طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

HUKUM MENGGUNAKAN “LENSA KONTAK” : Untuk tujuan kosmetik (penampilan/kecantikan) dan untuk memperbaiki tajam penglihatan (alasan medis)

with 11 comments


Hukum Mengenakan Lensa Kontak Supaya Terlihat Cantik

Lensa kontak banyak jadi pilihan, baik untuk alasan kosmetis maupun medis. Banyak orang memutuskan memilih lensa kontak dibandingkan kaca mata untuk mempertajam penglihatan yang terganggu karena mata minus atau plus.

Secara harafiah, menurut Dr. Sri Rahayu, SpM, FIACLE. dari Jakarta Eye Center, lensa kontak merupakan alat bantu untuk mengoreksi kelainan refraksi (pembiasan atau penyimpangan arah), atau kelainan penglihatan yang disebabkan adanya ketidaksesuaian optik (sistem pencahayaan) pada mata.

Pada mata normal, urai Sri, tugas mata membiaskan atau menangkap sinar oleh retina, sehingga sinar yang sejajar harus jatuh tepat pada retina. “Jika ada kelainan refraksi, bayangan objek yang dilihatnya tidak akan jatuh tepat pada retina, melainkan di belakang atau di depan retina. Misalnya, jika objek yang dilihat berupa titik, yang terlihat oleh mata yang mengalami kelainan penglihatan akan menjadi berupa garis.”

Oleh karena itu, Sri menegaskan, jika ada kelaianan refraksi pada mata, harus dikoreksi oleh sistem optik. “Sinar yang tadinya ditangkap terfokus tidak di retina, menjadi tepat di retina lagi. Koreksi ini bisa dengan penggunaan kaca mata atau lensa kontak yang ditempelkan atau kontak langsung pada kornea mata.”


Pertanyaan:

Ahsanallohu ilaikum syaikh yang mulia, seorang wanita bertanya: apa hukum memakai lensa kontak kecantikan bagi wanita?

Jawaban Syaikh Sholeh bin Fauzan al-Fauzan hafidzohulloh:

Jika dengan memakai lensa mata ada maslahat untuk menguatkan penglihatan, seperti seorang wanita yang penglihatannya lemah sehingga butuh lensa, ia sama seperti orang yang penglihatannya lemah memakai kacamata. Begitu pula jika pada matanya terdapat aib, ia mengenakan lensa kontak untuk menutupi aib ini maka tidak mengapa.

Adapun jika kedua matanya sehat dan tidak pula terdapat aib padanya, maka kami berpendapat tidak perlu ia memakai lensa, karena ini sia-sia. Sebagian wanita memakai lensa kontak untuk meniru-niru mata para wanita kafir, supaya warnanya jadi kebiruan dan seterusnya. Dan sebagian mereka memakai lensa kontak untuk menyesuaikan dengan pakaian yang ia kenakan, ini semuanya sia-sia.

Intinya, jika tujuan memakai lensa kontak adalah untuk menguatkan penglihatan maka boleh, jika untuk menghilangkan aib maka boleh, dan jika untuk bergaya atau berbuat sia-sia maka ini yang kami anggap tidak boleh.

Diterjemahkan dari: http://www.alfawzan.ws/node/4418.

أحسن الله إليكم صاحب الفضيلة ، تقول : ما حكم لبس عدسات التجميل للنساء ؟

الجواب : العدسات إذا كان فيها مصلحة لتقوية البصر ،  بصرها ضعيف تحتاج للعدسات تلبسها مثل ما تلبس النظارات إذا كان البصر ضعيفًا ، وكذلك إذا كان في عينيها عيب ، في عينيها عيب تلبس العدسات من أجل إزالة هذا العيب فلا بأس بذلك ، أما إذا كانت العينان سليمتين ولا فيهما عيب فلا نرى لبس العدسات ؛ لأن هذا من العبث ،  وبعض النساء تلبس عدسات تشبه أعين الكافرات تكون زرق ، أو تكون .. ، وبعضهن تلبس عدسات على شكل الثياب التي تلبسها ؛ هذا من العبث كله الحاصل أنه لبس العدسات إن كان لتقوية البصر فلا بأس بذلك ،  وإن كان لإزالة عيبٍ في العيون فلا بأس بذلك ، إذا كان من أجل الموضة ، أو من أجل العبث ، هذا الذي نرى أنه لا يجوز .  نعم .

http://ummushofi.wordpress.com/2011/05/19/hukum-mengenakan-lensa-kontak-supaya-terlihat-cantik/

http://www.resep.web.id/cantik/lensa-kontak.htm

 :SUMBER

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. thx infonya ya

    ratri fildza alifia

    March 3, 2013 at 14:10

  2. Kecuali bagi yang matanya plus atau minus…. yang perlu dihias dan dipercantik adalah hati dengan hiasan keimanan yang sempurna, hiasan yang bersifat lahiriah dapat menimbulkan syahwat bagi yang melihatnya. wah ! gawt kalau gitu lebih baik tidak pakai.

    iwan_s@rocketmail.com

    August 28, 2012 at 08:09

  3. betul jg tu,,,,,,,

    miftah mardhiah

    August 2, 2012 at 18:16

  4. Tetap sah kah dipeke Sholat..?

    anto

    July 7, 2012 at 17:30

  5. knp rakyat indonesia mau memakai kontak lensa.
    kan konta lensa itu berbahaya bg kita

    getzy donita

    May 26, 2012 at 15:53

  6. saya setuju sekali

    a-dha

    March 18, 2012 at 14:00

  7. aku suka article nya….

    dunia unik

    March 9, 2012 at 20:54

  8. bagus…setujuuuu

    dian

    March 9, 2012 at 20:51

  9. zen ! masya Allah

    ummu Yakub

    February 19, 2012 at 23:39

  10. Bagaimana jika seorang ingin memakai lensa kontak yang berwarna (bukan biru seperti org barat) agar lebih cantik dan untuk menyenangkan pandangan suaminya, kebetulan suaminya pun menyukainya ?.

    @ Boleh, dengan syarat :
    – dengan niat untuk membahagiakan suami
    – hanya dipakai di rumah saja, bukan untuk pergi2 keluar rumah atau tampil di depan laki2 yang bukan mahram.

    Wallaahu ‘alam..

    Aina

    February 19, 2012 at 23:24

  11. ass.wr.wb
    setuju,
    kalau menurut saya wanita2 yang pake LC juga gak nambah cantik tuh,
    kecantikan lahiriah adalah relatif tapi
    kecantikan hati adalah hakiki
    Salam kenal
    wassalam

    pak dar

    February 19, 2012 at 04:56


Bagaimana menurut Anda?