طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

DAGING KURBAN UNTUK ORANG KAFIR : Bolehkah orang non-muslim memakan daging qurban pada hari Iedul adha ?

with 6 comments


Pertanyaan : Bolehkah orang non-muslim memakan daging qurban pada
hari Iedul adha ?

 

Jawab :
Ya, boleh bagi kita memberikan makan kepada orang kafir mu’ahad ( yang terikat perjanjian yaitu yang tunduk kepada negara Islam ) dan tawanan dari daging qurban, dan boleh memberikannya karena kefaqirannya,atau kekerabatannya atau karena tetangga, atau untuk mengambil hatinya ( supaya masuk Islam ) karena hewan qurban merupakan ibadah pada penyembelihannya sebagai qurban karena Allah, dan ibadah kepada-Nya.

Adapun dagingnya, maka yang paling utama adalah yang berqurban memakan sepertiganya, memberikan sepertiganya kepada kerabat, tetangga dan teman-temannya, dan bersedekah dengan sepertiganya lagi untuk kaum faqir, jika dia melebihkan atau mengurangi dari bagian-bagian ini, atau mencukupi dengan sebagiannya maka tidak apa-apa, dalam hal ini ada kelapangan, dan tidak boleh memberikan daging qurban kepada musuh, karena seharusnya kita mematahkan musuh dan melemahkannya tidak membantu dan menguatkannya dengan sedekah, begitu juga hukum sedekah sunnah, karena umumnya firman Allah : “Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS. 60:8)

Dan karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah memerintahkan Asma’ bintu Abu Bakar radhiyallahu ‘anhuma untuk berbuat baik kepada ibunya dengan harta sedang ibunya seorang musyrikah dalam keadaan damai.

(Dikutip dari Fatwa-fatwa tentang Qurban, Syaikh Muhammad Shalih Al Utsaimin; Syaikh Abdul Aziz Abdullah Bin Baz, Majmu’ Fatawa, Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Jilid 6 hal,385)

 

Sumber : http://www.salafy.or.id/?p=492

About these ads

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hmmmm…..umat bayi(hanya pake popok ditiang salib)surga mu hanya didunia ini,,,,

    suzana

    September 9, 2012 at 20:15

  2. ya namanya daging kurban baik kambing maupun sapi, siapa yang tahu hukumnya haram kalau ngasih ke orang non muslim. sob, haram dan halal tuh TUHAN yang menentukan, bukan manusia, apalagi Muhammad. Bisahkah kamu mengasihi TUHANMU yang tidak kelihatan, lha wong mengasihi sesamamu manusia yang jelas2 kelihatan, kamu nggak bisa. jangan telan mentah-mentah isi kitabmu. cerna dalam hati dan pikiran yang terang. kita mengimani suatu kitab suci belum tentu yang ditulis itu benar. yang kita imani yaitu yang paling benar, tapi jangan menyalahkan kitab orang lain. lha wong yang nulis juga manusia, sama dengan kita. kalau dia salah, ya kita terperosok. so, jangan menjadi hakim bagi umat lain. thx.

    jamali

    April 6, 2012 at 00:06

  3. dan tidak boleh memberikan daging kurban kepada musuh karna seharusnya kita mematahkan musuh dan melemahkannya. “tuhan koq ngajarin dendam!!! gk ada tuh!! tuhan tuh ngajarin kasihilah musuhmu, jangan menghakimi, jangan membalas kejahatan dengan kejahatan. itu ajaran kristen yang saya pelajari dari dalam alkitab. karena membalas dendam atau menghakimi bukan hak manusia, tuhan mengijinkan menghakimi orang bersalah asalkan yang menghakimi tidak berdosa sama sekali, jangan sesama pendosa saling menuduh. buktikan sendiri ajaran krosten yang sangat penuh kasih, krn Allah berkata jika engkau mengampuni kesalahan orang lain, maka Allah puna akan mengampuni kesalahanmu, tapi jika tidak, maka sebaliknya Allah tidak mengampunimu.

    nadya

    November 15, 2011 at 13:45

    • ***i, ****n lho… Awas jangan balas ya, kan kalian harus selalu menyayangi walau dimaki.

      orang islam

      November 21, 2011 at 11:10

    • Saudara Nadya, yang dimaksud dengan musuh di sini adalah ketika dalam keadaan perang di jalan Allah. Maaf, allah di sini adalah allahnya kami, bukan allahnya kalian.

      EsVeJe

      January 15, 2012 at 18:27

  4. makasih informasinya…. :)

    joko disini saja

    November 3, 2011 at 09:07


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s