طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

JARAK PEMONDOKAN JAMAAH HAJI DI MAKKAH DARI MASJIDIL HARAM | Tabel pendistribusian qur’ah maktab untuk calon jamaah haji dari Indonesia tahun 2011/1432H Berdasarkan NOmor kloter dan embarkasi | Nomor maktab dan wilayah Mahbas Jin, Jiad, Jumaizah, Syib amir, Ma’abdah, rei zakhir, Jarwal, Hafair, Syari Mansuor, Syari’ Ummul Quro, Misfalah, bakhutmah, Nakkasah

with 8 comments


JARAK PEMONDOKAN JAMAAH HAJI DI MAKKAH DARI MASJIDIL HARAM | Tabel pendistribusian qur’ah maktab untuk calon  jamaah haji dari Indonesia tahun 2011/1432H Berdasarkan NOmor kloter dan embarkasi | Nomor maktab dan wilayah Mahbas Jin, Jiad, Jumaizah, Syib amir, Ma’abdah, rei zakhir, Jarwal, Hafair, Syari Mansuor, Syari’ Ummul Quro, Misfalah, bakhutmah, Nakkasah

MEKAH–MICOM: Persiapan pemondokan yang akan digunakan calon jemaah haji Indonesia di Mekah saat ini capai 95% dan seluruhnya sangat layak dihuni. 

“Segala keperluan sudah kita persiapkan dan diharapkan dalam waktu dekat ini persiapannya sudah bisa 100 persen,” kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Arsyad Hidayat di Mekah, Arab Saudi, Sabtu (1/10).

Menurut dia, dirinya sudah memerintahkan seluruh kepala sektor di Mekah untuk segera menyelesaikan semua pemondokan, seperti dengan membersihkan kamar serta melengkapi segala kekurangan.

Dikatakannya, calon jemaah haji Indonesia direncanakan akan masuk di pemondokan di Mekah pada 11 Oktober setelah sebelumnya mereka bermalam di Madinah.  “Kita tetapkan dua hari sebelum calon jemaah haji datang atau tanggal 9 Oktober, seluruh pemondokan sudah bersih dan dapat digunakan calhaj,” katanya. Untuk Mekah, katanya, telah disiapkan 316 pemondokan yang nanti dapat menampung 201 ribu orang. 

Ia menjamin semua pemondokan sudah memiliki fasilitas minimal terpenuhi, yakni ada lift, dapur, kamar mandi, mesin pendingin udara serta air bersih.  “Kami menjamin tidak ada rumah yang tidak layak huni serta tidak memenuhi fasilitas minimal,” kata Arsyad. 

Meskipun demikian, tegasnya calon jemaah harus memahami bahwa setiap pemondokan berbeda satu dengan yang lain. Misalnya, ada pemondokan yang satu kamar diisi tiga hingga empat orang, tapi ada juga satu kamar diisi 10 orang.

Diingatkan pula bahwa dalam satu kelompok terbang tidak semuanya bisa ditampung dalam satu pemondokan dan dipisah menjadi dua pemondokan. Hal itu, katanya, dimungkinkan karena besarnya satu pemondokan berbeda dengan pemondokan yang lain. “Kita tetap upayakan satu kloter bisa dalam satu pemondokan tapi jemaah agar bisa paham kalau memang harus dipisah pemondokannya,” kata Arsyad. (Ant/wt/X-12) 

 

Berikut ini adalah  jarak wilayah-wilayah pemondokan jamaah haji di Makkah dari Masjidil Haram:

Sejak dua tahun yang lalu Pemerintah Arab Saudi berencana untuk mengadakan perluasan halaman Masjidil Haram. Perluasan dilakukan di area Selatan Masjid (Jabal Hindi) dan area Pasar Seng. Perluasan ini berakibat tempat pemondokan semakin berkurang karena banyak hotel-hotel di daerah tersebut yang telah dibongkor dan rata dengan tanah, bahkan Jabal Hindi pun mulai diratakan ?!. Hal ini berakibat pula pemondokan jamaah haji semakin jauh dari Masjidil Haram termasuk pemondokan untuk jamaah haji Indonesia. Bahkan Dua tahun (Tahun 2008) yang lalu jamaah haji Indonesia pernah menempati Daerah Suqiyah yang berjarak kurang lebih 15 Km dari Masjidil Haram. Bisa dibayangin deh.. jauhnya, kasihan jamaah hajinya.., mereka jadi jarang ke Masjidil Haram. Mereka mendapat julukan Haji Maktab ( karena sering di maktab) hehe… Tapi Alhamdulillah, tahun yang lalu daerah tersebut sudah tidak dipakai lagi. Nah.., untuk melhat jarak daerah pemondokan jamaah haji Indonesia silahkan lihat daftar di bawah ini: 

 Daerah/ Wilayah
 Jarak Dari MAsjidil Haram
 Ja’fariyah/ Zumaizah  2,62 Km
 Sulaimaniyah  1 Km
 Shieb Amir  0,77 Km
 Jarwal/ Jarwal Taisyir  1,3 – 2 Km
 Zahir  2,5 – 3,2 Km
 Rai’ Zahir  2,5 – 2,8 Km
 Sari’ Sittin  3,9 Km
 Bakhutmah  2,1 – 2,7 Km
 Misfalah I  1,5 Km
 Misfalah II  2 – 3 Km
 Hijrah  3,79 Km
 Aziziyah (Mahbaz Jin)  2 – 3 Km
 Aziziyah Zanubiyah I  3 – 4 Km
 Aziziyah Zanubiyah II  5 – 6 Km
 Aziziyah Shimaliyah  3,3 – 6,5 Km
 Aziziyah Syisah/ Roudhah   2,6 – 4,7 Km
 Ma’abdah  2,3 – 3,3 Km
 Nuzhah  3 – 5 Km
 Kemah di Mina ke Jamarot  2,5 – 7 Km
 Syari’ Ummul Qura’ II  2,5 Km
 Syari’ Mansyur II  2,3 – 2,8 Km

 

*Data tersebut diatas diambil dari Google Earth

dan berikut ini Tabel pendistribusian qur’ah maktab untuk calon  jamaah haji dari Indonesia tahun 2011/1432H Berdasarkan NOmor kloter dan embarkasi :

 

sumber :

http://kemenag.go.id/file/dokumen/KurahHj1.pdf

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/01/264539/293/14/Persiapan-Pemondokan-Haji-di-Mekah-capai-90

About these ads

8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ok thanks

    ika nurkasih

    April 8, 2012 at 08:26

  2. sukron, Barakallah khoir…sangat membantu

    DjNofri Caffemix

    October 23, 2011 at 13:22

  3. sukron, Barakallah khoir…sangat membantu untuk.

    DjNofri Caffemix

    October 23, 2011 at 13:21

  4. kalau menulis yang benar adalah ; janubiyyah. bukan pakai huruf ” z”. – zanubiyah. ntar salah bacaannya, salah artinya. sesat menyesatkan belajar arab yang baik inikan indonesia yang banyak ulamanya, katanya. mana fakar-fakar bhs Arab kita. yang lulusan mesir, (Timur Tengah),

    iwansaray

    October 23, 2011 at 00:25

  5. assslm…
    bisa tolong tampilkan peta hotelnya posisi dari masjidilharam dengan daftar penghuninya menurut kloter dan embarkasinya…

    ABDUL AZIZ

    October 11, 2011 at 23:01

  6. Petunjuk Jarak antar Maktab dengan Masjidil Haram ( Kabah)

    Suwandi Prajitno

    October 9, 2011 at 12:51


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s