benda sewaktu berjalan dan hal ini memburuk ketika sore hari. Dari pemeriksaan didapatkan kedua mata visus d/10, segmen anterior normal, lensa agak keruh, funduskopi normal. Diagnosis?

a. Rabun senja

b. Katarak

c. Degenerasi makula

Jawaban: B

  1. Pasien laki-laki usia 24 tahun datang ke IGD dengan keluhan luka bakar akibat tersetrum listrik. Luka berwarna kehitaman berukuran 2x1x4 cm, kering. Apa tindakan yang perlu dilakukan?

a. Tangani luka dengan anestesi lokal

b. Tangani luka dengan anestesi umum

Jawaban: A

  1. Pasien wanita, G1P0A0 hamil 28 minggu, datang dengan keluhan sering mengalami pusing dan kepala berat saat berbaring. Penanganan?

a. Rujuk Spesialis saraf

b. Kardiotopografi

Jawaban: A

  1. Seorang perawat datang melakukan pemeriksaan laboratorium darah, riwayat 4 bulan yang lalu tertusuk jarum bekas pasien. Didapat hasil, HbsAg (-), anti HbS (-), HCV (+). Apakah diagnosisnya?

Olivia

  1. Laki-laki datang dengan keluhan sesak napas. Terdapat penurunan bb 10kg dalam 3 bulan. Pada permeriksaan fisik didapatkan konjungtiva anemis, rhonki basah di paru kiri, lain-lain dalam batas normal. Kemudian timbul nodul di kulit ukuran 1 x 2 x 1cm warna kehitaman. Timbul nodul ini karena:
    1. Meningkatnya aktivitas melanosit
  1. Laki-laki dengan keluhan timbul luka di kedua siku berwarna kemerahan. Pernah jatuh ketika bermain tennis 2 tahun yg lalu. Saat ini lesi berkeratin tebal, makula dengan dasar eritem.
    1. Hipekeratosis
    2. Laki-laki 20 tahun, jatuh dari ketinggian 2m 5 jam yang lalu. terdapat deformitas, bengkak, tidak dapat digerakkan.  1 jam yang lalu timbul nyeri di bawah lutut. Tidak terdapat luka. Diagnosis:
      1. Fraktur tertutup dengan kontusio jaringan lunak
      2. Fraktur tertutup dengan sindrom kompartemen
      3. Fraktur tertutup dengan hematoma
      4. Fraktur tertutup dengan hemartrosis
      5. Fraktur tertutup dengan rupture a.poplitea
  1. Wanita datang ke dokter umum dengan mengatakan dirinya terkena ca mammae, padahal sebelumnya dia teah berobat ke spesialis penyakit dalam dengan ada hasil mammografi yang normal. Keadaan tersebut adalah: (hpokondriasis)
  1. Suatu penilitian yang menilai hubungan gangguan belajar dengan asfixia saat lahir. Yang di interview adalah ibu dengan asfixia dan ibu yang anaknya mengalami gangguan belajar, dimana hafal riwayat kelahira.hl terseutmeulkan bias:
    1. Daa collecting bias
    2. Recall bias
  1. Perempuan mendadak tingling di telunjuk dan jari tengah tangan kanan. Pemeriksaan neurologis di leher dan bahu normal, baik sensorik dan kekuatan otot. Tidak ada kelemahan di bahu, tidak pernah mendapat trauma atau kecelakaan. Nervus yang terkompresi:
    1. Radialis
    2. Ulnaris
    3. Medianus
    4. Axilla
  1. Ibu dengan anak intussepsi, ke dokter bedah dan akan segera dilakukan operasi di suatu RS. Ternyata operasi tidak dilakukan oleh dokter bedah tersebut melainkan asistennya karena dokter bedah tersebut ada janji penting. Setelah operasi anak tersebut sembuh, namun ibu tidak mau bayar bahkan akan menuntut. Pada kasus ini siapa saja yang salah:
    1. Dokter bedah, asisten, RS
    2. Dokter bedah, RS, perawat
  1. Seorang akan membangun rumah di tanah datar dekat sumber mata air. Ternyata dekat pula dengan septic tank tetangganya, jarak yang seharusnya antara keduanya adalah:
    1. 3 – 5m
    2. 5 – 7m
    3. 7 – 10m
    4. 10 = 13m
    5. >13m
    6. Penelitian antara BBLR dengan BB dan nulipara vs. multipara. Test untuk menilai hubungan variable:
      1. Variable analysis
      2. Chi square
      3. Regression
      4. T-test
  1. Sebuah iklan rokok di suatu daerah meningkatkan banyaknya perokok. Dilakukan penelitian di daerah B dengan iklan rokok, bagaimana jumlah perokoknya. Sedangkan di daerah A tanpa iklan rokok. Hypothesis yang didapat:
    1. One sided right tailed
    2. One sided left tailed
    3. Two sided
    4. Two sided right tailed
    5. Two sided left tailed

Julia

  1. Pasien laki-laki dengan keluhan timbul vesikel  kemerahan dan bekelompok di daerah mulut dan genital. Pasien mengaku sebelumnya telah melakukan hubungan dengan PSK.  Diagnosis??? Herpes simpleks
  1. Pasien laki-laki dengan keluhan terdapat vesikel di sekitar sulkus koronarius, disertai dengan pembengkakan kelenjar limfe didaerah inguinal sebesar telur ayam yang berlekatan satu dengan yang lain. Diagnosis??? Limfogranuloma venerium
  1. Pasien wanita dengan keluhan utama gatal pada vulva pada pemeriksaan fisik ditemukan bercak putih pada daerah vagina, fluor albus berwarna keputihan, bau tidak sedap. Untuk penegakkan diagnosis dibutuhkan??? Pemeriksaan KOH, Diagnosis pasti Kultur… (ini jawabannya aku bingung, di soal dua2 nya ada)
  1. Anak-anak 4 tahun dengan keluhan sesak nafas, berat badan sukar naik, murmur, edema tungkai. Diagnosis??? Gagal jantung
  1. Wanita hamil 34 minggu datang dengan keluhan perdarahan dengan 4x ganti pembalut tanpa rasa sakit di perut. DJJ (+), pergerakan aktif. Diagnosis??? Plasenta previa
  1. Pasien dengan hamil 32 minggu datang dengan keluhan bengkak pada tungkai, tensi 170/110, proteinuria ++++. Gangguan penglihatan, dll tidak ada. Diagnosis??? Preelmapsia berat
  1. Seorang ibu datang membawa anaknya dengan keluhan yang sudah berumur 2 tahun, di mana sampai sekarang anak belum bisa bicara, jika dipanggil tidak menengok. Anak dapat tersenyum kepada orang lain, dan dapat berinteraksi pada saat sedang main dengan mainan. Diagnosis??? Tuli
  2. Pasien seorang petani dengan keluhan rasa gatal dan panas pada sela jari tangan dengan gambaran suatu papul merah seperti benang berkelok-kelok. Penyebabnya??? Ancylostoma caninum dan A. Braziliense
  1. Pasien dengan keluhan mata berair dan silau. Pada pemeriksaan ditemukan injeksi konjungtiva dan silier, infiltrat abu-abu, hipopion, dan lesi satelit. Penyebabnya??? Fungal infection
  1. Pasien dengan  keluhan asma bronkial yang terjadi setiap hari, eksaserbasi sering terjadi pada aktivitas berta dan pada malam hari, gejala asma pada malam hari > 1x dalam seminggu. Setiap hari pasien membutuhkan inhalasi short acting β2 agonist setiap hari. Pada VEP 1 60-80%. Diagnosis??? Asma persisten sedang

Kristo

  1. Seorang laki-laki berusia 23 tahun dibawa ke unit gawat darurat  dengan keluhan nyeri di tungkai bawah kiri yang timbul setelah terjatuh dari tangga (dengan tinggi sekitar 2 meter). Ia juga mengeluhkan adanya pembengkokan dan bengkak di bawah lutut kiri, dan tidak dapat digerakkan. Tidak ada luka sama sekali. Dari anamnesis didapatkan keterangan ia terjatuh sekitar 5 jam yang lalu. Sejak satu jam yang lalu ia mengeluh timbul nyeri yang menetap di bawah lutut.Apakah diagnosis yang paling tepat?
    1. Fraktur tertutup, dengan kontusio jaringan lunak
    2. b. Fraktur tertutup, dengan sindrom kompartemen
    3. Fraktur tertutup, dengan hematoma
    4. Fraktur tertutup, dengan hemartrosis
    5. Fraktur tertutup, dengan ruptur arteri poplitea
  1. Seorang perempuan berusia 66 tahun, penyandang DM dibawa ke unit gawat darurat setelah mengalami kepala pusing dan keluar keringat yang banyak. Hal ini terjadi setelah dia minum obat antihipoglikemik oralnya.

Apakah obat yang paling mungkin diminumnya?

  1. Captopril
  2. Ploglitazone
  3. c. Tolbutamid
  4. Acarbose
  5. Metformin
  1. Berikut adalah hasil analisis urine dari pasien yang diduga menderita acute post-streptococcal glomerulonephritis :

Normal value

Spesific gravity                        : 1.008               1.002-1.030

Urobilinogen               : 0.1 EU                        0-1

Bilirubin                      : -                                 (-)

Protein                                    : + 2                             (-)

pH                                : 5.5                       7,37-7,45

Keton                           : -                                 (-)

Blood                           : moderate                  (-)

Apakah obat diuretic yang peling tepat diberikan ?

  1. a. Furosemide
  2. Spironolactone
  3. Triamterene
  4. Hydrochlorothiazide
  5. Acetazolamide
  1. Seorang perempuan berusia 18 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan nyeri pinggang kiri. Keluhan disertai panas badan, menggigil dan peningkatan frekuensi BAK. Pada pemeriksaan urinalisis diketahui adanya bakteri Gram negatif. Manakah bakteri penyebab yang paling mungkin?
    1. Chlamydia trachomatis
    2. Leptosira  interogans
    3. c. Escherichia coli
    4. Staphylococcus saprophyticus
    5. Staphylococcus Aureus
  1. Seorang perempuan berusia 48 tahun dibawa keluarganya ke rumah sakit oleh keluarganya dengan keluhan bengkak seluruh badan. Pasien diketahui menyandang gagal jantung. Apakah penyebab paling tepat dari edema pasien di atas?
    1. Peningkatan tekanan hidrostatik interstitial
    2. Penurunan tekanan onkotik intersitial
    3. Peningkatan tekanan onkotik plasma
    4. d. Penurunan eksresi renal Na+
    5. Penurunan tekanan vena
  1. Seorang pasien dibawa ke UGD Rumah Sakit karena trauma kepala, setelah di lakukan pemeriksaan, pasien tersebut dilakukan CT Scan kepala, hasil CT scan kepala menunjukan adanya gambaran hiperdens bentuk biconvex disertai adanya gasir fraktur daerah temporal kiri, diagnosa saudara adalah fraktur daerah temporal kiri disertai dengan:
    1. Perdarahan di subdural
    2. Perdarahan subarachnoid
    3. c. Perdarahan epidural
    4. Perdarahan intracerebral
    5. Perdarahan intraventrikuler
  1. Seorang laki-laki berusia 22 tahun dibawa ke unit gawat darurat setelah mengalami kecelakaan motor dan mengalami cedera kepala berat. Di UGD, hasil pemeriksaan fisik adalah kesadaran sopor, pupil anisokor, refleks cahaya kedua pupil menurun. Angggota gerak tubuh kanan  bereaksi lebih lambat dari sisi kiri. Dokter memberikan larutan Manitol 20 %. Apakah tujuan pemberian Manitol 20 % pada kasus ini?
    1. Menurunkan  aliran darah serebral
    2. Menurunkan tekanan darah sistemik
    3. c. Menurunkan tekanan intra serebral
    4. Menurunkan tekanan vena sentral
    5. Menurunkan tekanan darah arteri
  1. Seorang bayi yang baru dilahirkan, menderita infeksi bernanah pada kedua matanya. Ibunya mengatakan kepada dokter, bahwa beberapa hari sebelum melahirkan, ia menderita sakit kencing dan keputihan. Pada pemeriksaan apus sekret dengan pewarnaan Gram didapatkan Coccus, Gram negative, berpasangan.

Apakah bakteri penyebab yang paling mungkin?

  1. Pseudomonas aeruginosa
  2. Staphylococcus aureus
  3. c. Neisseria gonorrhoe
  4. Branhamella catarrhalis
  5. Streptococcus pyogenes
  1. Seorang perempuan berusia 50 tahun datang ke unit gawat darurat dengan keluhan kulit kemerahan, kering dan mengelupas sejak 3 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan ditemukan adanya kulit kering, macula eritem hampir seluruh tubuh, squama yang tebal dan fisura. Apakah pengobatan pilihan yang terbaik?
    1. Melapisi kulit dengan air
    2. Melapisi / menutup  kulit dengan selimut
    3. Melapisi kulit dengan cairan garam fisiologis
    4. Melapisi kulit dengan air mineral
    5. e. Melapisi kulit dengan emolien

  1. Seorang perempuan berusia 17 tahun, G1 P0 A0 datang ke puskesmas karena terlambat haid selama 1 bulan.  Bulan lalu ia mengalami haid normal. Siklusnya 28 hari. Ia menderita mual dan juga memuntahkan semua yang ia makan setelah tiap makan dalam 5 hari. Ia juga mengeluhkan keletihan, kehilangan berat badan dan pembesaran payudara yang membuatnya tak nyaman. Pada pemeriksaan obstretis didapatkan tinggi fundus 2 jari di atas symphisys.

Apakah kesimpulan hasil pemeriksaan obstetris yang paling tepat?

  1. Usia gestational adalah sekitar 12 minggu
  2. Usia gestational adalah sekitar 10 minggu
  3. Ukuran uterus lebih kecil dari usia gestational
  4. Ukuran uterine cukup untuk usia gestational-nya
  5. e. Ukuran Uterus lebih besar dari usia gestasi

Kenny

  1. Laki-laki datang dengan keluhan keluar cairan berwarna kuning dari orificium eksternum,ada riwayat berhub sex dengan PSK beberapa hari yang lalu..
  1. Wanita dating dengan keluhan terdapat hipopigmentasi disekitar punggung, perut, lengan sejak 3 bulan, tidak ada gatal, bercak putih berskuama…
    1. Vitiligo
    2. Pitiriasis Versikolor
  1. Pasien dengan gejala-gejala hepatitis, pada pameriksaan Lab ditemukan HbaAg +, HbeAg +, SGOT dan SGPT meningkat, kelainan enzim pada keadaan ini terjadi karena..
    1. Meningkatnya aktivitas sel hepar
    2. Meningkatnya pengrusakan sel hepar
    3. Meningkatnya RES di hepar
  1. Pasien dengan penurunan kesadaran, kaku kuduk +, ada riwayat jatuh beberapa jam yang lalu, gambaran Ct-Scan tampak gambaran  subhyaloid???
    1. SA bleeding
    2. Meningitis
    3. Epidural bleeding

Farah

  1. Bercak putih d tangan punggung, pemeriksaan ZN untuk TB –
  1. MH lepromatosa
  2. MH tuberkuloid
  3. MH mix
  1. 5thn, suka terdiam 10mnt, ketika sadar tidak tampak bingung
  1. absence convulsion
  2. tonic clonic
  3. mioclonic
  4. tension headache
  5. cluster headache
  6. migrain dgn aura
  7. migrain tanpa aura
  1. Skt kpl kiri trasa tbakar smp mata kiri, mata& hidung kiri berair,hanya malam hari
  1. Gatal d kepala,  awalnya bintik2 merah, lama2 krusta bau berbentuk cawan
  1. Tangan terasa kaku,gerakan melambat,jalan kaku :  parkinson
  1. kedua kaki bersisik bnyk, tangan kiri dan k2 kaki lesi merah bentuk plakat sisik..
  1. Tinea pedis intertriginosa
  2. Tinea pedis hiperkeratosis

Lidya

  1. Pasien datang dengan keluhan nyeri pinggang hingga ke tungkai kanan. Pada pemeriksaan didapatkan reflex Achilles kanan menurun. Lesinya setinggi??
    1. L2-L3
    2. L3-L4
    3. L4-L5
    4. d. L5-S1
    5. S1-S2
  1. Seorang kakek ingin melakukan pencabutan gigi. Riwayat hipertensi (-). Saat ini, pasien sedang mengkonsumsi obat aspirin untuk penyakit jantungnya. Komplikasi apa yang mungkin timbul??
    1. a. Perdarahan
    2. Seorang laki-laki datang dengan keluhan batuk. Setelah dilakukan pemeriksaan Rontgen, ditemukan tumor pada paru kanan. Sebagai seorang dokter umum, apa tindakan selanjutnya yang akan Anda lakukan?

Jwb : Rujuk ke dokter Spesialis Paru

  1. Seorang pria 18 tahun, mengalami kecelakaan lalu lintas. Setelah dilakukan pemeriksaan, didapatkan HB = 9 g/dL, lain-lain dalam batas normal. Penanganan?
    1. Infus NaCl 0,9 %
    2. b. Infus RL
    3. c. Whole blood
    4. Seorang wanita, hamil, mengeluh nyeri  dada tengah. Nyeri dada tidak terpengaruh oleh makanan. Keluhan lainnya hanyalah mual. Nyeri tekan epigastrium (-). Apa diagnosisnya?
      1. Refluks Gastroesofageal
      2. b. Dispepsia kehamilan
      3. Ulkus gaster
      4. Seorang pria datang dengan keluhan terdapat lesi putih di lengan kanannya. Tes sensivisitas (+). Apa diagnosisnya?
        1. a. Vitiligo
        2. Kusta
        3. Seorang bayi berusia 18 bulan datang ke poli anak untuk mendapatkan imunisasi. Pada saat berusia 10 bulan, bayi tersebut pernah mengalami kejang demam. Imunisasi apa saja yang akan diberikan??

Jwb : DTaP, OPV, Hepatitis B

Puteri

  1. Seorang wanita berusia 23 tahun G2P1A0 sedang hamil 7 bulan, datang untuk melakukan ANC berkala, ia tidak memiliki keluhan apapun. Sebelumnya sudah 2 kali pemeriksaan, yang terkahir adalah 3 bulan yuang lalu. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD 140/90 mmHg, kedua tungkai udem ringan, yang lainnya normal. Terapi apa yang akan anda berikan kepada pasien ini?
    1. Nifedipin
    2. Luminal
    3. Antioksidan
    4. Magnesium
    5. Sulfas Ferossus
  1. Seorang perempuan berusia 15 tahun datang ke UGD dengan keluhan nyeri pada perut bagian bawah. Pasien hingga kini belum pernah mengalami haid. Dari pemeriksan fisik didapatkan teraba abdomen distensi, nyeri tekan positif, nyeri lepas positif, nyeri ketok positif. Dari pemeriksaan genital ditemukan adanya selaput yang menutup introitus vagina. Diagnosis anda?
    1. Imperforata himen
  2. Seoang laki-laki berusia 54 tahun, penderita osteosarkoma tulang radius bawah lengan kanan datang dengan keluhan nyeri yang semakin hebat pada lengannya. Pasien ini sudah 4 bulan terakhir mengkonsumsi obat golongan opioid. Terapi obat apa yang akan anda berikan kepada pasien ini?
    1. NSAIDs
    2. Asam mefenamat
    3. Amitriptilin
    4. Midazolam
    5. Alprazolam
  1. Seorang laki-laki berusia 30 tahun datang dengan keluhan batuk berdahak sudah sejak 3 minggu yang lalu, nafsu makan menurun dan berat badan juga turun, terkadang ada demam ringan menjelang sore, tetapi tidak berkeringat di malam hari. Dari hasil pemeriksaan fisik toraks kedua paru normal. Hasil pemeriksaan sputum BTA 3x negatif. Obat apa yang mau diberikan?
    1. OAT kategori I
    2. OAT kategori II
    3. OAT kategori III
    4. Amoksilin
    5. Siprofloksasin
  1. Seorang laki-laki usia 45 tahun, hepar teraba 3 – 4 cm di bawah arkus kosta. Dari hasil lab didapatkan AFP 1100 mg/dl. Pemeriksaan apa yang mau dilakukan untuk mendapatkan hasil diagnosis:
    1. HbsAg
    2. HbeAg
    3. HbcAg
    4. Hb X DNA Protein
  1. Seorang anak usia 3 bulan dibawa ke UGD karena mengalami kejang selama 30 menit. Demam positif. Sebelumnya sudah kejang beberapa kali setiap 5 menit dan 1 jam terakhir sebelum masuk RS anak kejang 1x selama 5 menit. Dari hasil pemeriksaan diperoleh kesadaran menurun, pupil isokor, bila dicubit hanya ada rangsangan menarik badan. Apa yang menyebabkan demam pada anak ini?
    1. Kejang demam
    2. Kejang demam kompleks
    3. Peningkatan TIK
    4. Epilepsi
  1. Anak laki-laki usida 1 tahun dibawa ke RS dengan keluhan sesak nafas and mudah lelah. Waktu kecil memiliki riwayat dirawat di NICU setelah lahir karena membiru, tetapi kemudian dalam perkembangannya kondisinya membaik sehingga ia dipulangkan. Saat ini dari hasil pemeriksaan fisik diperoleh suhu 400C, punctum maximum pada ICS 3-4 dan dari pemeriksaan jantung diperoleh pansistolik murmur derajat III. Apa diagnosisnya?
    1. VSD persisten
    2. PDA persisten
    3. Tetralogi of Fallot
  1. Seorang bayi diperiksakan untuk mengetahui perkembangannya. Dari hasil pemeriskaan didapatkan bahwa si bayi dapat mengangkat kepalanya 450C, mata mengikuti gerakan tangan, bisa senyum, berceloteh tidak jelas, duduk tidak tegak. Pemeriksaan ini sesuai dengan usia:
    1. 1 bulan
    2. 3 bulan
    3. 6 bulan
    4. 9 bulan
    5. 12 bulan
  1. Laki-laki usia 22 tahun, datang dengan keluhan utama gatal pada tangan dan kakinya. Dari hasil pemeriksaan didapatkan adanya eritem di palmar kaki dan tangan kiri, berskuama halus dan tepimya merah. Diagnosis?
    1. Tinea intertriginosa
    2. Tinea macassun
    3. Tinea hiperkeratosis
  1. Seorang ibu hamil datang untuk periksa, didaptakan letak PUKA, bagian fundus teraba melenting, TFU 34 cm, Lingkar pinggang 103 cm, bagian suprasimfisis teraba lunak, BJJ terdapat di pusat. Kemungkinan diagnosis: à bukan soalku sih tapi mumpung inget…
    1. Gemelli
    2. Makrosefali
    3. Polihidramnion
    4. Mola hidatidosa
About these ads

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. terima kasih banyak utk Teman sejawat yang bersedia membagi memori nya. saya pernah ikut UKDI thn 2007 dan alhamdulillah lulus. tapi dengan satu dan lain hal, SKP saya belum mencukupi. tahun ini akan ikut UKDI lagi, wish me luck ya temans…

    linda

    February 2, 2012 at 19:22

  2. Makasih dok,,,,

    Nelli Nur Indah Sari

    January 21, 2012 at 19:06

  3. ya allah, semoga anakku M Hafiizh A, hari ini sebagai peserta UKDI UI, diberikan kelancaran, dimudahkan lisannya, diterangkan fikirannya, ditambahkan ilmunya, semoga ilmunya bermanfaat dan barokah, amin….

    Sulismiani Ulis

    August 6, 2011 at 08:46


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s