طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

Manfaat TOGA (+gambar) : Kencur dan Kunyit

with 14 comments


Tanaman Obat Keluarga & Khasiatnya 1: Kencur

Banyak bahan-bahan disekitar kita yg bisa dijadikan obat keluarga, untuk menurunkan berat badan, menggemukkan badan dan berbagai manfaat lain sebagai obat natural / herbal . Berikut secara bersambung saya akan menulis tanaman obat tradisional  dari bahan yang ada di sekitar kita : bumbu dapur dan tanaman hias : kencur, kunyit, jahe, bunga tapak dara, bunga melati, bunga tai kotok dan masih banyak yg bisa dijadikan obat tradisional menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman Kencur – Kaempferia galanga

Kali pertama saya bahas tentang tanaman kencur.
Kencur (Kaempferia galanga, Linn) atau nama lokalnya di masing2 daerah sbb: Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh); Kencor (Madura), Cekuh (Bali), Kencur, Sukung (Minahasa); Asauli, sauleh, soul, umpa atau cangkor (Ambon), Cekir (Sumba).

Saya suka tanaman ini dan menanamnya di halaman maupun pot sebagai tanaman hias karena bunga dan daunnya juga cantik sebagai tanaman hias.  Kencur mudah ditanam, sebaiknya anda menyempatkan waktu menanam kencur di halaman atau kalo gak ada halaman tanam aja di pot.
Kencur gak perlu perawatan ekstra.  Cukup menanam rimpang / rhizomenya ke dalam tanah di tempat terbuka, jangan terlalu basah. Tanah dengan air yg tergenang tdk disukai kencur.  Kencur akan subur dan bagus tumbuhnya di musim hujan.
Selain untuk bumbu masakan spt urap, karedok, dan banyak lagi, kencur bisa dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit-penyakit  berikut ini :

Influenza dan Batuk pada bayi
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun
kemukus (lada berekor/ Cubeb) tumbuk halus,tambahkan beberapa sendok air hangat.  Oleskan diseputar hidung bayi.
Untuk batuk : kencur dibersihkan kulitnya, diparut dan peras, ambil sarinya, tambahkan 1 sendok air hangat, diminumkan ke bayi (ini utk bayi yang sdh makan MPASI ya, kalo yg masih ASI eksklusif hanya berikan asi saja, atau 1 tetes sari kencur dicampur ASI)

Radang Anak Telinga
2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan ½ biji buah pala ditumbuk halus, diberi 2 sendok air hangat dan dibalurkan diseputar hidung.

Batuk
1 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring, tambahkan garam secukupnya. Diminum hangat 1 – 3x / hari.
Bisa juga dengan mengunyah kencur segar (ini kalo kuat tahan pedes dan bau kencur), kunyah aja kencur dan diisap sarinya, ampasnya dibuang.  Sangat ampuh, sy selalu menggunakan cara ini.

Radang Lambung dan masuk angin.
Untuk radang lambung :2 rimpang kencur sebesar ibu jari. dibersihkan dan dikunyah spt untuk obat batuk, ampasnya dibuang kemudian minum segelas air.  Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.
Untuk masuk angin : kencur dimakan dengan garam, bagaikan lalapan kemudian minum segelas air putih. Lakukan pagi dan malam.

Menurunkan berat badan / melangsingkan tubuh.
2 rimpang kencur dibersihkan, parut, ambil sarinya, tambahkan madu.  Minum secara teratur pagi dan malam.  Ini sudah dicoba seorang teman dan berhasil.

Sakit Kepala
2-3 lembar daun kencur ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres/pilis pada dahi.

Diare
2 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, tambahkan 1 cangkir air hangat dan garam secukupnya, diperas dan disaring. Oleskan pada perut sebagai bedak pilis / kompres.

Menghilangkan Lelah.
1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan) dan 1 biji cabai merah.  Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
Minum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk  pria bisa ditambah dengan 1 potong lengkuas  lada secukupnya.

Menghilangkan Darah Kotor
4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering,  adas pulawaras secukupnya.
Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring.  Minum 2 kali sehari secara teratur.

Memperlancar haid
2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya.
Caranya : kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.
Minum sekali sehari 2 cangkir sekaligus.

Mata Pegal
1 potong rimpang kencur dibelah menjadi 2 bagian. Permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata.

Keseleo
1 rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Kedua bahan tersebut dipipis dgn air secukupnya. Oleskan/digosokan pada bagian yang  keseleo sebagai parem / bedak.

Lihat juga resep membuat beras kencur

SUMBER : http://www.ibujempol.com/tanaman-obat-keluarga-khasiatnya-1-kencur/ untuk http://kaahil.wordpress.com

Tanaman Obat Keluarga #2 : Kunyit

Tanaman obat tradisional berikutnya yg saya bahas adalah kunyit.   Rimpang dan daun kunyit selain sebagai bumbu di banyak masakan indonesia,  punya banyak khasiat sebagai obat natural / herbal.  Silakan simak khasiat kunyit dan bagaimana membuat jamu dan jus atau obat2an berbahan kunyit untuk obat diabetes, memperlancar ASI, memperlancar haid, obat keputihan, amandel, usus buntu, morbili , dll

Kunyit – Curcuma domestica / Curcuma longa


Kunyit (Curcuma longa, Linn atau Curcuma domestica atau synonim lainnya Curcuma rotunda)dengan nama lokal sbb :

* Inggris / America : turmeric / Indian saffron
* Perancis : Curcuma, Safran des Indes, Terre-mérite, Souchet des Indes
* Jerman : Curcuma, Kurkuma, Indischer Safran, Gelbwurz
* Belanda : Kurkuma
* India : Haldi (Hindi) ; Manjal (Tamil ; Haldi, Zard chub  (Urdu)
* Thailand : Kha min chan, Khamin heluong, Kha min; Wanchakmadluk
* Indonesia : Kunyit (Indonesia) ; Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura); Kuning (Maluku)
* Nama Farmasi : Rhizoma curcumae

Memperlancar ASI
Bahan: 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus dan dibalurkan seputar payudara sekali setiap 2 hari terutama pada masa awal menyusui.

Haid tidak lancar
2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading.  Semua bahan ditumbuk halus, direbus dgn 1 liter air sampai mendidih, saring dinginkan.
Minum 1 gelas sehari.

Sakit Keputihan / Pek Tay
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula aren.  Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring.
Minum 1 gelas sehari.

Perut mulas pada saat haid
1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 2 rimpang kencur sebesar 4 cm.  Semua  bahan  dicuci bersih dan diparut, ambil airnya.  Tambahkan perasan jeruk nipis, diseduh dgn stengah gelas air panas, kemudian saring.
Tambahkan garam dan gula sesuai selera.  Minum pada hari pertama haid.

Diabetes mellitus
3 rimpang kunyit + 1/2 sendok the garam direbus dgn 1 liter air sampai mendidih kemudian saring dan dinginkan.  Minum rebusan ini @ stengah gelas 2x seminggu

Tifus
2 rimpang kunyit + 1 bonggol sere + 1 lembar daun sambiloto ditumbuk halus, tambahkan 1 gelas air hangat, aduk rata kemudian disaring.  Minuman ini diminum sekali sehari selama 1 minggu.

Berak lendir
1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4  sendok makan kapur sirih direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas.  Saring.  Minum pagi dan sore masing2 stengah gelas.

Usus buntu
1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya.   Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring.  Minum setiap pagi setelah makan.

Disentri
1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya.  Semua bahan  direbus dengan 2 gelas air sampai  tinggal 1 gelas kemudian disaring.  Diminum  sampai sembuh

Cangkrang (Waterproken)
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, ditumbuk sampai halus, kemudian oleskan dibagian yg sakit

Amandel
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu.  Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk
sampai merata dan disaring.  Minum secara rutin 2 hari sekali

Morbili
1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle ditumbuk sampai halus dan oleskan kebagian yg sakit.

SUMBER : http://www.ibujempol.com/tanaman-obat-keluarga-2-kunyit/ untuk http://kaahil.wordpress.com

About these ads

14 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. nice blog gan
    visit back maskhur.com

    mas

    November 3, 2012 at 16:01

  2. asslm.wr.wb
    dok saya mo tanya.saya punya mag yg lumayan parah.dan memiliki angin duduk sehingga setiap pagi itu perut mual dan selalu sendawa disertai mo muntah.tolong mta resep sekaligus yg bisa mengobati penyakit saya,terima kasih

    agus

    May 20, 2012 at 07:06

  3. Aslamualaikum.mau tanya,sya dpat ramuan untuk melangsingkan badan sehabis melahirkAn ,,1 rimpang kunyit, 1 rimpang kencur, jahe sbesar ibu jari, ketumbar,asam jawa,,,aman gak untuk bayi saya??? Trus ramuan yg lebih tepat apa ??? Teerima kasih. Wassalam.

    tuti

    May 16, 2012 at 12:03

  4. dokter mau tanya :
    saya sudah 10thn menikah blm punya keturunan, bolehkah saya terapi dengan kencur untuk menghancurkan lemak diperut, sy sudah olah raga lemak diperut sulit sekali hilang. Sy sudah cek kedokter sy dan suami normal tp blm juga ada tanda2 kehamilan… Apakah kencur bisa juga untuk menyuburkan kandungan..?

    sri purwati

    December 26, 2011 at 10:31

  5. terima kasih banget boz infonya,,moga bermanfaat!!!! sukses selalu…

    nardi

    October 22, 2011 at 15:29

  6. Assalamualaikum.

    Saya nak tahu samada ibu kunci ada nama lain.

    Terima kasih.

    Salam.

    Pak Dahalan.

    Pak Dahalan

    August 17, 2011 at 14:46

  7. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    mata atas saya timbul benjolan bekas bintilan, gimana cara ya
    tuk menghilangkan benjolan ini tanpa operasi…
    mohon bantuan apakah dengan kunyit benjolan ini dapat bisa hilang,
    makasi….

    @ Wa’alaikumussalaam warohmatullaahi wabarokaatuh.

    cobalah dengan mengoleskan getah daun patah tulang rutin 2x sehari..

    http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=93

    ryan

    February 13, 2011 at 17:19

  8. bismillaah. ‘afwan ntuk menurunkan berat badan, yang dihamah bagian mana nya dok?

    @ yang dibekam bagian bahu kanan kiri, kaahil dan perut bagian depan dan belakang. harus disertai minum herbal semisal minyak zaitun dan olahraga teratur.

    ummu shofiyah

    September 3, 2010 at 04:25

  9. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    1. Adakah herbal untuk mengobati penyakit syaraf, seperti kepala sakit seperti gempa dan di pukul-pukul, susah konsentrasi, mudah lupa dan mudah lupa.

    2. Kolesterol tinggi, badan kaku-kaku, berjalan seperti “robot” dan lidahpun jadi sedikit jedal.

    3. Sudah bosan dengan obat-obatan dokter spesialis saraf.

    JazakALLAH. Semoga anda selalu di rahmati. Amiin

    @ Wa’alaikumussalaam warohmatullaahi wabarokaatuh

    Untuk keluhan bapak diatas, pengobatan yang utama adalah dengan Bekam (Hasilnya nyata dan signifikan), herbal hanya sebagai tambahan : Capsul minyak zaitun 3×2 kapsul sebelum makan dan capsul habbatussauda 2×2 kapsul sesudah makan.

    Muhadi

    August 11, 2010 at 08:41

  10. wah makasi bgt nih buat infonya… n_n

    chai

    July 18, 2010 at 02:37

  11. Dimana kita bisa beli minyak Zaitun?

    @ silahkan pesan di http://al-ilmu.com/obat/detail.php?id=91

    anik anggriani

    May 4, 2010 at 20:34

  12. Mertua saya sekarang bbirnya agak merong , bisa ga ya pake obat2 tradisional..dulu katanya kejepit saraf.maksih…

    @ yg terbaik adalah dgn terapi bekam digabung dgn fisioterapi.. Utk obat2an tradisional hy sebagai terapi tambahan saja.

    juli

    February 15, 2010 at 05:51

  13. Dimanakah bisa diperoleh minyak zaitun ?

    @ silahkan menghubungi bagian pemasaran dari al-ilmu.com atau alghuroba atau khoulah agency

    ummu miqdad

    January 4, 2010 at 12:40

  14. APAKAH BOLEH menurunkan berat badan / melangsingkan tubuh DENGAN ….
    2 rimpang kencur dibersihkan, parut, ambil sarinya, tambahkan madu… BAGI IBU YANG SEDANG MENYUSUI ?
    Jazakallahu Khair.

    @ Ibu menyusui boleh saja mengkonsumsi madu dan kencur. Adapun resep thibbunnabawy untuk menurunkan berat badan yang aman adalah dengan bekam (hijamah) dan mengkonsumsi minyak zaitun 3×2 sendok makan (Sebelum makan).

    http://kaahil.wordpress.com/2009/08/10/hasil-penelitian-pakar-kedokteran-tentang-minyak-zaitun/
    http://kaahil.wordpress.com/2009/11/14/inilah-penelitian-medis-khasiat-minyak-zaitun/

    ummu miqdad

    January 3, 2010 at 12:36


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s