طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

KHUTBAH SHOLAT IDUL FITRI 1432 H/2011 M : Download gratis Khutbah Iedul Fitri Ustadz Abu Hamzah Bandung & Kajian Tata Cara Shalat Idul Fitri 1 Syawal Ustadz Dzulqarnain mp3 | Hukum Memakai Mimbar Di Dalam Khutbah

leave a comment »


Khutbah Idul Fitri

Ditulis Oleh Al-Ustadz Qomar ZA, Lc.   
Dahulu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendahulukan shalat sebelum khutbah.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: شَهِدْتُ الْعِيْدَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ فَكُلُّهُمْ كَانُوا يُصَلُّوْنَ قَبْلَ الْخُطْبَةِ
“Dari Ibnu ‘Abbas ia berkata: Aku mengikuti Shalat Id bersama Rasulullah, Abu Bakr, ‘Umar dan ‘Utsman maka mereka semua shalat dahulu sebelum khutbah.”
(Shahih, HR Al-Bukhari Kitab ‘Idain Bab Al-Khutbah Ba’dal Id)
Dalam berkhutbah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri dan menghadap manusia tanpa memakai mimbar, mengingatkan mereka untuk bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahkan juga beliau mengingatkan kaum wanita secara khusus untuk banyak melakukan shadaqah, karena ternyata kebanyakan penduduk neraka adalah kaum wanita.
Jamaah Id dipersilahkan memilih duduk mendengarkan atau tidak, berdasarkan hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ السَّائِبِ قَالَ: شَهِدْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِيْدَ فَلَمَّا قَضَى الصَّلاَةَ قَالَ: إِنَّا نَخْطُبُ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ لِلْخُطْبَةِ فَلْيَجْلِسْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَذْهَبَ فَلْيَذْهَبْ
Dari ‘Abdullah bin Saib ia berkata: Aku menyaksikan bersama Rasulullah Shalat Id, maka ketika beliau selesai shalat, beliau berkata: “Kami berkhutbah, barangsiapa yang ingin duduk untuk mendengarkan khutbah duduklah dan barangsiapa yang ingin pergi maka silahkan.”
(Shahih, HR. Abu Dawud dan An-Nasa`i. Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud, no. 1155)
Namun alangkah baiknya untuk mendengarkannya bila itu berisi nasehat-nasehat untuk bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan berpegang teguh dengan agama dan Sunnah serta menjauhi bid’ah. Berbeda keadaannya bila mimbar Id berubah menjadi ajang kampanye politik atau mencaci maki pemerintah muslim yang tiada menambah di masyarakat kecuali kekacauan.
Wallahu a’lam.

Hukum Memakai Mimbar Di Dalam Khutbah

Buletin Islam Al Ilmu edisi no: 36 / IX / VIII / 1431

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam tidak pernah berkhutbah Id dengan memakai mimbar akan tetapi beliau berdiri di atas tanah. Adapun orang yang pertama kali berkhutbah Id dengan memakai mimbar adalah Marwan bin Al Hakam dan perbuatan itu telah diingkari oleh Abu Said Al-Khudri radliyallahu ‘anhu dan dinyatakan bahwa hal itu menyelisihi sunnah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam. (Lihat Fathul Bari hadits no. 956 dan Zadul Ma’ad 1/ 429 dan 431)

Kaum muslimin, siapa pun dari kita pasti berharap agar keluar dari bulan suci Ramadhan dalam keadaan suci dari dosa dan penuh dengan karunia serta rahmat ilahi. Maka dari itu marillah kita berupaya untuk menuju kehidupan yang lebih mulia dengan meninggalkan beberapa kemungkaran yang terjadi pada hari raya Idul Fitri atau sebelumnya. Di antaranya adalah:

1.         Menyerupai orang-orang kafir dalam hal berpakaian dan berpesta pora.

2.         Menggelar pesta judi, dan bertamasya ke tempat-tempat hiburan dan maksiat.

3.         Pengkhususan ziarah kubur di hari Id atau sebelumnya.

4.         Pengkhususan malam Id untuk melakukan ritual ibadah tertentu.

5.         Berpuasa di hari Id.

6.         Pelarangan wanita untuk menghadiri shalat Id.

7.         Ikhtilath (campur baur antara pria dan wanita yang bukan mahram).

8.         Tidak peduli terhadap fakir miskin yang kekurangan di hari itu.

9.         Menghiasi masjid dengan lampu-lampu hias, bunga dan sejenisnya. Karena yang demikian itu tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam dan para shahabatnya radliyallahu ‘anhum.

Judul : Khutbah Idul Fitri  1431H

Khotib : Al ustadz Ali Basuki –Hafizhahullah Ta’ala-

Tanggal Rekam : 1 syawal 1431 H

Tempat: Halaman Masjid Fatahillah Curug Tanah Baru,Beji Depok

Download Disini 

 

Download File Kajian Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal Ustadz Dzulqarnain mp3

Alhamdulillah iLmoe dapat menghadirkan tata cara pelaksanaan shalat Id dalam rangka menyambut datangnya hari raya Iedul Fitri 1 Syawal 1431 H yang disampaikan oleh Al Ustadz Dzulaqarnain .

http://statics.ilmoe.com/kajian/fiqh/Tata-Cara-Pelaksanaan-Shalat-Idul-Fitri-1-Syawal-Ustadz-Dzulqarnain.mp3

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Syawal Ustadz Dzulqarnain mp3 Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Syawal Ustadz Dzulqarnain Tata Cara Pelaksanaan

Semoga bermanfaat.

Download File Kajian Khutbah Sholat ‘Ied 1 Syawal 1427 H mp3  Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf dari Bandung

Berikut rekaman ceramah khutbah shalat Idul Fitri tahun 1427 H yang disampaikan oleh Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf dari Bandung. Ceramah khotbah Shalat Id ini mengambil pembahasan dengan mengingatkan umat Islam untuk tetap memperbanyak mengerjakan ibadah walaupun bulan Ramadhan telah berlalu. Dan nasihat untuk memperbanyak mengingat kematian sehingga kaum muslimin bersemangat mengerjakan kebaikan.

http://statics.ilmoe.com/kajian/users/el-iskandar/kumpulan-khutbah-al-ustadz-abu-hamzah-yusuf-al-atsary/Khutbah-Sholat-_%27Ied-1-Syawal-1427-H.mp3

Khutbah Sholat ‘Ied Syawal 1427 mp3 Khutbah Sholat ‘Ied Syawal 1427 Khutbah Sholat ‘Ied Syawal 1427 mp3 Khutbah Sholat ‘Ied Syawal 1427 Khutbah Sholat ‘Ied

 

Sumber :

http://ibnulqoyyim.com/content/view/105/1/

http://www.assalafy.org/mahad/?p=538

http://muwahiid.wordpress.com/download-kajian-salafy/

About these ads

Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s