طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

CARA KHITAN : (GAMBAR) SUNAT METODE SMART KLAMP

with 28 comments


CARA KHITAN : METODE SMART KLAMP

Smartklamp adalah salah satu inovasi terbaru dunia kedokteran khususnya di bidang sirkumsisi (khitanan) dan saat ini sangat banyak di pakai di dunia Internasional. Sejak diluncurkan pertama kali di pameran alat kesehatan dunia di Dusseldorf, German, tahun 2001, alat ini langsung melejit memasuki pusat-pusat pelayanan kesehatan di Eropa, Amerika dan Asia Tenggara. Alat ini sangat diminati oleh para dokter disebabkan alat ini sangat praktis dan aman dibandingkan alat lain yang saat ini ada.

Smartklamp memang dirancang untuk menghasilkan cara yang aman, cepat, dan canggih. Alat ini diciptakan dengan menggunakan teknologi plastik terkini dan diproduksi dengan standard mutu berkualitas tinggi.

Prosedur sirkumsisi yang hampir tanpa perdarahan dan alat yang sekali pakai (disposable) juga membantu mengurangi resiko penyebaran infeksi. Alat ini bekerja dengan cara kerja yang menyamai klem tali pusar bayi, sehingga tanpa memerlukan jahitan dan perban.

Alat ini terdiri dari berbagai ukuran, karena itu sangat cocok dilakukan pada bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Metode ini juga sangat aman bagi penderita Diabetes, Hemofilia, anak-anak Autis atau anak-anak Hiperaktif.

Beberapa kelebihan alat ini adalah dari sisi praktisnya alat ini sangat mudah digunakan bagi para dokter, tanpa jahitan dan tanpa perdarahan sehingga waktu yang diperlukan untuk melakukan proses khitanan menjadi lebih singkat (hanya sekitar 7 menit).

Dari sisi keamanan alat ini mampu mencegah terjadinya cedera pada saat proses sunatan, menghindari terjadinya infeksi seperti HIV/AIDS dan hepatitis. Bentuknya yang ergonomis dan ringan membuat alat ini sama sekali tidak mengganggu aktifitas anak. Metode kerjanya dengan sistem klem memberikan perlindungan dan keamanan sesudah khitanan sehingga anak dapat beraktifitas bebas seperti biasa dan bisa langsung sekolah keesokan harinya bahkan bisa langsung dipakai untuk berenang.

Bagi anak yang hiperaktif, alat ini adalah pilihan yang paling tepat karena tingkat keamanannya yang sangat tinggi. Demikian juga untuk anak atau bayi yang masih mengompol alat ini sangat cocok karena tahan terhadap basah.

KEUNGGULAN SMARKLAMP

Praktis

Alat ini hanya terdiri dari 2 komponen terbuat dari bahan yang ringan dan kuat sehingga persiapan sunatan sangat mudah.- Pemasangan alat sangat mudah, tanpa perdarahan, tanpa jahitan dan tanpa perban.
Perawatan setelah sunatan sangat mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus seperti metode lain. Dengan alat ini pasien dapat langsung beraktifitas normal seperti bersekolah, bermain, bekerja bahkan berenang. Pada saat liburan anak boleh berpergian keluar kota tanpa khawatir akan berdarah atau komplikasi lain.
Pelepasan alat ini sangat mudah bahkan bisa dilakukan sendiri oleh orang tua atau pasien yang telah dewasa.

Aman

Prosedur pemasangan alat ini memberikan keamanan yang lebih baik sehingga terhindar dari cedera atau trauma saat pemasangan.
Alat ini dibuat untuk sekali pemakaian (disposable) sehingga terhindar dari resiko infeksi dan tertular penyakit seperti HIV/AIDS, hepatitis dsb. Metode ini tidak memerlukan antibiotik selama perawatan.
Alat ini sangat cocok digunakan untuk anak dengan kelainan seperti Hemofilia, Autis, Hiperaktif, Retardasi Mental, bayi dengan Fimosis, Infeksi/ radang, dsb.
Pada anak yang masih mengompol alat ini adalah pilihan terbaik bagi orang tua karena dengan alat ini luka khitanan terhindar dari siraman air kencing.

Cepat

Waktu pemasangan sangat cepat (hanya sekitar 5 – 7 menit)
Alat akan terpasang selama 5 hari untuk anak-anak dan 7 hari untuk dewasa.
Selama penggunaan alat akan terasa singkat karena tanpa perawatan khusus.
Waktu penyembuhan rata-rata lebih cepat dibandingkan metode lain yaitu 20 hari sejak hari dikhitan.

Nyaman

Alat ini sangat ringan dan ergonomis sehingga serasa tidak habis disunat
Tidak menimbulkan rasa nyeri
Pilihan waktu sunatan tidak harus liburan atau cuti bekerja karena pasien dapat langsung beraktifitas sehari setelah dikhitan. Khitanan pun dapat dilakukan pagi, siang ataupun malam dengan hasil yang sama.
Alat ini terdiri dari berbagai ukuran sehingga dapat digunakan untuk berbagai usia mulai bayi, anak-anak sampai dewasa.

Kosmetis

Hasil khitanan akan lebih estetis, rapi dan simetris sehingga pasien akan merasa lebih puas.

Ekonomis

CARA PEMASANGAN ALAT

1. Dibius secara lokal

2. Penis dibersihkan dan dibebaskan perlengketan yang ada

3. Alat Smartklamp dipasang; pertama tabungnya kemudian klem penguncinya.

4. Setelah letak Smartklamp telah sesuai, klem dikunci lalu kulit kulup dibuang.

5. Proses selesai sekitar 5 sampai 7 menit. Tanpa perdarahan, tanpa jahitan dan tanpa perban. Selanjutnya pasien dapat langsung beraktifitas seperti biasa.

CARA PERAWATAN

Minum obat yang diberikan secara teratur
Menjaga kebersihan dengan mandi teratur seperti biasa
Bilas glans penis dan alat Smartklamp dengan air setiap selesai buang air kecil.
Setelah mandi atau membilas, keringkan penis dan alat Smartklamp dengan sebaik-baiknya lalu bubuhkan betadine atau alkohol pada areal bekas luka pemotongan.
Tata cara perawatan secara lengkap ada pada menu “Galeri Foto” dan/ atau “Video”

CARA PELEPASAN

1. Setelah hari ke-5 (pasien anak) atau ke-7 (pasien dewasa) alat dilepas. Pertama gunting klem pada sisi kiri dan kanannya.

2. Lalu lepaskan klem dengan mengangkatnya.

3. Kemudian teteskan necrotic jaringan kulit yang berwarna hitam dengan baby oil sebanyak mungkin setiap 15 menit sekali selama 3 jam, melalui tabung bagian luar dan dalam.

4. Setelah tabung dapat diputar, maka tabung dilepas.

5. Setelah tabung lepas, lakukan pengompresan dengan rivanol (gunakan kassa steril, jangan kapas) pada bagian jaringan necrotic minimal 10 kali sehari. Selingi dengan betadine.

6. Dalam waktu beberapa hari maka luka akan sembuh sempurna. Hasil khitan metode Smartklamp jauh lebih rapih, simetris dan estetis.

7. Tata cara pelepasan alat dan perawatan pasca lepasnya alat secara lengkap ada pada menu “Galeri Foto” dan/ atau “Video”

SUMBER :

http://agungrakhmawan.wordpress.com/2008/11/29/teknik-sirkumsisi-smartklamp/

Baca Juga :

About these ads

28 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Dok anak saya sudah khitan smart klamp, tp karena kurang informasi dari dokternya maka anak sy mengalami sakit yg luar biasa pd saat proses pelepasan tabung. krn tabungnya harus dilepas maka anak saya dibius lokal dg 2 botol obat bius dan 2 kali semprot obat bius skrg penisnya bengkak dan ada lukanya. skrg dikasih obat amoxixilin, asam mefenamat dan pyradexon. ini sudah berjalan 2 hari tp bengkaknya kok belum kempes…bgmn ya dok solusinya…apakah perlu minum obat yg lain lg ?? tolong infonya secepatnya ya dok. apa perlu saya kirim foto (maaf maksud saya foto penisnya) dok supaya tau kondisi yang sebenarnya… terima kasih> anak saya umur 11 tahun dok..

    sean liando

    July 5, 2012 at 06:55

    • kebetulan anak saya juga khitan dengan metode smart klamp,swaktu pelepasan tabung tidak ada rasa sakit dan anak tidak di suntik lagi…
      sekarang sudah 2 minggu, alhamdulilah lukanya sudah hampir kering..sebaiknya di bawa ke dokter yang berpengalaman dalam bidang KHITAN SMART KLAMP..
      semoga membantu…

      cenza

      July 10, 2012 at 10:54

  2. hampir mirip dengan model ring..

    agoenk

    June 23, 2012 at 22:33

  3. pake smart klamp bagus, makasih infonya

    desi

    June 8, 2012 at 07:47

  4. Dimana ya mendapatkan alat sunat ini & berapa harganya?

    Tamin jamaludin

    May 21, 2012 at 19:31

  5. bagus banget artikelnya….

    sakti

    May 12, 2012 at 20:23

  6. ASSALAMUALAIKUM DOK ,INI SAYA MOHON IJIN MENGAMBIL SUMBER DARI kaahil.wordpress.com TENTANG KHITAN untuk menambah penelitian skripsi s1 keperawatan dok selanjutnya mohon petunjuk ya dok

    suratman

    October 5, 2011 at 16:07

  7. dmn counter smart klem areal banyumas?n berapa harganya?

    tera

    October 1, 2011 at 15:11

  8. Untuk area samarinda dimana bisa didapatkan dan kalau bisa ada pelatihanya thnks

    Hamzah Ahmad Purwanto

    July 23, 2011 at 09:16

  9. Nambah tanggapan ah sebelum disepit atau disunat atau dikhitan, anak itu harus diwudhukan anggota tubuhnya dahulu agar bersih dan cerah raut mukanya.

    Ridatani

    July 23, 2011 at 05:08

  10. Center untuk kursus pemasangan dan pembelian smart klamp utk jawa timur dimana ya,,,mksh

    @ hubungi http://www.rumahsunatan.com

    Mufita Sulistyorini

    October 4, 2010 at 19:57


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s