طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

Islam, Hukum, Sholat, Tatacara

(RAHASIA WANITA TERCANTIK DI DUNIA) TIPS MENJADI ISTERI SHOLEHAH DAMBAAN PARA SUAMI : “Seandainya aku (boleh) memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain, niscaya aku perintahkan istri untuk sujud kepada suaminya.”

with 94 comments


Yang Perlu Diperhatikan untuk Menjadi Istri Sholihah

Lihatlah pada diri engkau wahai Istri…

Apakah engkau sebagai tempat yang tenang bagi suamimu? Dia merasa tenang untuk datang kepada engkau setelah pergi dan berpisah, penat, capek dan lelah? Atau engkau menghindarkan diri untuk menemaninya, dan sangat berat bagimu untuk ikut menanggung kegalauan perasaannya?

Sesungguhnya keberadaanmu sebagai tempat yang tenang bagi suami, mengingatkan engkau agar bisa sebagai tempat istirahat baginya dalam segala sisi; menebarkan ketenangan di rumah, menyiapkan makanannya dan membersihkan rumahnya, sehingga dia tidaklah mendengarkan kecuali kebaikan. Dan matanya tidak melihat pada dirimu kecuali kebaikan.

Jika engkau menginginkan suami yang bisa menyejukkan matamu, maka jadilah penyejuk mata baginya. ‘Abdullah bin Ja’far berwasiat kepada putrinya pada hari pernikahannya, “Hindarilah olehmu sifat cemburu, karena merupakan kunci terjadinya perceraian. Jauhilah olehmu banyak mencela, karena akan menyebabkan kebencian. Pergunakanlah celak, karena merupakan perhiasan yang paling baik. Dan wewangian yang paling semerbak adalah air.”

Seorang ibu menasehati putrinya pada malam pernikahan, dia berkata, “Kamu wajib untuk qona’ah, mendengar dan taat, menjaga diri dan tenang. Jagalah kecintaan. peliharalah harta benda. Bantulah pekerjaannya. Kerjakan apa yang menyenangkannya. Simpanlah rahasianya. Jangan menentang perintahnya. Tutuplah cela dan sakunya. Cintailah dia ketika sudah tua. Jagalah lisanmu. Pilihlah tetanggamu. Dan kokohlah didalam keimananmu.”

Lalu di manakah engkau wahai wanita yang mulia dari wasiat-wasiat berharga ini untuk dipersembahkan kepada seorang suami yang disabdakan oleh Rosulullah,

“Dia adalah surga dan nerakamu.”

Maka tidak sepantasnya bagi seorang istri untuk tertawa di hadapan suaminya ketika dia dalam keadaan marah. Dan tidak sepantasnya bagi seorang istri tatkala suaminya marah, dia tinggalkan dan tidak berusaha untuk menjadikannya ridha. Karena hal ini akan semakin menambah kemarahan suami.

Betapa banyak istri yang mempunyai tempat tersendiri di dalam hati suaminya karena dia selalu berusaha untuk mencintainya dan membuatnya ridha, sampaipun tatkala sang suami marah kepadanya dalam keadaan dia yang salah terhadap hak istrinya. Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Maukah aku kabarkan kepada kalian tentang wanita-wanita kalian yang berada di surga? Yang penyayang, banyak anak dan banyak meminta maaf; yaitu wanita yang tatkala dizhalimi (oleh suaminya) mengatakan, ‘Ini tanganku berada di tanganmu, aku tidak akan merasakan ketenangan hingga engkau ridha’.”

Dan istri harus tahu bahwa membantu suami adalah wajib baginya. Wajib baginya untuk menaati suami dalam perkara yang halal. Adapun dalam perkara yang harom, maka tidak boleh menaatinya. Karena itu wajib baginya untuk mengerjakan apa yang dibutuhkan oleh suami dirumahnya, tunduk kepadanya dan tidak sombong.

Istri sholihah adalah yang mengetahui tentang agungnya kedudukan suami; dan besarnya hak suami atasnya. Maka dia akan berusaha keras untuk memberikan ketenangan dan kebahagiaan kepadanya.

Seorang istri hendaknya merenungkan sabda Rosulullah,

“Seandainya aku (boleh) memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain, niscaya aku perintahkan istri untuk sujud kepada suaminya.”

Maka wajib bagi istri untuk melayani suami dengan baik, menjaga rahasianya dan memelihara hartanya, karena dia adalah orang yang diamanati. Jangan sampai membuka tirainya kepada selain suami.

Melembutkan hati anak-anak atasnya. Menghindari sikap keras dan kasar. Jika suami memberikan bantuan atau hadiah -misalnya-, maka berterimakasihlah atas perbuatannya dan memujinya dengan baik.

Jangan mencela apa yang dia berikan dan jangan mencaci apa yang dia kerjakan untuk istri dan anak-anaknya. Istri harus mencari tempat-tempat yang bisa menjadikan suami ridha, kemudian bergegas mengerjakannya.

Selalu membantu suami untuk menjaga diri dan menghindar dari fitnah. Maka jangan tinggalkan tempat tidur suaminya, menyingkir tidur sendirian. Nabi bersabda,

“Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, tidaklah seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur, kemudian istri menolaknya, kecuali yang di langit akan marah kepada istri tersebut hingga suami ridha kepadanya.”

Maka temanilah suami di dunia dengan cara yang baik. Kerjakan apa yang disukai suami -meski dia tidak menyukainya-, dan tinggalkanlah apa yang tidak disukai suami -meski dia menyukainya- karena mengharap pahala dari Alloh, dan sadar bahwa suami adalah tamu yang sedang singgah di tempatnya dan hampir pergi meninggalkannya, maka janganlah disakiti baik dengan ucapan maupun perbuatan. Rosulullah bersabda,

“Tidaklah seorang istri menyakiti suaminya di dunia, kecuali istrinya dari bidadari berkata, ‘Jangan sakiti dia -semoga Alloh mencelakakan kamu-. Dia di sisimu hanyalah sekedar singgah, sebentar lagi akan meninggalkanmu menuju kami’.”

Ketahuilah bahwa wanita yang paling utama adalah yang selalu menganggap besar apa yang dilakukan oleh suaminya, meski perkara yang kecil.

Memuji di hadapan orang lain dengan kebaikan meski suami penuh dengan kekurangan. Dia percaya bahwa semua itu akan berakibat baik baginya. Dan akan menjadi pendorong bagi suaminya pada suatu hari nanti untuk merasakan kecintaan dan kasih sayang istri kepadanya.

Hendaklah bersih hatinya terhadap suaminya. Jika dia kurang di dalam memenuhi haknya, maka hendaklah dia pandai-pandai untuk menyampaikan hal tersebut dengan satu cara atau lainnya, tanpa menyakiti atau mencelanya, dengan mencari waktu yang tepat yang ketika itu pikiran suami sedang jernih dan lapang dada.

Kita memohon kepada Alloh agar menegakkan rumah-rumah kita di atas kebahagiaan. Dan kita memohon kepada Alloh agar menjadikan apa yang kita ucapkan ikhlas karena wajah-Nya Yang Mulia.

[Dinukil dari Kitab HARMONIS, Idaman Setiap Keluarga; Asy- Syaikh Salim Al-’Ajmi; Pustaka Salafiyah]

Sumber: http://ummfulanah.wordpress.com/2009/05/06/yang-perlu-diperhatikan-untuk-mjadi-istri-sholihah/

About these ads

94 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. terimakasih …mhn ma’af kami sharem smg menjadi amalan ibadah.

    Aries Wan

    February 23, 2014 at 16:15

  2. subhanallah….masih bnyak kekurangan saya sebagai seorang isrti,,,mudah2n saya bisa menjadi istri yang sholehah amin…

    yuli

    May 1, 2013 at 15:07

  3. semoga kelak saya bisa menjadi istri yang d cintai suami saya amin……ya allah

    winda

    April 29, 2013 at 10:44

  4. ya allah berikanlah hamba kesabaran dalam mendampingi suami hamba,,,bagaimanapun keadaanya,,hamba ihlas ya rooob,,,,berikanlah hamba jalan menjadi istri yang soleha,,,,,

    baiq uswatun gufran

    April 20, 2013 at 09:21

  5. insya allah akan berubah sedikit demi sedkit untuk menjadi seorang istri yang sholehah.. amin

    reskiiee febriiantii

    April 10, 2013 at 19:32

  6. SubhanaAllah,Smoga saya bs sprt itu untuk calon imamku kelak…..amin

    izza

    March 25, 2013 at 05:32

  7. ya allah ampunilah sgala dosa” hamba dn tuntun lah hamba k jlan yg engkau ridhoi srta bimbing lh hamba tuk jdi istri yg sholeha untk suami hamba. Amiin….yaa robbal alamin…

    ria clalu ngangenin

    March 24, 2013 at 12:50

  8. Ya RAHMAN ampuni hmba..dan bimbing hamba mnjd istri shlehah

    Khaira zulfa

    March 4, 2013 at 12:27

  9. sy seorang istri yang amat sangat mencintai suami sy. semoga dg sy membaca artikel ini bs menuntun saya menjadi istri yg sholehah utk suami sy. trims ya utk bacaannya… sy jd tau apa yg hrs sy lakukan.

    intan merindu

    February 16, 2013 at 23:33

  10. Saya akan mencoba menjadi seperti yang disarankan diatas,mohon dukungannya dan thanks atas sarannya

    harnis

    February 15, 2013 at 10:01

  11. bersyukurlah untuk kaum laki-laki yang memiliki istri seperti itu, sehingga suami tidak lagi curiga akan hal yang diperbuat oleh istrinya……serta suami pun tak akan pernah mencari perempuan lain atas kemuliannya serta kesolehannya itu……..

    June Jajaka Sunda

    February 13, 2013 at 13:21

  12. Rahasia menjadi spesial ialah Anda harus percaya Anda itu spesial

    laycaolay

    February 9, 2013 at 19:29

  13. semoga ini jdi jalan atau ptunjut bagi saya , untuk mnjadi istri sholeha kellak .
    Aamiin…

    Vhie ElsiroZi BhidLe

    January 15, 2013 at 15:03

  14. Akankah saya bisa jd istri solehah bagi suami saya yang tercinta…….namun walau seberat apapun itu saya akan berusaha semaksimak mungkin, insyaallah sejak hari ini saya akan menerapkanny, semoga Allah meridhoi nya..amin

    Desmiana Hasibuan

    January 10, 2013 at 16:16

  15. I jin share yahh

    ame

    January 4, 2013 at 00:14


Bagaimana menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s